Jun 012014
 

(“Zona Perang” AS dari Timur Tengah Kini Berfokus ke Kawasan”)

Kunjungan Presiden AS, barack Obama disambut Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (photo: AP)

Kunjungan Presiden AS, barack Obama disambut Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (photo: AP)

“Worst Case Scenario:
Are You
Ready To War
Indonesia”


“Belum ada negara ASEAN yang punya kemampuan seperti Indonesia.!” Ya, inilah yang dikatakan Prof. Ann Marie Murphy, seorang peneliti senior di Weatherhead East Asia Institute, Univ. Columbia.

Langkah pemerintah Amerika Serikat mengubah fokus mereka ke Asia akan semakin membebani Indonesia sebagai negara berpengaruh di ASEAN. Indonesia dituntut memainkan peranan pendorong dan penyeimbang berbagai konflik di Asia.

Menurut Murphy, Indonesia akan memiliki peran penting dalam menyokong ASEAN dari belakang.

“AS menurunkan 60 persen kekuatan Angkatan Lautnya ke Asia. Sebanyak 500 tentara AL AS akan tugas bergilir di Darwin, totalnya akan berjumlah 2.500 tentara dalam beberapa tahun ke depan,”.

image002

Prof. Ann Marie Murphy, Peneliti senior di Weatherhead East Asia Institute, Univ. Columbia.

Adu kepentingan kemudian terjadi di tubuh ASEAN. Salah satu contohnya adalah dengan tidak tercapai komunike dalam KTT ASEAN tahun 2012 lalu. Saat itu, Kamboja yang menjadi ketua ASEAN menolak komunike yang mendesak China menyelesaikan konflik perairan tersebut.

Seperti telah diketahui bahwa Kamboja adalah salah satu sekutu China di Asia Tenggara. Dalam buntunya situasi ini, kata Murphy, Indonesia menunjukkan peran pentingnya. Peran Indonesia terpenting adalah menjembatani antara kepentingan China dan ASEAN dalam konflik Laut China Selatan (LCS).

“Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa melakukan shuttle diplomacy,” jelas Murphy. Kala itu, Natalegawa secara maraton mengunjungi negara-negara ASEAN untuk menyatukan suara. “Berkat kerja keras Indonesia, ASEAN akhirnya satu suara dengan menelurkan beberapa poin kesepakatan soal Laut China Selatan. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia masih punya pengaruh kendati tidak menjabat ketua ASEAN,” Murphy menegaskan.

Peran inilah yang diharapkan dapat dimainkan Indonesia saat AS masuk ke Asia. Murphy mengatakan, ketua-ketua ASEAN berikutnya belum bisa menyamai kepemimpinan Indonesia, terlebih di tengah adu kepentingan negara-negara besar di Asia.

image003

“Kepemimpinan ASEAN berikutnya, yaitu Brunei, Laos dan Myanmar, masih perlu bantuan Indonesia. Mereka belum bisa menyatukan negara-negara yang adu kepentingan di Asia, seperti India, China dan Jepang. Ini bukan tugas yang mudah bagi Indonesia,” (seperti Presiden Filipina yang berkata, “SBY “Indonesia” adalah kakak bagi Asean” ? mantaabb! ) hmm..kakak keduanya Asean siapa ya kira kira?

AS Tempatkan Pasukan di Sonotan!

Sebanyak 200 pasukan Amerika Serikat telah tiba di Australia sejak April 2012 lalu sebagai gelombang pertama dari 2.500 pasukan yang direncanakan sampai tahun 2017 mendatang.
“Penempatan pasukan AS di Darwin ini merupakan evolusi dari berbagai kegiatan dan pelatihan Militer kedua negara dalam kerja sama militer yang sudah dibuat sebelumnya”.

Rencananya AS akan menempatkan sebanyak 2.500 prajuritnya di Australia pada 2017 nanti. Penempatan ribuan pasukan AS di Darwin ini menunjukkan pergeseran strategi global yang sangat signifikan. Terkait dengan penempatan ribuan pasukan AS ini, Smith menyatakan bahwa kemungkinan besar AS akan menggunakan Pulau Cocos yang terpencil sebagai pangkalan militer AS.

Salah satu media Amerika Serikat Washington Post melaporkan bahwa rencananya militer AS akan menempatkan pesawat tempur berawak dan tidak berawak yang dikenal dengan nama Global Hawk.

Menanggapi pernyataan dan situasi tersebut, pemerintah Indonesia bereaksi dengan mengirim nota protes kepada Pemerintah Australia dan AS dan meminta penjelasan terkait rencana pembangunan pangkalan militer AS tersebut. Juru Bicara Kementerian Pertahanan Indonesia Brigadir Jenderal Hartind Asrin berpendapat bahwa sebaiknya pemerintah Australia dan AS menjelaskan apa tujuan pembangunan pangkalan tersebut untuk menghindari kesalahpahaman.

