JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 172015
 

image

Terlebih Dahulu Digelar Latihan Perang Dipimpin Langsung Panglima TNI Moeldoko

Poso – Belum tertangkapnya kelompok sipil bersenjata pimpinan Santoso alias Abu Wardah dan Daeng Koro yang konon desersi pasukan elit membuat pasukan TNI gerah. Dalam waktu dekat, 2000 pasukan elit TNI gabungan akan didatangkan ke Kabupaten Poso guna latihan sekaligus menangkap kelompok Santoso Cs. Saat ini, kelompok Santoso Cs menguasai Pegunungan hutan yang ada di Kabupaten Poso.

Rencana kedatangan pasukan elit TNI gabungan ke Kabupaten Poso, diungkapkan langsung Komandan Komando Distrik Militer (Dankodim) 1307 Poso, Letkol Infanteri Eron Firmansyah bahwa, sebanyak 2000 pasukan gabungan TNI akan didatangkan ke Poso dalam waktu dekat.

Sebelum melakukan penangkapan terhadap kelompok sipil bersenjata pimpinan Santoso Cs, terlebih dahulu kata Dandim Eron, akan digelar latihan perang selama tiga pekan sejak, sejak 22 Maret hingga 15 April mendatang. Lokasi perang adalah pegunungan Tambarana kecamatan Poso Pesisir Utara hingga ke hutan Gunung Biru desa Tamanjeka kecamatan Poso Pesisir. “Latihan perang nanti merupakan uji protap pasukan. Juga sebagai persiapan TNI, jika sudah ditugaskan untuk menjadi yang terdepan memburu dan menangkap pelaku teror yang selama ini masih buron,” jelas Dandim Letkol Eron Firmansyah kepada Radar Sulteng, Jum’at (13/3) petang.

Untuk menggelar latihan perang gabungan di Poso tegas Dandim Eron, jumlah pasukan yang akan datang dan berlatih tempur sebanyak dua ribu personel. Latihan perang sendiri dilakukan guna memantapkan kesiapan tentara memburu dan menangkap kelompok sipil bersenjata Poso pimpinan Santoso alias Abu Wardah yang saat ini masih bertahan di Hutan Pegunungan di Poso.

Masih menurut Dandim Eron, pasukan yang akan turun berlatih perang merupakan pasukan elit dari tiga angkatan TNI. Yaitu Kopassus , Kostrad (TNI-AD), Marinir dan Kopaska (TNI-AL), dan Kopaskhas (TNI AU). Latihan perang akan dipimpin langsung Paglima TNI Jenderal Moeldoko. “Tiga kepala Staf TNI juga akan datang pada latihan perang TNI di Poso nanti,” sebut Dandim Eron.

Selain di gunung Biru dan Tambarana yang dikenal sebagai sarang aksi dan persembunyian kelompok Santoso dan Daeng Koro, pasukan elit TNI juga mengambil posisi laut sebagai tempat latihan. “Seluruh kekuatan pasukan yang datang nanti akan ditempatkan sesuai dengan bidang keahliannya. Kalau di gunung pasti kita pakai angkatan darat. Begitu juga di laut dan udara. Ada angkatan atau kesatuan masing-masing. Kita gunakan fungsinya masing-masing,” tukas perwira dua melati di pundak ini.

“Yang berlatih perang merupakan pasukan khusus yang dipersiapkan untuk memberantas tindak kejahatan khususnya para kelompok bersenjata yang sampai saat ini masih buron. Kita akan sisir tempat-tempat persembunyian mereka (sipil bersenjata). Lokasi mereka akan kita jadikan sebagai tempat latihan perang,” tutupnya.

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu Polda Sulteng membeberkan temuan video kelompok Santoso Cs saat berada di hutan. Dengan persenjataan lengkap Santoso Cs terlihat mengikrarkan diri sebagai anggota ISIS wilayah Poso. Dari tanyangan video yang diperlihatkan kepada sejumlah pimpinan media cetak dan elektronik, Santoso alias Abu Wardah terlihat mandi di sebuah sungai di tengah hutan dengan penjagaan ketat kelompok bersenjata. Dalam tanyangan tersebut juga terlihat warga asing yang bergabung dengan Santoso Cs. Terlihat juga, Basri alias Bagong yang kabur dari Lapas Ampana, Kabupaten Touna.

Video tersebut menurut Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Drs Idham Azis MSi diperoleh pasukan elit Brimob saat terjadi kontak senjata di Pegunungan Ipo, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, beberapa waktu lalu. “Saat terjadi kontak senjata dengan kelompok Santoso Cs, ditemukan sejumlah barang bukti diantaranya handycam yang isinya seperti tayangan tersebut,” kata Jenderal bintang satu saat memberikan penjelasan kepada para pimpinan media di Aula Torabelo Polda Sulteng, belum lama ini. (radarsulteng.co.id).

