Patukan Si Viper Yang Semakin Mematikan

AH-1Z Viper adalah helikopter serang terbaru yang seri awalnya menggunakan basic dari helikopter UH-1 “Huey”. Selama Perang Vietnam, helikopter serang-AH-1 Cobra banyak berperan membantu Marinir dan Angkatan Darat AS. Menjelang berakhirnya perang Vietnam, Korps Marinir memesan varian khusus “SeaCobra” yang menggunakan dua mesin, yang berguna untuk menghindari kecelakaan akibat kegagalan satu mesin yang malfungsi atau rusak karena terkena air laut.

Helikopter AH-1Z Viper adalah SeaCobra generasi ketiga. Masih mempertahankan desain seperti ular Cobra asli yang mematikan, namun menggunakan mesin kuat turboshaft GE T700 yang sama dengan helikopter Apache.

Si ular berbisa dirancang untuk memberikan dukungan udara jarak dekat pasukan Marinir di pantai dan darat dengan beragam persenjataan mematikan yang digendongnya. Selama invasi Irak tahun 2003, 46 dari 58 helikopter SeaCobra yang memberikan bantuan serangan udara jarak dekat, rusak terkena senapan mesin dan peluncur granat roket.

Setiap Viper dilengkapi dengan satu senjata gutling gun tiga barel M197 kaliber 20 milimeter di hidung dan memiliki dua sayap pendek dengan cantelan senjata yang dapat membawa rudal anti-tank Hellfire, roket berpadu laser Hydra 70, dan bahkan rudal udara-ke-udara Sidewinder.