Dan ternyata bukan hanya Indonesia saja yang bereaksi, China juga merasa terganggu dengan rencana AS ini dan menilai hal ini sebagai upaya mengimbangi kekuatan dan pengaruh China di Asia-Pasifik. China juga menuduh Australia dan AS memperkuat sekutunya dalam sengketa Laut China Selatan. Pasalnya, akhir-akhir ini China, Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan saling berebut wilayah di Laut China Selatan yang diyakini mengandung persediaan minyak dan gas yang melimpah.

image004

Pangkalan AS di Darwin, China Kecam Australia

China menunjukkan kejengkelan atas meningkatnya hubungan kerja sama pertahanan antara Australia dan Amerika Serikat, terutama setelah Negeri Paman Sam itu mengirimkan kontingen pertama dari total 2.500 tentara yang akan berbasis di Darwin sejak April 2012.

image005

Kecaman itu dialamatkan kepada Menteri Luar Negeri Australia, Bob Carr. “Saya kira saya bisa meminjam kata-kata dari salah satu pejabat yang saya temui, dan saya yakin ia adalah sang menteri luar negeri: masa-masa persekutuan ‘Perang Dingin’ telah lama berakhir,” ujar Carr, yang menggantikan Kevin Rudd.

Australia memilih merekatkan kerja sama militer dengan Amerika Serikat, hal yang dikritik pengamat militer China, Song Xiaojun. Menurutnya, Australia tidak mungkin bisa sekaligus menjaga hubungan dengan China dan Amerika Serikat. “Cepat atau lambat, Australia harus memilih siapa yang akan menjadi ‘godfather’ baginya. Semuanya bergantung dari seberapa kuat calonnya, dan seberapa strategis lingkungannya,”

image006

Tak hanya memperkuat tali kerjasama dengan Australia, Amerika Serikat pun mempererat hubungan luar negerinya dengan beberapa negara Asia Tenggara. China menganggap strategi itu sebagai upaya ‘pengepungan.’

Cina Latihan Perang di dekat Pulau Christmas Australia –

TNI AL: Kapal perang China telah “mengantongi” izin untuk latihan di selatan Pulau Jawa pada Februari 2014 lalu. Ternyata latihan perang China itu menjadi perhatian Australia.

Kapal-kapal perang China menggelar latihan di dekat perairan Indonesia, sebelah selatan lepas pantai Pulau Jawa. Lokasi ini juga berada dekat Pulau Christmas yang merupakan milik Australia. Latihan yang digelar China itu diintai seksama oleh Australia.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama Untung Suropati, mengatakan latihan tiga kapal perang China itu telah diketahui oleh pemerintah Republik Indonesia. China meminta izin kepada atase pertahanan Kedutaan Besar RI di Beijing.

image007

“Tak ada yang salah dengan latihan simulasi perang yang digelar AL China,” kata Untung, Jumat 14 Februari 2014. Salah satu latihan meliputi cara mengatasi perompakan.

Untung mengatakan, berdasarkan pemantauan instansinya, AL China taat prosedur saat melintasi perairan Indonesia. “Mereka melewati perairan ALKI yaitu, ALKI-1 dengan rute dari Laut China Selatan, Laut Natuna, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Sunda, lalu terakhir menuju Samudera Hindia,”. Untuk rute pulang, ketiga kapal perang China itu akan melalui ALKI-2, yakni Selat Lombok, Selat Makassar, Laut Sulawesi, Laut Sawu, Laut China Selatan, dan kembali ke pangkalan mereka di Kota Hainan, China.
Menurut Untung, AL dari negara manapun berhak untuk memproyeksikan kekuatannya di laut internasional. “Sepanjang mereka memiliki kekuatan AL tingkat dunia atau disebut Blue Water Navy,”.

AL yang masuk kategori ini antara lain Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis. Sementara itu, China sedang menuju tahapan Blue Water Navy.

China Latihan Perang di Selatan Jawa, Australia Kirim Pengintai –

Kapal-kapal perang China diketahui gelar latihan pertama di dekat perairan Indonesia di sebelah selatan lepas pantai Pulau Jawa dan dekat Pulau Christmas, yang merupakan milik Australia. Langkah ini menunjukkan makin percaya dirinya militer China di tengah sengketa teritorial dengan sejumlah negara di Laut China Selatan dan Laut China Timur.

Pesawat AP-3C Orion diterbangkan dari Pangkalan Angkatan Udara Edinburgh, dekat Adelaide, begitu militer Australia menerima laporan bahwa tiga kapal perang China bergerak mendekati perbatasan utara laut mereka awal Februari lalu.
Dari pantauan itu, rombongan kapal China itu terdiri dari dua destroyer dan satu kapal pendarat yang mampu mengangkut ratusan personel. Ini adalah kali pertama latihan militer China itu berlangsung dekat perairan Australia.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Australia, David Johnston, mengaku pihaknya tidak diberitahu terlebih dahulu soal latihan itu. Namun China pun tidak berkewajiban memberitahu Australia.
Kalangan pengamat pun menyatakan bahwa latihan China itu legal karena masih berlangsung di laut internasional dan tidak menunjukkan tindakan yang bermusuhan. Namun manuver dari Beijing itu dipandang sebagai sinyal bahwa mereka makin percaya diri menjadi kekuatan baru maritim, yang secara fundamental bisa mengubah posisi strategis Australia.

Sinyalemen itu tidak semata-mata ditunjukkan ke Australia, namun juga kawasan Asia Pasifik dan juga sebagai pesan kepada AS dan India bahwa mereka tidak bisa dengan mudah memblokade jalur laut lewat Selat Malaka bila suatu ketika berkonflik dengan China.
“Ini bukan berarti latihan itu mengancam Australia, namun memang menunjukkan bahwa betapa besar perubahan yang sedang terjadi di kawasan dan betapa berbahaya untuk berasumsi bahwa China bisa bangkit secara ekonomi tanpa harus membuat perubahan strategis yang fundamental di kawasan”.

