TNI Angkatan Udara Kirim F-16 untuk Latihan Tempur Sergap 2016

TNI Angkatan Udara melaksanakan latihan bersama Tempur Sergap 2016 di Pangkalan Udara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam latihan yang diikuti Australia itu, TNI Angkatan Udara menurunkan F-16 Fighting Falcon Block 52ID.

Latihan terbang yang berlokasi di selatan Pulau Rote itu ditujukan untuk melatih kemahiran pilot-pilot pesawat tempur TNI Angkatan Udara.

“Latihan ini bagian dari pengamanan pertahanan udara nasional khususnya di wilayah perbatasan negara,” ujar Komandan Pangkalan Udara El Tari, Kolonel Penerbang Jorry Koloay, di Kupang, Senin (8/8).

Kolonel Penerbang Koloay menjelaskan bahwa latihan Tempur Sergap 2016 dibagi dalam dua bagian, yakni TS Kilat B yang berlangsung sejak Senin sampai Selasa (9/8) dan TS Cakra B yang berlangsung dari Rabu (10/8) sampai Jumat (12/8).

Komandan Skuadron Udara 16 TNI Angkatan Udara, Letnan Kolonel Penerbang Nur Alimi, mengatakan bahwa pihaknya menurunkan 65 personel dengan membawa lima pesawat tempur jenis F-16. Tak hanya itu, mereka juga didukung NAS-330 Puma dari Skuadron Udara 8 TNI Angkatan Udara.

Sumber: antaranews.com