Belanda Cari Pengganti Kapal Selam Walrus Class

Jakartagreater.com – Kementerian Pertahanan Belanda telah memilih tiga perusahaan untuk program senilai € 2,5 miliar (US$ 2,77 miliar) untuk menggantikan kapal selam Walrus class yang digunakan oleh Angkatan Laut Belanda, lansir Navaltechnologi.

Kementerian Pertahanan telah mengeluarkan Letter-B untuk program penggantian kapal selam Walrus class yang akan melibatkan pengadaan empat kapal selam baru.

Dalam siaran pers, kementerian menyatakan bahwa pembuat kapal Spanyol Navantia sekarang keluar dari kompetisi.

Perusahaan yang tersisa dalam kompetisi adalah Naval Group, Saab dan ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS).

Angkatan Laut Kerajaan Belanda bermaksud untuk memperoleh kapal selam jarak jauh dengan tenaga konvensional yang dapat beroperasi untuk waktu yang lama.

Kementerian Pertahanan mengatakan: “Pada fase berikutnya, persyaratan, kriteria penghargaan dan faktor bobot ditentukan, berdasarkan faktor-faktor seperti kapal selam terbaik untuk harga terbaik, manajemen risiko dan penjabaran kepentingan keamanan nasional dan otonomi strategis.”

Pemerintah berharap program ini akan memberikan peluang signifikan bagi industri Belanda dalam fase desain, konstruksi dan pemeliharaan.

Angkatan Laut Belanda telah menggunakan kapal selam Walrus class sejak 1990-an. Kapal selam tersebut kemungkinan akan mencapai akhir umur layanannya dalam sepuluh tahun kedepan.

Pemberian kontrak kepada penawar yang menang diharapkan pada tahun 2022. Keempat kapal selam itu diperkirakan akan mulai beroperasi dengan angkatan laut Belandan pada tahun 2031.

Sekretaris Negara Belanda untuk Pertahanan Barbara Visser mengatakan,”Kekuatan maritim ini menjadikan kapal selam salah satu sistem senjata terpenting kami. Kekuatan kapal selam Belanda sangat dihargai di seluruh dunia dengan Walrus class”.

“Itulah sebabnya Belanda ingin mengganti kapal selam sekarang karena akhir hidupnya semakin dekat. NATO juga mendesak untuk ini. Kapal selam adalah kapasitas yang penting dan sangat dibutuhkan. ”

Galangan kapal Navantia mengusulkan solusi berdasarkan desain kapal selam S-80 untuk program kapal selam Belanda.