“China mengklaim 90 persen dari Laut China Selatan, yang seluas 3,5 juta kilo meter per segi. Beberapa negara atau entitas juga berkepentingan atas laut itu, seperti Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia, dan Brunei Darussalam”.

Militer Indonesia (Buka Mata.. Buka Telinga.. Rapatkan Barisan.. Kepakan Sayap.. Arungi Lautan… )

“Pergeseran kekuatan militer AS ke Asia Pasifik bukanlah hal sederhana. Bisa jadi, pada 8 tahun ke depan, “perang” perebutan sumber daya alam dan jalur perdagangan akan beralih ke kawasan ini. Indonesia harus menyiapkan diri untuk menghadapinya.” (Connie Rahakundini Bakrie, Pengamat Pertahanan dan Militer dari Universitas Indonesia)

Rencana AS menggeser 60 persen kekuatan militernya ke kawasan Asia Pasifik hingga tahun 2020 mendatang, membawa implikasi besar bagi kawasan ini, termasuk Indonesia.

Tahun 2020 itu tidak lama. Dalam 8 tahun ke depan, Indonesia sudah terkurung oleh pangkalan-pangkalan militer AS. Menurut pengamat Pertahanan dan Militer dari Universitas Indonesia Connie Rahakundini Bakrie, dengan kondisi seperti ini, jelas sekali, tidak tersedia waktu banyak bagi elite kita untuk segera mereposisi arah kebijakan luar negeri dan pertahanan Indonesia yang lebih tegas, strategis dalam menyikapi perubahan konstalasi politik di kawasan.

image008

1. Bagaimana anda melihat dinamika perkembangan militer AS saat ini?
Kebanyakan dari kita, atau bangsa AS sendiri, tidak ingin mengakui, bahwa, AS telah mendominasi dunia melalui kekuasaan militernya. Dengan alasan kerahasiaan negara, warga AS sendiri sering tidak menyadari bahwa pendudukan pasukan-pasukan AS sesungguhnya telah mengepung planet bumi ini. Kecuali kawasan Antartika.

Pada perspektif dinamika politik global, kita bisa menyimak bagaimana kekaisaran militer AS semakin tumbuh menuju wujudnya tahun 2020 nanti. Saat ini tengah berproses, sejak Presiden Goerge Walker Bush menetapkannya pada 14 Januari 2004 lalu.

2. Bisa digambarkan seperti apa ‘Kekaisaran Militer AS’ itu?
Salah satu cara memahaminya, dengan memahami jumlah dan ukuran dari aspirasi “kekaisaran militer” AS tersebut. Lebih dari setengah juta tentara formal plus mata-mata yang terselimuti melalui jejaring lembaga donor, teknisi, guru, serta badan usaha sudah tersebar membentuk koloni di negara-negara lain.

Bukan hanya di darat, juga mendominasi lautan hingga samudera. Mereka membangun kekuatan Angkatan Laut yang hebat dengan mencantumkan nama-nama pahlawan mereka pada kapal induknya, seperti: Kitty Hawk, Constellation, Enterprise, John F. Kennedy, Nimitz, Dwight D. Eisenhower, Carl Vinson, Theodore Roosevelt, Abraham Lincoln, George Washington, John C. Stennis, Harry S. Truman, dan Ronald Reagan.

Selain itu, begitu banyak pangkalan rahasia dibangun dan difungsikan hanya sekedar untuk memonitor apa yang dikerjakan masyarakat dunia. Mereka mampu memonitor apa yang isi percakapan, surat menyurat baik lewat fax atau pun email antara satu sama lainnya, termasuk atas warga negara AS sendiri.

Di Okinawa, pulau paling selatan Jepang yang telah menjadi koloni militer AS selama 58 tahun, terdapat 10 pangkalan korps marinir, termasuk korps marinir Futenma dan stasiun udara yang menduduki 1,186 Ha di pusat kota.

Selain itu, di Inggris terdapat senilai US$5 miliar instalasi miliiter dan mata-mata AS yang disamarkan sebagai pangkalan Royal Air Force (RAF).

image009

Air Craft Carrier USS Nimitz

3. Sebenarnya berapa jumlah pangkalan militer AS di luar negaranya?
Diyakini jumlah pangkalan militer AS di luar negaranya jumlahnya telah mencapai lebih dari 1,000 pangkalan di negara berbeda. Bahkan, Pentagon sekalipun mungkin tidak tahu secara pasti jumlah setiap penghuninya. Data resmi dari Departement of Defence (DoD) pada laporan struktur tahun fiskal 2003 menyebut, Pentagon memiliki 702 pangkalan di luar negeri di 130 negara. Jumlah itu, belum termasuk 6.000 pangkalan di wilayah AS sendiri. (weww! :D)

Pada pangkalannya di luar negeri, jumlah tentara AS yang tak berseragam mencapai 253,288 personel. Mereka juga mempekerjakan 44,446 orang lainnya sebagai staff tambahan lokal yang disewa.
Pentagon mengklaim, pangkalannya mencakup 44,870 barracks, hangars, rumah sakit, dan bangunan lain yang dibeli atau disewa sebanyak lebih dari 4,844 bangunan.

