Jun 162017
 

Dok. Pesawat Hawk 108 RMAF, Malaysia (US PACOM)

Kualalumpur – Malaysia menemukan jasad dua perwira angkatan udara di hutan timur laut pada Kamis, 15/6/2017 sesudah jet tempur mereka hilang saat pelatihan, ujar kepala angkatan udara negara itu kepada wartawan.

Upaya meningkatkan skadron jet tempur Malaysia yang menua, dipersulit oleh pemotongan anggaran pertahanan, saat Perdana Menteri Najib Razak bergulat dengan peningkatan ketidakpuasan warga atas kenaikan biaya hidup.

Jasad kedua pilot jet itu -Mayor Hasri Zahari dan Mayor Yazmi Mohamed Yusof- ditemukan dengan parasut mereka terbentang di rawa negara bagian Terengganu, kata Affendi Buang, kepala Angkatan Udara Malaysia (RMAF).

“Kami melihat jasad dan parasut mereka, yang berarti mereka melontarkan diri dari pesawat itu,” kata Affendi dalam jumpa pers disiarkan di Facebook oleh terbitan Malaysia, BH Online.

“Kami belum menemukan pesawat itu,” katanya di acara tersebut di Kuantan, sekitar 400 kilometer dari Kualalumpur, ibukota Malaysia.

Pihak berwenang kehilangan hubungan dengan jet tempur buatan Inggris, Hawk 108, itu setengah jam sebelum pelatihan, kata Affendi, dengan menambahkan bahwa satu kelompok dibentuk untuk menyelidiki kejadian tersebut dan angkatan udara untuk sementara akan menghanggarkan semua Hawk 108-nya.

Najib menyampaikan belasungkawa kepada keluarga pilot itu dalam pesan di Twitter dan menjanjikan penyelidikan mendalam.

Musibah terkini melibatkan jet tempur Hawk milik Malaysia adalah kecelakaan jet pada 2003 di lepas pantai Kuantan saat pelatihan terbang menewaskan kedua pilotnya.

Kecelakaan pada Kamis itu terjadi enam bulan setelah pesawat angkatan udara bermesin kembar Turboprop Beechcraft B200T jatuh di pangkalan negara bagian Penang, Malaysia utara, dalam pelatihan, yang menewaskan pilotnya dan melukai tiga orang lain.

Pada Mei tahun lalu, dua perwira angkatan udara menderita luka ringan saat jet latih Aermacchi MB-339CM mereka jatuh akibat kerusakan mesin dalam penerbangan pelatihan, kata media.

Antara/Reuters

  17 Responses to “2 Pilot Malaysia Gugur, dengan Parasut Terbentang”

  1. Latihan ejection di hangar ternyata kurang efektif, musti ada evaluasi latihan bentuk yg lain……… 2 ekor monyetsia telah pulang ke rahmatullah……. modaro….modaro…..modaro…… :selamat .

  2. Innalillahi wainalillaihi roji’un
    Semoga para pilot Malaysia belajar terbang dan terutama eject kursi lontar lbh baik lagi. Ikut prihatin, dg masalah keuangan pemerintah Malaysia jadi penyebab anggaran TUDM cekak, padahal diseberang sana kekuatan naga merah sdh bercokol dipulau spratley, pulau yg diklaim Malaysia sbg miliknya.

    Heran juga membaca berita tentang jatuhnya pilot Malaysia, konon mayat pilot ditemukan dg payung yg sdh mengembang. Apakah itu artinya payung terlambat mengembang? Dalam arti payung mengembang ketika tubuh pilot hampir atau sdh menghunjam tanah (rawa)? Atau pilot kurang cekatan dalam teknik penerjunan? Khususnya ketika jatuh dirawa? …

  3. Innalillahi wainalillaihi roji’un
    Semoga para pilot Malaysia belajar terbang dan terutama eject kursi lontar lbh baik lagi. Ikut prihatin, dg masalah keuangan pemerintah Malaysia jadi penyebab anggaran TUDM cekak, padahal diseberang sana kekuatan naga merah sdh bercokol dipulau spratley, pulau yg diklaim Malaysia sbg miliknya.

    Heran juga membaca berita tentang jatuhnya pilot Malaysia, konon mayat pilot ditemukan dg payung yg sdh mengembang. Apakah itu artinya payung terlambat mengembang? Dalam arti payung mengembang ketika tubuh pilot hampir atau sdh menghunjam tanah (rawa)? Atau pilot kurang cekatan dalam teknik penerjunan? Khususnya ketika jatuh dirawa?

  4. .. kalo dua2nya meninggal berarti ada yg salah dgn sistem eject nya.. mgkin kaca ga pecah automotive, atau arah ledakan gak tepat.. rasanya aneh klo 2 pilot tolong hingga gak bisa eject dgn benar

  5. Ada kemungkinan tuh Hawk saat eject masih jalan, bisa2 jatuhnya sampe puluhan kilometer jauhnya..
    Secara terbang rendah jd boleh aja dikatakan tak terpantau radar..
    Kasian hawk nya pertengahan 2016 lalu padahal sudah upgrade :ngacir: :ngacir: :ngacir:

  6. Innalillahi wainalillahi rojiun..

    bentuk pesawat aja gk menjual, masih mau beli pesawat buatan AS yg lucu2?

 Leave a Reply