Menhan RI dan Turki Bahas Kerja Sama Industri Militer

Ankara, Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar menerima kunjungan resmi Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto di ibu kota Turki, Ankara, pada Kamis, 28-11-2019. Pertemuan Hulusi Akar dengan Prabowo Subianto diawali dengan upacara militer di Kementerian Pertahanan Turki, dirilis Anadolu Agency.

Keduanya melakukan pertemuan tertutup setelah menghadiri upacara resmi dan acara diskusi yang diadakan oleh delegasi Turki dan Indonesia.

Kunjungan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto ke Ankara, Turki, 28-11-2019. (@tcsavunma)

Pertemuan ini membicarakan masalah keamanan dan kerja sama dalam industri militer dan pertahanan. Jakarta dan Ankara memiliki hubungan yang kuat dalam mengembangkan industri pertahanan.

PT Pindad Indonesia dan FNSS Turki menandatangani kerja sama pembuatan purwarupa medium tank pada tahun 2015. Perancangan tank dimulai Februari 2016. Setelah diproduksi di Turki, medium tank ini diberi nama Kaplan MT, sementara Indonesia menamainya Tank Harimau.

Kunjungan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto ke Ankara, Turki, 28-11-2019. (@tcsavunma)

Pada tanggal 1 November 2016, tank itu diperkenalkan ke publik selama pameran Indo Defence tahun 2016.

Kedua negara juga berkolaborasi dalam memproduksi kendaraan udara tak berawak (UAV). Perusahaan Turkish Aerospace Industry (TAI) telah mengikuti proses tender pengadaan UAV sejak tahun lalu, namun hingga kini belum diputuskan.