Apr 022017
 

Konstruksi kapal Induk kedua China

Kapal induk buatan dalam negeri China saat ini sedang dilengkapi dan akan segera diluncurkan, ujar juru bicara dari Departemen Pertahanan Nasional China, yang tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Juru bicara Departemen Pertahanan China, Wu Qian, menyampaikan hal itu pada konferensi pers reguler pada 30/3/2017 di Beijing.

Laporan sebelumnya menyatakan bahwa kapal induk mungkin akan diluncurkan pada tanggal 23 April, ketika Cina merayakan hari berdirinya angkatan laut Cina.

Sebelumnya, Kementerian pertahanan China mengumumkan rencana untuk membangun kapal induk baru, yang dibangun oleh China sendiri, pada akhir Desember 2015.

Kapal penjelajah Varyag Ukraina di Era Soviet yang dikonversi China menjadi Kapal Induk pertama, Liaoning. Dengan ilmu itu, kini China merampungkan kapal induk kedua buatan negeri sendiri (N328KF)

Salah satu kapal induk China yang telah aktif adalah kapal induk Liaoning, yang dikonversi dari kapal jelajah sekaligus pengangkut pesawat terbang di era Soviet, Varyag, yang diakusisi sekitar 15 tahun yang lalu. Kapal ini melakukan uji coba pertama di laut pada tahun 2011.

Pada bulan September 2012, Liaoning ditugaskan ke dalam angkatan laut Cina dan dinyatakan siap tempur pada November lalu.

Sebentar lagi Angkatan Laut China akan memiliki 2 kapal induk, sehingga bisa memproyeksikan militernya ke luar, dalam spektrum yang lebih luas.

Sumber : cctv.com

 Posted by on April 2, 2017