Apr 232017
 

USS Carl Vinson berlayar bersama Destroyer Jepang Samidare (DD-106) ( U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist 2nd Class Sean M. Castellano)

Tokyo – Dua kapal perang perusak Jepang pada Minggu, 23/4/2017 memulai pelatihan bersama armada kapal induk CVN-70 Carl Vinson Amerika Serikat di Pasifik barat dekat Semenanjung Korea, kata Angkatan Laut Jepang.

Dua kapal perang Jepang, “DD-106 Samidare” dan “DDG-78 Ashigara”, meninggalkan perairan barat Jepang pada Jumat untuk bergabung dengan “Carl Vinson” dalam pertunjukan kesetiakawanan ketika AS menghadapi uji nuklir dan peluru kendali balisitk Korea Utara.

Kedua kapal perang akan berlatih sejumlah variasi taktik dengan gugus tempur AS, ujar Pasukan Bela Diri Laut Jepang (MSDF) dalam pernyataan.

Presiden AS Donald Trump memerintahkan gugus tempur Carl Vinson berlayar menuju perairan di Semenanjung Korea sebagai tanggapan atas peningkatan ketegangan di Korea Utara.

Militer Jepang memerintahkan kedua kapal perang untuk menemani Carl Vinson menuju Utara minimal hingga Laut China Selatan, tutur salah seorang nara sumber yang enggan disebutkan identitasnya.

MSDF tidak menjelaskan berapa lama kedua kapal tersebut akan bersama kapal induk AS.

Destroyer Jepang, JDS Samidare (DD-106) (United States Navy, Mass Communication Specialist 2nd Class Rebecca J. Moat)

Korea Utara akan merayakan ulang tahun ke-85 berdirinya Angkatan Bersenjata Korea Utara pada hari Selasa. Dalam perayaan hari-hari penting sebelumnya Korea Utara selalu melakukan uj coba senjata.

Korea Utara telah melakukan lima kali uji coba senjata nuklir, dua kali pada tahun lalu, dan melakukan sejumlah uji coba rudal balistik, menentang sanksi PBB.

Trump bersumpah untuk mencegah Korea Utara mampu menembakan rudal nuklir ke negaranya dan telah menyiapkan segala pilihan untuk pertahanan, termasuk serangan militer.

Korea Utara memperingatkan AS akan melakukan serangan nuklir sebagai tanggapan atas segala pertanga agresi dari Amerika atau sekutunya. Korea Utara juga mengancam akan menyerang sekutu AS seperti Korea Selatan dan Jepang.

Pertunjukan kekuatan AL Jepang mencerminkan tumbuhnya kerisauan bahwa Korea Utara mampu menyerang Jepang menggunakan senjata berhulu ledak nuklir atau kimia.

Sejumlah anggota parlemen dari partai berkuasa mendesak Perdana Menteri Shonzo Abe untuk membeli senjata yang mampu menghantam unit rudal Korea Utara sebelum diluncurkan.

MSDF, yang sebagian besar terdiri atas armada kapal perusak, adalah angkatan laut kedua terbesar di Asia setelah China.

Antara / Reuters

  17 Responses to “2 Destroyer Jepang Gabung Kapal Induk AS di Semenanjung Korea”

  1. Cuma mau ngabuburit di laut Korea

  2. Top

  3. No Comment…

  4. Meramal perang dunia lebih mudah daripada meramal kapan N-219 terbang

  5. moga ga terjadi perang, warga sipil past yg menjadi korban..
    (apa maning perang nuklier, tak kebayang apa jadinya)

  6. Perang tak ada gunanya

  7. Kapan ya RI py destroyer?

 Leave a Reply