4. Bagaimana anda melihat kaitan kondisi ini dengan reformasi TNI?

image010

Persoalan bertambah kompleks, ketika munculnya wacana bahwa demokrasi dan militer adalah 2 hal yang tak dapat disatukan. Disadari atau tidak, jika virus berpikir bahwa demokrasi dan militer adalah 2 hal yang tak dapat disatukan, dan sengaja disebarkan secara sistematis. Akhirnya akan membuat sipil semakin tidak memahami fungsi militer untuk kepentingan eksistensi negara.
Seolah-olah, militer tidak dibutuhkan lagi dalam negara berdemokrasi. Padahal, pembangunan demokrasi sebuah negara sangat butuh “pengawal”. Peran militer dalam menjaga demokratisasi di sebuah negara yang berdaulat, sangat penting. ( Well noted mam! 😉 )

5. Asia Pasifik jadi target ekspansi AS selanjutnya, bagaimana anda melihatnya?
Perkembangan terkini kekaisaran militer AS, bisa disimak dari pernyataan Menteri Pertahanan, Panetta yang menyatakan bahwa 60 persen kekuatan militer AS akan pindah ke kawasan Asia Pasifik mulai 2012 hingga 2020.

Reposisi pangkalan tersebut ada dibawah kendali dan tanggung jawab Andy Hoehn, Wakil Menhan AS untuk bidang strategi. Hoen cs. mengatur tahapan implementasi akan apa yang disebut Goerge Bush dulu sebagai strategi perang pencegahan terhadap “persatuan negara-negara merah dan orang-orang jahat”. ( jiahh seperti peribahasa..buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” 😛 #Bush )

Negara-negara “persatuan orang-orang jahat” ini oleh AS telah diidentifikasikan sebagai “busur ketidakstabilan” yang tersebar dari mulai daerah Andes di Colombia terus ke arah Afrika Utara dan kemudian menyapu negeri negeri seberang Timur Tengah, hingga termasuk Filipina dan Indonesia.

Jadi, perang terhadap terorisme adalah sebagian kecil dari alasan untuk semua strategisasi militer AS di belahan dunia untuk membangun cincin baru dari Pangkalan militer sepanjang khatulistiwa untuk memperluas kekaisaran militer AS dalam mendominasi dunia. ( ngarepp banget ente ASU 😛 )
harus dicermati bahwa posisi kita Persis sama seperti saat Irak akan digempur melalui persiapan Operation of Enduring Freedom, dimana saat ini kita sama juga “sudah terkurung” oleh pangkalan-pangkalan ASU sejak titik di Diego Garcia, pulau Christmas, pulau Cocos, Darwin, Guam, Philippina, dan terus berputar hingga ke Malaysia, Singapore, Vietnam hingga kepulauan Andaman dan Nicobar beserta sejumlah tempat lainnya..

Kini.. doktrin pertahanan kita telah berubah dari yang semula Defensif sekarang menjadi Pre-Emptive (menyerang lebih dulu pihak yang akan menyerang) dengan kata lain “daripade ane kecolongan, mendingan ane gebuk duluan! )” ? didukung dengan alutista yang canggih dan modern, serta profesionalisme prajurit yang semakin meningkat serta kemandirian bangsa dalam segala aspek..

Maka, mulai saat ini dan kedepannya TNI dan dengan segenap dan dukungan seluruh rakyat Indonesia, akan menjadi ksatria pelindung dan penjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia dan menyongsong masa depan Negara ini dengan kaki yang kuat.. badan tegap.. kepala tegak.. mata yang memandang luas ke pelosok Nusantara.. kita akan melewati tahun 2020, seraya berkata.. “Kamilah Putra dan Putri Bangsa Indonesia dengan merah darahku dan putih tulangku, Jayalah TNIku!!! Jayalah bangsaku!!! Jayalah Nusantaraku!!!”… [by PapaAugusta (PA)]

image011

Berbagi

  173 Responses to “2020 Perang Beralih ke Asia Pasifik !”

  1.  

    hmmm… saatnya buka mata lebar2

    •  

      @ P.A

      ini iklan buku bu conny yahh..????

      •  

        Neng @oke lah saya bukan sales buku ataupun jualan. Artikel ini semata-mata hanya untuk menambah wawasan dan semoga bermanfaat. Sekaligus meningkatkan rasa persatuan, dengan pola pikir kedepan yg positif dari sudut pandang yg luas. Dan tetap dengan etika kita sebagai bangsa yg beragama.
        Selamat malam. [off]

        •  

          @ P.A

          oopss….ia mas…maaff yaaa
          cuma canda…

          PA …pancasila abadi

          sekali layar terkembang surut kami berpantang

          coment anda pkl 2.54 am…bukan malam mas…itu sudah pagi..

          selamat pagi…off juga

          •  

            Wah tidak perlu minta maaf neng.. Diskusi kita boleh serius tapi tetap santai..kaya dipantai.. 😉

          •  

            [email protected] lah. kok sinis bangtt, tuuh Om PapaAgus ajak diskusi yg baik dan mudah difahami.. kalo saya kan sukanya disuapin yg halus halus biar mudah dicerna, sekalipun cabai tp kalo dihaluskan tidak langsung berasa pedas.. enak aja tuuu, tau tau..muntaber aja. hihi..
            salam hangat buat semuanya 🙂

          •  

            @ couvu
            sinis,…? ngak juga tuh…biasa aja kaleeeee
            kalau disuapin yang halus2 itu bubur loh bang,..
            itu makanan bayi…

            *santai aja bang

            zzttttt ngantuk

    •  

      Artinya apa ung raden. Tak paham….

  2.  

    Pertama kah

  3.  

    uno…

  4.  

