Jakarta Greater

J Kristiadi : Rakyat Pasti Membela Negara

Dok. Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara (Antara)

Jakarta – Peneliti senior Center for Strategic and International Studies J Kristiadi berpendapat, rakyat pasti akan membela negara asalkan negara juga membela rakyat dari segala ancaman, termasuk ancaman kemiskinan dan intoleransi.

“Harga cabai yang saat ini mahal pun menjadi ancaman bagi sebagian rakyat, misalnya pedagang gado-gado,” kata Kristiadi dihubungi di Jakarta, 10/1/2017.

Kristiadi mengatakan rakyat akan membela negara sesuai kompetensinya. Jadi, bela negara tidak harus dimaknai sebagai bentuk tindakan militeristik.

Terkait dengan program bela negara yang saat ini dilakukan, Kristiadi mengatakan hingga saat ini belum ada peraturan yang jelas mengenai hal itu, sehingga lebih dilakukan secara spontan sehingga terkesan “aneh-aneh”.

Menurut J Kristiadi , Bela negara bisa kacau saat belum ada kebijakan yang jelas dan berpeluang dimanfaatkan oknum untuk membangun basis kekuatan.

Karena itu, dia menyarankan agar pemerintah membenahi terlebih dahulu kebijakan tentang program bela negara melalui peraturan yang jelas.

“Perlu ada yang peraturan yang jelas tentang potensi pertahanan. Isinya macam-macam mulai dari melatih sampai mobilisasi penduduk,” tuturnya.

Antara

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Follow Us