Bagikan :

  55 Responses to “2000 Pasukan TNI Siap Tangkap Santoso Cs”

  1.  

    setong

    •  

      wahh santoso cs kelamaaan ditangkep nanti banyak penggikutnya,,jadi terosris mujahidin isis diindonesia.
      udah berani nantangin panglima TNI diyoutube..

      poso tempat mangkal bengalnya teroris dan pertempuran teroris..
      santoso cs bisa menyusup jadi GAM,OPM radikalisme,,nanti aja dapet dana bantuan asing,.

    •  

      Waduh….sejak kapan Buapaku yang pensiunan KKO jadi GPK? mbok pake nama laen to kumendan??? 🙄

    •  

      sehebat apapun senjata tni dan polri akan sangat kesulitan atasi gpk krn luas area yg tdk sebnding dg jmlah aparat, kuncinya adalah rakyat . kalau kita belajar dr sejarah seprti tumpas sisa komunis dulu, caranya adlh (klo tdk salah) hutan2 tsb disekat dg kekuatan rakyat, dipagar betis agar gpk tdk lari keluar n sebarkan ideologi ke tmpt lain. sejarah adalah guru yg terbaik.

      •  

        mamik…TNI lebih tahu percayalah!!!! ada bbrpa negara luar yg sdh meminta bantuan utk menumpas pemberontakan dalam negrinya salah satunya srilanka. dan berhasil membungkam macan tamil. ga usah pikir macem2 , TNI profesional.

        •  

          ya… padahal tuh konflik srinka… sudah lebih dari 20 tahun tak pernah selesai…korban dikedua belah pihak sudah diatas 40 k. bajakan india sempat mengirimkan tentaranya lebih dari 100 K dg senjata lengkap untuk membanti srilanka…tapi tak mampu meredam LTTE. Tentara India yg tewas lebih dari 1000 orang. juga LTTE punya angkatan udara, dan angkatan laut lho….

          tetapi oleh TNI dan pasus nya Srilanka yg hasil didikan kopassus…hanya kurang dari 1 tahun. sudah bisa menghabisi LTTE. pemimpinnya dan anaknya serta puluhan perwira tinggi LTTE mati semua dalam baku tembak jarak dekat.setelah sebelumnya daerah kekuasaan LTTE jatuh satu persatu ketangan tentara srilanka. dg korban dipihak srilanka cukup minim.

          Lalu lihat aja tuh kamboja bagaimana kuat nya khmer merah menguasai kamboja…dg kekuatan puluhan ribu…berhasil ditumpas dan dikalahkan oleh 1000 pasus kamboja hasil didikan kopasus..
          akhirnya menyerah dan jadi pengikut pangeran norodm sihanouk….

          •  

            Serius loh tpi knapa opm gam separatis poso masih ada juga ,,ngimpi kaleee

          •  

            @cukong mang gam masih ada? ga tau ada perjanjian helsinki? opm mau ditumpas habis? trus lsm2 dan pendonornya bakal teriak2 lg dong? fakta loh

      •  

        Bung Mamik, memangnya senjata apa yang dikirim TNI dan Polri ke sana? 🙂

        Apakah hanya senjata balistik seperti SS-2 dan SM-3? 🙂

        Apakah senjata Sat Gultor, Denjaka, dan Sat Bravo hanya itu? 🙂

        •  

          dalam menumpas GAM aceh…dg korban yg banyak di kalangan para pemimpinnya…TNI setahu aku tidak terlalu mengandalkan mesin perang yang canggih2. lebih banyak menggunakan kekuatan manusia…man behind the gun.

  2.  

    agak terlambat sebenarnya, tapi belum terlambat amat…

    •  

      Coba dicek pakai test pek..kalo masih terlambat jg..lebih baik ke bidan..

    •  

      yang jadi pentanyaan kalo mau operasi kenapa harus diumumin dimedia masa sih, senyap tapi sukses lebih baik dari pada pake koar-koar dulu.

      •  

        bung bangjo….kan intinya hanya latihan perang gabungan 3 matra TNI AD, AL dan AU,,ya,,,,,sekalian juga si kalau ketemu nangkap si Abu Santoso… menyelam sambila minum air….itu yang di tugaskan Pak Moeldoko….

        •  

          kalo baca berita diatas, menrut ai sih intinya niat buat nangkap santso tapi sebelum beraksi mereka latihan dulu

          “Sebelum melakukan penangkapan terhadap kelompok sipil bersenjata pimpinan Santoso Cs, terlebih dahulu kata Dandim Eron, akan digelar latihan perang selama tiga pekan…..”

          keburu kabur…..