    Numero uno

  5.  

    premier! ”
    “enemy at the gate” bukan lg cuma di film, namun sdh mulai kita rasakan. faktanya, disektor non militer spt sektor ekonomi, kita sgt bergantung (atau kl boleh dikatakan dikuasai) asing, disusul sektor2 lain spt pendidikan (dampak dr Bologna agreement), budaya dst.

  6.  

    pertamax duluuu 😀 izin nyimak gan

  7.  

    Salam hormat dan terima kasih untuk bung @Diego
    Selamat beristirahat.. Salam hangat,
    PA

  8.  

    saya khawatir ini ( konflik LCS) adalah pintu gerbang dari agenda besar balkanisasi indonesia… ( negara 2 besar punya kesepakatan rahasia/ pura2 perang urat syaraf ) ketika militer RI terpancing meninggalkan sarang untuk membantu negara asean lainnya yg sedang berkonflik di LCS… selatan Nyaplok Kita…. nanti di tengah konflik LCS chinna pun akan murka dan mencaplok indonesia karena ikut campur….akhirnya indonesia jadi bancakan negara2 besar….. lebih baik NETRAL dan terus Memperkuat Peralatan Tempur untuk menghadapi semua kemungkinan

    •  

      Supaya negara luar pd mikir ulang untuk mengganggu kita maka perlu di bentuk skadron tempur su 35 atau su 50 pak fa.pd tiap pulau besar kita.trus sebar pesawat tempur yang bsa landing dan take off secara fertikal sperti pesawat Yak41 rusia untuk beberapa pulau perbatasan.sebar juga penempatan AstrosII kita di spanjang perbatasan dg malingsial,sebarkan juga kapal LPD kita di selat malaka,selat makasar,laut dkat pintu ALKI 3dan samudra hindia masing2 dengan 2 pesawat Yak41 aja di atasnya plus 1 hely.jgn lupa lengkapi dengan rudal. Kapal selam juga jgn lupa cukup 15 biji saja.

    •  

      bener

    •  

      kalo boleh nambahin dikit bung, militan & nasionalisme yg tinggi dr 250 jt rakyat Indonesia adl snjata yg paling ditakuti oleh mrk, kita sdh blajar dr Irak, Libya, Syiria, dan bljar trus dr Korut, Iran & ngr2 lainnya yg mampu mempertahankan eksistensi negaranya.

      •  

        Nah betul.. Setuju saya.. Militansi dan Nasionalisme Warga Negara ini memang tak terbantahkan.. senjata yang paling ampuh.. tahapan menjelma menjadi sesuatun yang menakutkan..

      •  

        Satu hal yang pasti.. mau tahun kapanpun dan kondisi apapun ya Indonesia harus tetap bersiap, situasi yang ada sekarang memang sulit diubah.. sehingga perlu dimaknai dengan sangat teliti, perlu tahu siapa kawan dan siapa sebenarnya lawan.. perkuatan elemen strategis memang sudah seharusnya dilakukan guna menjawab tantangan yang ada.. jadi dalam kondisi terburuk sekalipun kita memang harus dan sudah siap.. MERDEKA

    •  

      @cungkrik : yupp benar sekali, agenda besar untuk balkanisasi sudah didepan mata..pangkalan militer demi menghadang China itu hanya sekedar di mulut saja..toh mereka tidak akan berbuat apa2, sama seperti amerika meninggalkan Indonesia ketika konflik timor-timur dulu..
      pergeseran kekuatan amerika ke area pasifik tidak boleh dipandang bahwa mereka akan ikut melindungi Indonesia, kemandirian teknologi dan penguatan militer sangat diperlukan ditengah banyaknya konflik SARA di tanah air..kita harus ingat bahwa ketika kekuatan amerika difokuskan ke timur-tengah, apa yang terjadi dengan negara2 disana?2020 sudah didepan mata, kita tidak harus menunggu selama itu untuk perkuatan alutsista..salam

  9.  

    Kita sudah memasuki fase dimana tanah suci yang dihuni para ksatria suci ini sedang diincar oleh seluruh bangsa lainnya

  10.  

    Menurut ane peperangan yg di ciptakan ASU sebelumnya dikawasan timur tengah..sangat berbeda dg kawasan asia pasifik dikawasan ini ASU akan kerepotan & bakal menghabiskan anggaran yg sangat menguras keuangan negaranya..apalagi kondisi perekonomiannya lagi terpuruk..ga bakal secepat itu ASU memborbadir kawasan asia, LCS khususnya dg konfrontasi dg CHINA..yg kita tau lihat bekingan di belakangnya ada papa bear yg juga lagi panas”nya dgn si ASU karena kasus crimea di ukraina..ASU akan berani paling” maen keroyokan lagi seperti di IRAK..tapi lihat eropa sendiri lagi terseok-seok karena krisis…jadi menurut ane ga secepat itu SI ASU mo ngajak perang head to head sama china…paling2 ngomporin tuh negara yg bersengketa biar mau perang dg china dg jaminan bantuan dari si ASU…kaya LAGU LAMA ALBUM BARU..!!! Justru yg ditakutin adalah propaganda badan intelejen nya yg menghancurkan kekuatan lawan dari dalam…!! NKRI HARGA MATI..!! ENTE JUAL ANE BORONG..!! ( go to hell asu..!! )

