Angkatan Darat Australia Dilengkapi AGM-114R Hellfire II ‘Romeo’

Angkatan Darat Australia telah menguji tembak rudal udara-ke-darat berpandu laser, AGM-114R Hellfire II ‘Romeo’ Lockheed Martin pertamanya dari salah satu helikopter pengintai bersenjata (Armed Reconnaissance Helicopter – ARH) Tiger di Delamere Air Weapons Range di Northern Territory.

Varian Hellfire II Romeo memiliki beberapa peningkatan pemandu dan navigasinya dibandingkan model AGM-114M, yang telah bersertifikat untuk ditembakkan dari armada Tiger ARH AD Australia.

Misil AGM-114R juga dilengkapi dengan hulu ledak variabel, yang menurut Lockheed Martin dimaksudkan untuk bekerja dengan baik terhadap semua tiga jenis sasaran yaitu kendaraan lapis baja, kubu pertahanan atau soft and open target, yang dapat dipilih oleh awak pesawat ketika di udara tanpa harus diatur sebelum keberangkatan.

“Hellfire sangat mematikan, dan kami akan terus menggunakannya hingga masa depan dengan beberapa upgrade yang akan dilakukan,” kata Letnan Kolonel Hayden Archibald, komandan 1st Aviation Regiment, 16th Aviation Brigade.

“Kami baru saja melakukan tes dan evaluasi menggunakan AGM-114R, yang merupakan peningkatan yang bagus untuk sistem Hellfire. Kami akan dapat memprogram hulu ledak menjadi sebagai explosive fragment atau senjata anti-tank.”

Uji coba rudal Hellfire II Romeo dilakukan oleh Army Aviation Test and Evaluation Section dengan dukungan dari personil instrumentasi, engineering dan pemeliharaan Airbus Group Australia Pacific, serta 1st Aviation Regiment, Army Aviation Training Centre dan pangkalan Tindal, Australia.

Sumber : adbr.com.au