2 Pesawat Tempur F-16 TNI AU Selesai Upgrade

Jakartagreater – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Pembangunan Nasional (PPN/Ka Bappenas), Suharso Monoarfa mengapresiasi pelaksanaan program Falcon Star-EMLU (Enhanced Mid-Life Update), Peningkatan SDM, khususnya kemandirian para teknisi dalam melaksanakan pemeliharaan hingga tingkat berat dan bahkan hingga factory level, yang dilaksanakan oleh TNI AU dalam upaya modernisasi Alutsista pesawat tempur F-16 A/B, dirilis situs TNI AU, Jumat 28-8-2020.

Hal ini disampaikan Menteri PPN/Ka Bappenas RI saat mengikuti acara Roll Out Ceremony Pesawat F-16 Falcon Star-EMLU TS-1601 dan TS-1610 yang berlangsung Jumat 28-8-2020, di hanggar Skadron Udara 3, Wing 3, Lanud Iswahjudi Maospati, Magetan, Jawa Timur.

Menurut Suharso Monoarfa, pelaksanaan program ini memberikan dua keuntungan sekaligus, yakni penghematan anggaran negara untuk modernisasi Alutsista dan peningkatan sumber daya manusia dalam hal penguasaan teknologi melalui upgrade pesawat F-16 yang dilaksanakan oleh personel TNI Angkatan Udara.

“Ini salah satu cara untuk melengkapi Alutsista kita, dengan meng-upgrade yang kita miliki dengan teknologi yang terbaru, dengan cara ini kita melakukan penghematan yang luar biasa dibandingkan dengan pembelian Alutsista baru,” demikian disampaikannya di hadapan sejumlah awak media.

2 Pesawat Tempur F-16 TNI AU Selesai Upgrade (@ Skadron Udara 3 TNI AU)

Kasau Marsekal TNI Fadjar Praseyo juga menjelaskan, program Falcon eMLU bertujuan untuk meningkatkan kemampuan struktur pesawat, peningkatan usia pakai hingga 8.000 equivalent flight hours, sampai dengan peningkatan avionic dan armament system.

Disampaikan juga bahwa, pemerintah sangat mendukung pelaksanaan modernisasi Alutsista melalui program Falcon Star-eMLU yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Udara.

Enhanced Mid-Life Update F-16 TNI AU

Falcon STAR (Structural Augmentation Roadmap) & EMLU (Enhanced Mid-Life Update) adalah program modifikasi untuk meningkatkan kemampuan avionik dan persenjataan pesawat serta merupakan program modifikasi struktur pesawat untuk memaksimalkan usia pesawat sampai 8000 jam terbang.

Program yang merupakan hasil karya anak bangsa yang berkolaborasi dengan Lockheed Martin ini, telah berhasil mengupgrade TS-1610 (F-16 AM) sebagai pesawat pertama dan TS-1601 (F-16 BM) sebagai pesawat yang kedua, dirilis Instagram Skadron Udara 3 TNI AU.

2 Pesawat Tempur F-16 TNI AU Selesai Upgrade (@ Skadron Udara 3 TNI AU)

Melalui program ini, peningkatan kemampuan Beyond Visual Range dan Within Visual Range dengan advanced weapon juga telah menjadikan combat effectiveness pesawat ini meningkat signifikan sehingga membuat pesawat ini semakin dapat diandalkan sebagai ujung tombak pertahanan udara Indonesia dan menambah efek deterensi dari kekuatan udara Indonesia.

Hadirnya pesawat kedua TS-1601 BM yang telah melaksanakan roll out pada tanggal 28 Agustus 2020 ini tidak hanya memberikan kebanggaan untuk TNI AU sebagai operator dari pesawat yang multitalent ini, namun juga diharapkan dapat memberikan kebanggaan untuk rakyat Indonesia.

Diharapkan program ini dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat meningkatkan kemampuan TNI AU ke depannya.

6 pemikiran pada “2 Pesawat Tempur F-16 TNI AU Selesai Upgrade”

Tinggalkan komentar