    •  

      @ismeds : idem bung, menurut saya konflik yang diciptakan oleh asing tidak seperti yang dilakukan di area timur tengah bung…proses balkanisasi tidak harus dengan kekuatan militer/perang seperti yang terjadi di Irak/Afghanistan…asing sudah belajar dari konflik di Aceh, bahwa kekuatan militer Indonesia yang terseok2 mampu menekan GAM hingga akhirnya berakhir di meja perundingan..metode yang sekarang/kedepan akan berbeda, propaganda2 asing pasti akan terus2 menerus digencarkan, seandainya membutuhkan waktu puluhan tahun pun saya yakin mereka tidak akan menyerah..bangsa Indonesia saat ini sudah kehilangan identitas, memudarnya kearifan lokal dan lupa akan esensi dari masing2 agama yang dianut oleh para penduduknya, hingga akhirnya segala sesuatu akan berujung konflik hanya akibat selentingan SARA dan kemiskinan…

      •  

        Ya betul karena itu dalam memahami keagamaan di Indonesia harus bernafaskan konteks kebangsaan. Agama memang menjadi yang terpenting di masyarakat Indonesia namun disalahgunakan beberapa kelompok untuk dijadikan alasan untuk membangkitkan semangat sektarian. Akhir-akhir ini mulai timbul masalah berbalut agama di Yogyakarta.

        Saya memprediksi isu yang akan paling sering digunakan adalah isu agama, apalagi unsur-unsur dalam pemerintah sendiri masih termakan oleh isu ini. Hati-hati dalam menyikapi dan bereaksi terhadap setiap informasi yang memancing akhir-akhir ini.

        •  

          sore Bung MJ! apakah kasus ini asing juga terlibat? sama hal nya dalama masa kelam lalu di ambon dan sekitarnya.
          mudah mudahan masalah ini cepat terselesaikan dan di tuntaskan sampai ke akarnya… bersatu kita teguh!!!! NKRI JAYA

        •  

          hingga kini dugaan mengarah pada salah satu tokoh yg gagal pil3g bung NJ

        •  

          baru kali ini seperti nya daerah Jogja mengalami isu sara seperti ini…kemungkinan memang ada yang memancing di air keruh..kalau dugaan asing sepertinya jauh bung..

    •  

      Maksud dari pernyataan nya apa ya?

  11.  

    Kembali lagi ke sumpah maha patih gajah mada

  12.  

    10

  13.  

    benar …harus perkuat militer kita.

  14.  

    kalau mau omongan kita di dengar bangsa lain maka harus punya senjata nuklir..
    kalo tidak punya nuklir ya jadi bulan-bulanan negara super power saja….

    semoga RI segera sukses dengan program roket dan dilengkapi hulu ledak nuklir..
    Amien ya Rabb.

    •  

      @ cepot
      betul ….kang cepot….
      pendek kata gitu saja “harus punya nuklir dengan rudal jarak jauh,,gitu aja repot..
      baru pulang pagi2 sudah ketawa aq ini

      hi hi hi..:)

    •  

      kog doanya amin ya Rabb malah “…dan dilengkapi hulu ledak nuklir..” ?
      menurut pribadi saya nuklir tentu sangat bermanfaat bila digunakan sebagai sumber energi (PLTN). namun jika penggunaanya dialihkan menjadi senjata pemusnah massal, itu tidaklah benar. Imho

    •  

      menurut saya senjata nuklir harus kita punyai, tapi bukan untuk menyerang negara lain tapi sebagai jaminan agar kita tidak diserang oleh negara lain atau negara lain tidak bermacam-macam dengan negara kita.

    •  

      Bung loai…emang waktu perang korea nuklir dipake? Cm buat gertak doang bung…gak ada yg berani pencet tombol karena takut Muttual assured destruction/kehancuran pasti bersama karena kalau dia tdk punya sekutunya yg akan bales nuke them all…

      Jangan liat perang korea sbg bagian perang nuklir…itu conspiracy theory dan cruel intension papa bear dan ASU dgn mengorbankan rakyat korea…

  15.  

    sudah siapkah kita berperang..??
    se siap apkah negara kita untuk berperang..??

    sudah tahukah posisi kita berada di mna,,?

    sudah tahukah kita siapa musuh kita..?

    •  

      *siap tidak siap kita harus siap (dalam sudut pandang “worst case scenario”)
      *posisi kita tepat berdiri diatas kaki kita di tanah bumi pertiwi
      *musuh kita yg nyata adalah diri kita sendiri.. (ego, keserakahan, kesombongan, adalah bibit permusuhan dan kehancuran)
      damai adalah jalan keluar yg terbaik..

      •  

        Like dengan komen bung Papa….

        Makanya saya bingung sama teman2, ada masalah dengan perbatasan maka kita harus berperang. Saya mikir juga, kalau perang apakah saya siap gak kehilangan istri dan anak tercinta saya. Saya siap gak melihat keluarga, teman, dan masyarakat Indonesia yg saya cintai ini menderita karena perang. Apakah semua masalah itu harus dilakukan dengan perang??

        makanya saya setuju kalau musuh kita adalah diri kita sendiri, 😀

        •  

          ha ha ha bisa saja bapak humble yg satu ini.. saya juga selalu Like dengan tulisan dan wawasan luas bung Jalo (saya belajar dari bung jalo) dan anda sangat open minded.
          lanjutkan bung….! 😀

