Israel Ingatkan Bisa Serang Berbagai Target Iran

Formasi jet tempur F-15i dan F-16i Angkatan Udara Israel © IDF

JakartaGreater.com – Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman telah memperingatkan bahwa Israel mungkin akan menyerang sasaran-sasaran Iran di luar wilayah Suriah, menyusul laporan bahwa Teheran telah mengirimkan rudal balistik ke Irak, seperti yang diberitakan oleh Reuters dan Times of Israel.

“Kami tidak membatasi diri hanya ke wilayah Suriah”, kata Lieberman.

Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman mengatakan hal tersebut pada hari Senin, 3 September, dan mengindikasikan bahwa Israel dapat menyerang aset-aset militer Iran yang dicurigai berada atau ditempatkan di wilayah Irak.

“Kami tentu memantau semua yang terjadi di Suriah dan mengenai ancaman Iran, kami tidak membatasi diri hanya ke wilayah Suriah saja. Ini juga harus jelas”, kata Lieberman dalam konferensi pers dengan Israel Television News Company.

Ketika ditanya apakah langkah itu termasuk kemungkinan tindakan di Irak, Lieberman berkata: “Saya mengatakan bahwa kami akan menghadapi ancaman Iran dan tidak masalah dari mana datangnya. Israel bebas sepenuhnya. Kami bebas untuk bertindak”.

Peringatan implisit Lieberman tersebut terjadi beberapa hari setelah Reuters melaporkan bahwa Iran telah mengirim puluhan rudal balistik jarak pendek ke sekutu Syiah di Irak dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut laporan pada hari Jumat, 31 Agustus, yang telah secara resmi ditolak oleh Teheran dan Baghdad, bahwa Iran telah bekerja untuk menyediakan proxy-nya dengan fasilitas manufaktur rudal dan telah melatih anggota milisi untuk mengoperasikan senjata-senjata baru.

Sharing

Tinggalkan komentar