Beasiswa ke Jepang Bagi Lulusan SMA Sederajat

Kabuki, Jepang (Thesupermat)

Medan – Pemerintah Jepang menawarkan beasiswa bagi pelajar Indonesia lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi di negara Jepang.

“Pendaftaran untuk beasiswa dibuka dalam dua tahap yakni 2 hingga 11 Mei 2017 bagi lulusan SMA tahun 2016 dan 22-5 Juni 2017 untuk tamatan SMA tahun 2017,” kata Staf Konjen Jepang di Medan, Khadijah, Kamis, 4/5/2017.

Program beasiswa ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan SMA, SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Undergraduate/GAKUBU (S-1), College of Technology/KOSEN (D-3) atau Specialized Training College/SENSHU (D-2) di Jepang.

“Pelamar hanya bisa mendaftar salah satu program saja,” ujarnya.

Sebelum masuk universitas, penerima beasiswa akan belajar di preparatory school atau sekolah persiapan masuk universitas di tahun pertama kedatangannya di Jepang.

Di preparatory school, penerima beasiswa akan belajar tentang negara Jepang, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (bagi jurusan IPS) dan Fisika, Kimia, Biologi (bagi jurusan IPA).

Penerima beasiswa akan mendapatkan biaya pendidikan penuh, tunjangan hidup setiap bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia-Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar dan tanpa ikatan dinas “Untuk informasi lebih lanjut, silahkan akses website Kedutaan Besar Jepang di Indonesia yakni http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta2018.html.

Pertanyaan mengenai program beasiswa ini dapat menghubungi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia melalui Email : beasiswa@dj.mofa.go.jp

Antara