        •  

          saya masih teringat perkataan opa saya dahulu.. indonesia adalah negara yg cinta damai, santun dan berbudi luhur. budaya kita mencium tangan adalah salah satu budi pekerti sebagai tanda hormat kepada orangtua. inilah pengalaman sejarah bangsa kita , karena “uban” tidak bisa berbohong…. 😉

          •  

            Mantab nasehat opa nya.. 😀
            Susah memang merubah budaya asing yg masuk ke negara kita tercinta ini. Sekarang pemuda-pemudi kita mayoritas sudah lupa akan budaya malah mereka menjadi arogan, keras, tempramen dan tidak mau mendengar saran. 😀

  16.  

    jika asu dan konco konconya jadi mengibarkan bendera perang dengan indonesia apakah pemuda dan rakyat indonesia siap membela tanah airnya..sedangkan banyak mementingkan perutnya sendri dan kelompoknya,banyak saoudra kita mala suka perang dengan saudra sndri..msih adakah rasa persatuan dan kesatuan dalam bangsa kita..dulu nenek moyang kita berjuang hanya dengan snjata bambu runcing dengan semangat persatuan hingga mampu merebut kemerdekaan dari tangan penjajah..hai pemuda msihkah jiwamu merah putih,masihkah semangatmu merah putih..maka berjuanglah demi bangsa dan negaramu demi keutuhan nkri demi ank cucumu..ingat para pahlawan yang telah gugur mskipn tetes keringat,darah,harta benda bahkan nyawa sklipun mereka persmbahkn dmi keutuhn nkri..hai pemuda tiba saatnya utk kita brjuang demi nkri dengan ilmu pengetahuan yang berguna demi bangsa,gotong royong saling mmbantu dengan sesama,jagalah persatuan dan kesatuan jgan sampai perang saudra,tawuran dn prpecahan..ingat jaga persatuan dan kesatuaan..merah darahku putih tulangku

    asu ngajakin perang..hayookk.

    •  

      meski banyak yang korupsi, meski banyak kerusuhan dan perang saudara,, meski banyak teroris,, tp ketika NKRI diserang,, semua rakyat bersatu, bahu membahu melawan penjajah , karena di tahan air ini ari2 pemuda indonesia tertanam,, di tanah air ini anak cucu kita kelak yang harus mewarisi nya,, dan di tanah air ini pula jiwa dan raga ini di tumpahkan,,

    •  

      kata-kata yg sangat berrrgeloraa dari bung JPR.. 😀 terima kasih
      dan benar apa kata bung..jiwa patriotik dan nasionalis bukan hanya dicerminkan dengan cara angkat senjata. namun apabila itu adalah jalan terakhir maka akan terlontar kata “sampai titik darah penghabisan..!” 😉
      salam hangat,

  17.  

    #jangan kamu tanyakan apa yang negara bisa berikan untukmu, tetapi tanyalah dirimu apa yang bisa kamu berikan untuk negara”#

    FALSAFAH COPY PASTE LAGI DARI AMRIC….

    hobby bangettttt

    XIXI

    •  

      Anda melihat itu adalah copy paste dari amrik.. Sedangkan saya melihat itu adalah sebuah kata-kata patriotik yg terlontar dari mulut seorang pemimpin.#JFK
      Saya tidak melihatnya dari sudut pandang seorang amrik, tetapi lihat makna dari kata-kata tersebut yg sangat bernilai.
      Dan Mohon capslock nya mungkin kepencet..terima kasih. 😉 Salam hangat,

  18.  

    melihat tulisan di atas,,, “Belum ada negara ASEAN yang punya kemampuan seperti Indonesia.!”
    maka saya berpendapat…
    indonesia tidak akan bisa di hancurkan oleh negara manapun,,, karena perlawanan rakyat semesta dan TNI nya,, indonesia hanya bisa hancur oleh orang indonesia itu sendiri,,,

  19.  

    pernyataan mengejutkan saat pembukaan seminar nasional Nasional kebangsaan di hotel Horizon sabtu 31/05/2014 Guburnur bengkulu wancanakan Bengkulu merdeka karena kecewa dengan pemerintah pusat. menurut Rektor UNIB (universitas Bengkulu) “bagus bagi bengkulu. jadi Anggota Negara Persemakmuran bergabung dengan inggris”

    •  

      Kayaknya pendapat sy memgenai tulisan ini td kena banned deh …ada penjelasan bung admin? 😀

    •  

      benngkulu ini salah 1 propinsi plg tertutup di nkri. pendatang dipersulit buka usaha, bahkan lebih tertutup dibanding NAD. gmn mau maju?

    •  

      Komentar saya jg hilang; tolong bung Admin sedikit penjelasannya, apa ada yg keliru dg komentar saya? Saya msh punya arsip komentar saya tsb. Tq

    •  

      Emang bener saat raffles memerintah bengkulu adl.jajahan inggris.tp setelah belanda-inggris mengadakan rekonsiliasi pasca jatuhnya napoleon bengkulu di tukar guling inggris dgn malaka (sebagian semenanjung termasuk spore) yg dikuasai belanda…tujuannya agar jajahan masing2 menyatu dan tdk ada perbatasan darat terlalu banyak kecuali di kalimantan…

      Jadi gubernur bengkulu dan rektor belajar sejarah lg…suruh belajar tata negara tentang syarat berdirinya suatu negara dan asal usulnya…

      Sy bolak balik bengkulu minimal 3 bln sekali dan sy tahu persis birokrasi di sana…bengkulu tdk berkembang selain kondisi alamnya yg berada di ring of fire sehingga rawan gempa jg karena pengkondisian birokrasi yg menutup peluang investor masuk…PAD bengkulu hanya dr sawit dan sedikit tambang meskipun pariwisatanya cukup menjanjikan karena sebagian besar wil bengkulu menghadap samudra hindia..budaya penduduknya jg resisten terhadap orang luar…

      Kondisi agak lumayan di daerah muko muko yg dekat dan perbatasan sumbar-sumut karena berbudaya campuran..

