Jakarta Greater

Berita Militer dan Alutsista

Korea Utara Bentuk Unit Rudal Balistik Baru

A North Korean long-range rocket is launched into the air at the Sohae rocket launch site in this undated photo released by North Korea’s Korean Central News Agency (KCNA) in Pyongyang February 7, 2016. (© REUTERS/ KCNA)
Korea Utara Bentuk Unit Rudal Balistik Baru 1

Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat, James Clapper mengatakan bahwa pekan ini Pyongyang akan meningkatkan jumlah pasukan rudal balistik untuk menyertakan KN-08 road-mobile ICBM.

Korea Utara kini telah membentuk apa yang disebut Brigade KN-08 di bawah Angkatan Strategis, beberapa sumber yang tak disebutkan namanya mengatakan kepada kantor berita Yonhap. Langkah ini menunjukkan bahwa Pyongyang telah “bergerak lebih dekat menuju kemampuan road-mobile ICBM.”

Para ahli menilai KN-08 memiliki jangkauan minimal hingga 6.200 mil.

Sistem KN-08 pertama kali diperkenalkan pada parade militer bulan April 2012, memperingati hari ulang tahun ke-100 pendiri Korea Utara, Kim Il-sung.

Minggu lalu, Korea Utara meluncurkan roket tiga-tahap yang berhasil menempatkan satelit kecil ke orbit. Meskipun Pyongyang mengatakan peluncuran itu adalah bagian dari upaya damai untuk menjelajahi ruang angkasa, teknologi roket itu hampir identik dengan yang digunakan oleh Korea Utara untuk meluncurkan senjata nuklir.

Sputnik

Share:

Penulis: