Top, Tank FNSS-Pindad, Miliki Berbagai Varian

Tank Medium Kaplan 105mm (Tim Fish @sweeneygov)

Tank medium KAPLAN FNSS-Pindad adalah tank modern yang juga dilengkapi dengan sistem manajemen medan perang dan sistem peringatan laser yang memberikan kesadaran taktis kepada komandan kendaraan.

Dengan meriam 105mm yang disediakan oleh CMI Cockerill 3105, daya tembak meriam ini memiliki tekanan tinggi dan autoloader tingkat advance. Berkat turret ini, tank medium KAPLAN memiliki kekuatan senjata yang tinggi meski bobotnya relatif rendah.

Tank Medium Kaplan 105mm (Tim Fish @sweeneygov)

Tank ini memiliki kemampuan tembakan langsung yang akurat, berbagai pilihan amunisi mulai dari dukungan tembakan (close fire support) hingga amunisi anti-tank. Tank ini juga memiliki mobilitas taktis dan strategi yang superior.

Tank Medium Kaplan (FNSS Savunma)

Dari foto diatas, bisa dilihat ketinggian dari tank medium ini.

Tank Medium Kaplan (FNSS Savunma)

Turret CMI Cockerill 3105 yang dipasangkan ke hull (body) Kaplan terlihat modern, memiliki siluet yang indah namun kokoh.

//platform.twitter.com/widgets.js

Video di atas, merupakan detil singkat dari kemampuan tank medium Kaplan FNSS-Pindad

Inilah enaknya jika membangun tank sendiri (joint Production). Indonesia ke depannya tentu bisa membuat berbagai varian atau turunan dari Tank Medium Kaplan.

Turunan lain dari tank ini adalah Kaplan 30 Next Gen Armored Fighting Vehicle (NG-AFV) dengan kemampuan : Mission Specific Features, High Protection, Mechanized Armored Infantry, Special Mission Operations.

Tank Kaplan 30 (FNSS Savunma @FNSS_Savunma) Kaplan 30 NG-AFV  Teber (MILITARY TECHNOLOGY @MILTECH1)

Tank Kaplan 30 Next Gen Armored Fighting Vehicle, bisa menggunakan berbagai turret dengan canon otomatis remote controlled 30mm. Untuk Turret jenis Teber memiliki kemampuan amunisi otomatis dual feed, 30mm dan 35mm. Kaplan 30 NG-AFV juga dilengkapi senjata mesin 7,62 mm co-axial dan sebagai Armored Fighting Vehicle, kendaraan tempur ini memiliki kemampuan tingkat tinggi untuk perlindungan balistik maupun ranjau. Kendaraan ini mampu mengangkut 8 prajurit untuk diantar ke medan perang.

//platform.twitter.com/widgets.js

Kaplan 30 NG-AFV

//platform.twitter.com/widgets.js

Video di atas, turret Teber 30, dari tank Kaplan

Versi lain dari tank ini adalah Kaplan 20 yang terdiri dari dua varian, dengan turret canon 20mm atau senjata mesin RCWS 12,7mm sebagai senjata utama, sesuai kebutuhan.  Kendaraan ini diawaki 3 orang (Komandan, Driver dan Gunner), serta bisa mengangkut 8 pasukan infanteri full equipment. Tank Kaplan 20 berkemampuan amfibi berkat didorong oleh dua water jet.

Kaplan 20 (FNSS Savunma @FNSS_Savunma) Kaplan 20 dengan RCWS 12,7mm (Tim Fish @sweeneygov)

//platform.twitter.com/widgets.js

Tank Kaplan 20

Rencananya ptototype tank medium FNSS-Pindad (Kaplan MT 105mm) akan hadir dalam parade militer HUT TNI tanggal 5 Oktober 2017. Dengan hadirnya tank medium Pindad ini, ke depannya tentu bisa diluncurkan varian lain seperti Kaplan 20 NG-AFV atau Kaplan 30 NG-AFV, sesuai dengan kebutuhan unit-unit pasukan yang ada.

Hadirnya tank buatan dalam negeri (joint production) ini, tentu akan mendongkrak kemampuan pertahanan Indonesia secara sighifikan. Indonesia bisa membuatnya, seberapa banyak yang dibutuhkan dan lebih jauh lagi bisa memodifikasi, sesuai dengan tuntutan kebutuhan yang ada.

Sumber : FNSS Savunma