          •  

            Gak akan bisa kabur bung lah wong sarang nya di buat sasaran latihan, itu strategi nya di hujan in dulu pake alutsista tni kalo dah hancur sarang nya baru deh tinggal di tangkepin, sukur2 kalo masih ada yg hidup….heheheh..cmiiw..

          •  

            Sambil menyelam minum air. Lool

      •  

        bangjo, ya ini namanya perang uratsyaraf 😀
        Ngapain coba, diumumkan di media bahkan Internet?
        Padahal itu orang dan simpatisan ISIS kan sangat akses Internet. 😉

        Semoga dengan pasukan TNI berlatih perang, dapat membuat pasukan Brimob dapat segera menyelesaikan tugasnya (di mana area penyisiran satuan Brimob bisa dipersempit, karena area lainnya sedang dipakai latihan perang TNI).

        Sehingga TNI dan RI tetap “bersih” (peristiwa2 seperti ini disorot Internasional, kan?).

    •  

      Lebih baik telat daripada telat banget hehe…

    •  

      karena institusi sebelah terlalu menikmati, tni memandang sangat berbahaya

  3.  

    third

  4.  

    moment yg tepat untul latihan….Bravo TNI…
    met pagi warjager.

  5.  

    Apa latarbelakang terjadinya pembangkangan kelompok santoso, knp bisa terjadi ???

  6.  

    hmmmmm

  7.  

    Tukano mana tukano..

  8.  

    Good, perlakuan yg sama harusnya dilakukan terhadap OPM, jangan dianggap beda, tujuannya sama memisahkan diri dari NKRI, apakah karena OPM di support ASU dan ASUTRALIA dan Kelompok poso dianggap teroris?, sungguh perlakuan diskriminatif, jujur saja

    •  

      Utk separatis kayaknya Indonesia perlu belajar pd Tiongkok, mrk tdk peduli gonggongan negara lain, bahkan tdk peduli dg yg namanya ham, pokokny sikat habis

      •  

        Itu kan tiongkok, yang takut justru malah asu dkk, kalau kita numpas opm malah hilang papua dan kalau ada operasi lagi bukan trikora dan dwikora nantinya malah perang dunia 3

    •  

      Kalo kebetulan pelakunya muslim gampang yah di ancurin seperti propaganda ASU dkk, kalo pelakunya diluar muslim, contoh : OPM, lebih kalem karena disupport ASU dkk…… inikah potret negara merdeka yang bernama NKRI ????, bener kita wis merdeka dul ????

      Pemberontakan atau makar apapun di negeri ini harus dihapuskan gak tau itu pelakunya muslim atau non muslim kalo dinamakan makar ya harus ditumpas

      ISIS jelas bukan cerminan muslim dan seluruh ex pejuang Afganistan meski mereka di sana berjuang tapi tidak boleh dilakukan disini, tetep harus ditumpas kalo makar di Indonesia

      Persoalannya adalah kenapa perlakuannya beda terhadap para pelaku makar “muslim” (teroris) dan OPM ????, apakah dengan menumpas OPM akan dikenakan kata2 melanggar HAM dan menumpas “teroris” tidak melanggar HAM ????…. kita negara merdeka bro….kenapa masih takut dianggap melanggar HAM oleh ASU dkk…..kenapa nggak takut dianggap melanggar HAM oleh bangsa sendiri sehingga mudah menumpas orang2 yang masih dianggap sebagai TERDUGA teroris

      Pemikiran ane simple aja, apa bedanya gerombolan bersenjata yang merencanakan MAKAR terhadap NKRI yang disebut gerombolan POSO, OPM, DI-TII, GAM, RMS dll………..

      Renungkan bedanya penanganan terhadap gerombolan POSO, RMS, DI-TII dan OPM, anak kecil juga bisa membedakan bahwa kita belum merdeka karena ketakutan dianggap melanggar HAM terhadap penumpasan non “teroris”

      •  

        Betul sangat itu bung arul ,,
        Kita nampak takut akan ham, takut dgn musuh di dalam selimut, takut dgn rong rongan si asu dn ausit ,,
        Contolah myanmar brani mengempur para separatis walaupun salah sasaran dn beresiko tingi ,,
        Dan contolah si malingsia yg brani mengempur pasukan sulu walaupun pohon pisang yg terkena sasaran …
        Serdadu seperti peluru tekan picu melesat ta ragu, serdadu seperti belati ta terwat tumpul dan berkarat, serdadu kantongilah hak hak serang mu ,
        Jayalah Indonesia

      •  

        Jgn bawa2 agama cuy..

  9.  

    Yo ngono cak mul…gae opo tni opo maneh kopasus nek gak iso nangkep teroris..nek iso terjunno sniper sak senapan SPR2 ne.ojo oleh moleh nek terorise durung modarrr…isis iku opo? ngrusak nama islam wae..

