Obama Telepon Jokowi Ucapkan Selamat

Sejumlah wayang golek tokoh politik dan negarawan, dari kiri: Ir. Soekarno, SBY, Barack Obama, jokowi dan Ahok dipajang di rumah maestro wayang golek Betawi Tizar Purbaya, Jakarta, Jumat (8/3). Kisah wayang golek Betawi tidak hanya menceritakan legenda atau cerita masyarakat Betawi, tapi juga cerita-cerita kontemporer. TEMPO/Yosep Arkian

 

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Indonesia terpilih, Joko Widodo, menyatakan mendapat ucapan selamat dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama karena sudah menang dalam pemilu presiden 2014. “Presiden Obama sudah telepon tadi pukul 11.00 WIB, mengucapkan selamat,” katanya di Balai Kota Jakarta, Rabu, 23 Juli 2014.

Ia menuturkan Obama juga menyampaikan bahwa Amerika ingin memperkuat hubungan diplomasi dengan Indonesia. “Beliau menyampaikan ingin memperkuat lagi hubungan Indonesia dan Amerika. Hubungan kerja sama biar tambah erat,” ujarnya.

Selain Obama, kata Jokowi, beberapa kepala negara juga sudah menyampaikan ucapan selamat. Yang pertama kali menyampaikan selamat adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, lalu diikuti Wakil Presiden Boediono. Setelah itu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Australia Tony Abbott juga menelepon Jokowi.

Setelah KPU mengumumkan hasil pemilu presiden, Jokowi hari ini langsung kembali menunaikan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pagi tadi, ia menggelar rapat koordinasi dengan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Siang nanti, ia dijadwalkan menghadiri rapat paripurna mengenai rancangan peraturan daerah di gedung DPRD DKI Jakarta. (tempo.co)

———————————————————————————————————————————————————————–

SBY orang pertama ucapkan selamat pada Jokowi-JK

 

Presiden terpilih Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Wapres terpilih Jusuf Kalla (kedua kanan) mengikuti pembacaan keputusan hasil rekapitulasi suara Pemilihan Umum Presiden 2014 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (22/7). Pasangan Joko Widodo – Jusuf Kalla memperoleh suara 70.997.833 (53,15 persen), Prabowo – Hatta 62.576.444 (46,85 persen) dari total suara sah sebesar 133.574.277. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Jakarta (ANTARA News) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat pada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK).

“SBY dan Boediono sudah memberikan selamat kepada Jokowi yang dinyatakan KPU sebagai pemenang pilpres 2014,” kata Juru Bicara Jokowi-JK, Anies Baswedan dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu.

Menurut Anies, kemenangan Jokowi-JK dengan 53,1 persen suara yang mengungguli Prabowo-Hatta dengan 46,9 persen membuat berbagai pihak mengucapkan selamat, bahkan Anies mengatakan bahwa Presiden SBY dan Boediono sudah memberikan selamat pada Jokowi melalui telepon.

“Bahkan, SBY adalah penelepon pertama yang memberikan selamat pada kemenangan Jokowi. SBY menelepon pascapengumuman, saat berada di tangga KPU,” kata Rektor Universitas Paramadina tersebut.

Tim pemenangan Jokowi-JK melalui Anies menyampaikan apresiasi pada SBY dan Boediono sebagai presiden dan wapres yang masih menjabat untuk memberi selamat pada calon pemimpin berikutnya.

“Tradisi demokrasi yang sehat dan menghormati seperti ini harus terus dijaga. Apresiasi untuk SBY-Boediono yang sudah memberi ucapan selamat pada Jokowi sebagai sebuah pesan positif bahwa demokrasi melalui pilpres 2014 kali ini berjalan dengan baik,” kata Anies.

Jokowi dan JK setelah pengumuman resmi KPU langsung melakukan pidato di kapal layar mesin Hati Buana Setia di Pelabuhan Sunda Kelapa, Dermaga 9, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa malam.(antaranews.com)

Leave a Comment