Jakarta Greater

Konflik LCS Rusia Dukung China

Konflik Laut China Selatan (LCS) telah membuat pengelompokan negara yang pro dan kontra terhadap keputusan pengadilan arbitrase. Dengan tegas Pemerintah China menolak keputusan arbitrase dan menyatakan bahwa wilayah LCS adalah milik mereka. Sementara beberapa negara lainnya seperti, Vietnam, Jepang, Filipina, mendesak China untuk menghormati keputusan pengadilan Arbitrase.

Presiden Rusia Vladimir Putin akhirnya mendukung China dan memperingatkan kepada pihak ketiga, agar tidak ikut campur tangan dalam konflik di LCS, termasuk pengadilan arbitrase.

”Kami berdiri dalam solidaritas dan dukungan dari sisi China tentang masalah ini, tidak mengakui keputusan pengadilan (arbitrase). Ini bukan posisi politik, tetapi murni hukum,” tegas Putin seperti dilansir dari Sputnik, Jumat (9/9/2016).

China langsung menyambut baik dukungan Putin tersebut. “China menghargai posisi Presiden Putin pada isu Laut China Selatan. Posisi Presiden Putin menunjukkan Rusia untuk bersikap objektif dan adil, dan mewakili suara keadilan dari masyarakat internasional,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Hua Chunying.Hua.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Follow Us