Su-24 Rusia Simulasi Serangan Terhadap Destroyer AS

Jakartagreater.com – Sebuah kapal perusak rudal Arleigh Burke class yang beroperasi di perairan internasional di Laut Hitam terlibat interaksi jarak dekat dengan pesawat tempur Rusia pada 23 Desember, lansir Defenseblog.

USS Ross (DDG 71) mengalami beberapa manuver penerbangan agresif oleh pesawat Rusia yang dilakukan pada jarak dekat dari kapal.

Dua jet serang Su-24 Rusia, disertai dengan pesawat tempur Su-27 (atau Su-30), beberapa kali terbang pada jarak dekat, ketinggian rendah dan melakukan serangan tiruan terhadap kapal perusak Angkatan Laut AS dalam perjalanan ke Odessa, rilis pernyataan yang dikeluarkan Selasa oleh Air Force Command Angkatan Bersenjata Ukraina.

“Pesawat itu telah melakukan manuver khusus serangan udara dengan rudal jelajah dan kembali ke lapangan terbang,” kata pesan Angkatan Bersenjata Ukraina.

Saat ini perusak rudal “USS Ross” telah tiba di Odessa. Kapal perang Amerika Serikat telah memasuki pelabuhan Odessa pagi ini.

Sejak 2014, destroyer itu telah sering mengunjungi wilayah Odessa. Pada tahun 2016 “USS Ross” bergabung dengan USS “Whidbey Island” telah mengambil bagian dalam latihan angkatan laut internasional “Sea Breeze -2016”.

Ini adalah kali kedelapan kapal perang Angkatan Laut AS telah mengunjungi Laut Hitam sejak awal 2019. Kapal terakhir yang mengunjungi Laut Hitam adalah USS Porter (DDG 78) pada bulan Oktober. Selama berada di Laut Hitam, Porter melakukan latihan passing trilateral dengan Ukraina dan Rumania, dan keterlibatan strategis selama kunjungan pelabuhan ke Odesa, Ukraina, dan Batumi, Georgia.

“Sepanjang tahun, aset Armada ke-6 AS telah beroperasi di Laut Hitam untuk mendukung mitra dan sekutu regional kami,” kata Wakil Laksamana Lisa M. Franchetti, komandan Angkatan Laut AS ke-6. “Transit Ross menunjukkan komitmen berkelanjutan kami untuk keamanan dan stabilitas di domain maritim.”

Destroyer Ross, yang dikerahkan ke depan di Naval Station Rota, Spanyol, sedang melakukan operasi angkatan laut di wilayah Armada ke-6 operasi AS untuk mendukung kepentingan keamanan nasional AS di Eropa. Angkatan Laut AS secara rutin beroperasi di Laut Hitam sesuai dengan hukum internasional, termasuk Konvensi Montreux.

Armada ke-6 AS yang bermarkas pusat di Naples, Italia, melakukan spektrum penuh operasi gabungan dan angkatan laut, sering kali bersama-sama dengan mitra sekutu dan antarlembaga untuk memajukan kepentingan nasional AS dan keamanan serta stabilitas di Eropa dan Afrika.