    •  

      iki kan masalah keamanan cak, berarti cukup polisi saja….sedangkan TNI kan ngurusin pertahanan, lha kalau masalah keamanan di serahkan ke TNI, pertanyaannya Kemana Polisi? apakah sudah tidak mampu menangani masalah keamanan? bukankah Polisi mempunyai detasemen 88? kalau memang tidak mampu seyogyanya…………………ya..???nggak tau deh.

  10.  

    Bila perlu lakukan operasi senyap, tidak usah pemberitaan media terlebih dahulu. Ibarat maen catur langkahnya diomongin terlebih dahulu baru kemudian menggerakkan bidaknya. Tidak usah ragu-ragu lagi.

  11.  

    Santoso Cs desersi pasukan elit TNI
    harus ditangkap dengan pasukan elit juga
    Ingat suud Rusli oknum pasukan elit yg jadi tersangka harus ditangkap dengan pasukan elit juga

  12.  

    wah bakalan ada tontonan seru nih

    •  

      bung fred seru seperti di cot trieng aceh….bukan seperti penggrebekan tukang kembang

      •  

        oooo…itu….yang TNI gabungan 5000 personel…mengepung GAM sebanyak 200 orang termasuk pucuk pimpinan nya. dg cara pagar betis.
        setelah di intai ternyata TNI merasa salah jkalkulasi..akhirnya diturunkan menjadi beberapa ribu.

        gak tahu tuh TNI yang diturunkan tentara elite semua apa campuran yak..?

  13.  

    Klo gw. Di tumbuk aja. Lenyap sampai akar. Cont pelaks di ind tegas, jelas

  14.  

    Jaman simbah dulu jg sdh ada isis kok..malah jd salah satu penyebab simbah hrs istirahat krn rupiah remuk redam…

    Isis moneter..

  15.  

    Hantam santoso cs , 2000 pasukan bakal seru nih kalo ada wartawan yang ngeliput… Sekalian hantam pakek tukano dan f-16 biar luluh lantah

  16.  

    ini baru panglima TNI
    “Latihan perang akan dipimpin langsung Paglima TNI Jenderal Moeldoko”

  17.  

    Semoga berhasil operasinya btw harus ijin dulu kpd dewan gak mengerahkan segitu banyaknya personil utk operasi militer….? ya memang TNI harus tangan sendiri klo tidak lama2 kelompok bersenjata sprti itu akan menjadi kanker yg akan menyebar kemana nama…dan operasi ini sekalian saja menjadi ajang pembuktikan bahwa TNI akan selalu siap menghadapi ancaman2 dri kelompok2 radikal penganggu keamanan negara

  18.  

    TNI… Hati-hati di jalan yaaa… 🙂

  19.  

    Hancurkan

  20.  

    Pinter panglima kita.klo ngumumin mau menangkap santosa cs dgn 2000 pasukan elit tni pasti banyak memprotes.tpi klo cm latihan gak ada yg menentang.padahal sebenarnya sdh operasi sungguhan…salut top Moeldoko

  21.  

    Poinnya ada di nomor 1.
    Itu lah gunanya ada intelijen. Baik intelijen skala makro dan mikro.

    Di Polri dan Polda juga ada tim intelijen keamanan, nah ini yang perlu diperkuat.
    Densus 88 pun tentunya didukung oleh tim intelijen yang bagus agar dapat memburu dan melumpuhkan target dengan baik.

    Dalam satuan khusus di TNI pun lekat dengan tim intelijen bahkan perang khusus.

    Contohnya, dalam Kopassus ada Grup 3 Sandhi Yudha. Bukan cuma intelijen tempur, tapi bagaimana memenangkan perang yang sejati yaitu merebut hati rakyat dan musuh, sehingga musuh benar-benar menyerah.

    Bahkan US Army Special Force itu bermotto “de oppreso liber” yang intinya ya memenangkan perang dengan sejati.
    Hanya saja, pemerintah AS dan kongres AS tidak benar-benar sepakat untuk memenangkan dengan sejati, sehingga ya timbul lah ISIS dll.

  22.  

    sudah searching kah siapa santoso??????……..

  23.  

    Kalo org indonesia skrg blm saatnya jihad dgn perang..
    Klo nkri disrang lha hukumnya wajib buat jihad perang..
    Klo skrg jihad dengan ilmu sma hrta yg kita miliki ja kok repot..

  24.  

    nyosor hutan n pegunungan…nyari sparing partner….lumangyan buat test run tni..sebelum perang yg lebih besar…harusnya memang di umumkan penyerangan santoso cs..coz mereka jadi tahu and soo lebih siap ..jadi akan lebih gahar

  25.  

    SETUJU MBAH!!!!!!!!

  26.  

    seru pagi-pagi menyaksikan pesawat jet tempur tni AL-AU-AD bombardir gunung biru poso….

 Leave a Reply