Filipina Pamerkan Tank Harimau dan APC Anoa Indonesia

Sebagai bagian dari pajangan yang merayakan hari jadi ke-84 berdirinya Angkatan Bersenjata Filipina (AFP), Angkatan Darat Filipina memasukkan kendaraan lapis baja dari pabrikan senjata Indonesia PT Pindad sebagai bagian dari pajangan peralatan di Manila pada 17 Desember 2019, tulis Max Defense.

Halaman web MaxDefense Philippines memposting foto-foto tank medium Harimau Pindad, serta kendaraan personil lapis baja (APC) Anoa 6×6 buatan Pindad di antara yang dipajang bersama dengan perlengkapan perang Angkatan Darat Filipina dan kekuatan-kekuatan lain dari militer Filipina.

Tank dan APC asal Indonesia terlihat dicat dalam skema cat kendaraan perang Angkatan Darat Filipina, meskipun tanpa tanda-tanda lain yang biasa ditemukan pada kendaraan perang Filipina. Ini memperlihatkan bahwa kendaraan tersebut didatangkan hanya untuk dipamerkan.

Panser lapis baja ANOA Pindad (foto : Maxdefense)

MaxDefense Philippines sebelumnya melaporkan bahwa kendaraan lapis baja Indonesia dikirim ke Filipina untuk dilihat dan kemungkinan diuji dalam kondisi Filipina, karena PT Pindad termasuk di antara pabrikan yang bersaing untuk proyek tank ringan Angkatan Darat Filipina yang sedang berlangsung serta proyek lapis baja beroda APC yang akan datang.

PT Pindad akan bersaing dengan Elbit Systems dari Israel, serta perusahaan patungan antara Korea Selatan Hanwha Defense dan Otokar Otomotiv dari Turki.

Angkatan Darat Filipina dan Departemen Pertahanan Nasional (DND) mengharapkan proyek tank ringan akan selesai pada tahun 2020.