  20.  

    mantap bung Papa Augusta… terima kasih…

    •  

      bung @afiq0110 terima kasih. semoga anda senantiasa sehat selalu dalam aktifitas sehari-hari..
      *saya tunggu lhoh bung “Teaser” dan tulisan anda berikutnya.
      salam hangat,

  21.  

    absen dulu, salam kenal bwt semua warjagers

  22.  

    urun rembug abang & adek sekalian, menurut saya militer akan kuat (profesional) bila didukung rakyat lewat ketahanan sosial-budaya, ketahanan ekonomi, ketahanan pangan dll. PDB (yg katanya) besar bukan jaminan bila negara tumpul dalam mengumpulkan penerimaan dan tidak merata dalam membagikan kemakmuran dan tidak serius dalam mencerdaskan, mari kita ingat kembali penyerbuan Sultan Agung ke Batavia dan jangan kita biarkan sekali lagi lumbung2 tersebut dikuasai atau dibakar Kumpeni (asing) !!!

  23.  

    terlalu kompleks kalau hanya menghabiskan energinya mikirin lawan. Fokus harus dibagi dengan membangkitkan kemandirian dan menghilangkan budaya korupsi serta membangun budaya bangsa yang disiplin. kalau sudah kuat tinggal nikmati hasilnya.

    •  

      saya pribadi setuju dengan pernyataan bung Sennopati.. “Fokus harus dibagi dengan membangkitkan kemandirian dan menghilangkan budaya korupsi serta membangun budaya bangsa yang disiplin. kalau sudah kuat tinggal nikmati hasilnya”.
      salam hangat,

  24.  

    semoga tidak kejadian Posisi Indonesia yang strategis jgn sampai kita menjadi korban tambahan perang oleh negara2 tetangga yang bertikai itulah sebabnya Indonesia selalu berupaya sebagai “penyejuk” di kawasan asia tenggara.

  25.  

    Siap tak siap, kita harus siap. Rapatkan saf, satukan langkah, jangan murah diadu domba.

  26.  

    Sekarang saja negara kita sudah terkepung oleh sekutu-sekutu asu cs plus pangkalan militer mereka yang tersebar menunggu saat yang tepat untuk menjadikan kita Lybia/Irak kedua. Saya sangat mengharapkan Kemampuan Militer Negara kita adalah “Mampu berperang dengan mereka semua pada saat bersamaan dan memenangkan peperangan dengan kerusakan sekecil mungkin dipihak kita”. Sepertinya perang ini keniscayaan selama asu dajjal masih exist di dunia ini. Semoga negeri kita diberi Kekuatan untuk Menegakkan Keadilan Menegakkan yang Hak melawan yang bathil dimuka bumi ini..

  27.  

    Kl dilihat strategi RI utk saat ini sudah benar, tetap menjaga jarak kesiapa pun atau dgn kata lain mengambang. Disaat US bikin pangkalan di Aussie kt kasih izin armada tiongkok lewat rumah kt utk main perang2 di selatan jawa, seakan memberi pesan ke selatan kl RI masih punya kartu truft. di saat tiongkok matokin LTS dan adu urat syaraf dgn tetangga kt tidak terpancing utk membela pihak manapun tetapi hanya sebagai juru damai kawasan. Bukan berarti tdk punya perinsip tp berhati2 dan selalu mencermati setiap keadaan dan bila situasi memungkinkan kita bs menjadi pemimpin diantara bangsa2… karena siapa pun dan dimanapun jika kt bs membaca situasi lalu berinovasi maka kemenangan akan datang (Veni Vidi Vici)

  28.  

    Indonesia memang secara peta sudah dikepung oleh armada pasukan asu..karnanya harus ada strategi khusus untuk bertahan dan mengcounter-attack..perubahan doktrin Tni sudah menunjukan bahwa mereka pun juga sadar akan hal itu..dgn perubahan doktrin pastinya juga akan muncul taktik strategi baru untuk menghalu musuh dgn ampuh.. :mrgreen: maaf opini tukang gado-gado :mrgreen:

  29.  

    saya jadi agak tersinggung dg kalimat : FALSAFAH COPY PASTE LAGI DARI AMRIC…. , ingat kita dan bangsa ini tidak pernah mengcopy paste apapun yg dari luar , perhatikan , bangsa kita berprinsip : ATM , amati , Tiru dan Modifikasi , dalam hal apapun. coba cermati ya neng oke….

  30.  

    Mantab artikelnya Bung PapaAugusta…. pertama kali koment nih, salam semuanya…

  31.  

    saya kurang yakin dengan prediksi yang mencantumkan tahun secara eksak seperti 2020 (karena connie bakrie ngomongnya tahun 2012 lalu dipas2kan saja 8 tahun lagi ke 2020).

    prediksi terkenal dari seorang jenderal top AS saja tidak kunjung terbukti hingga 60 tahun kemudian (harusnya connie bakrie berkaca pada hal ini).
    tahun 1954, 7 april presiden eisenhower memberikan konferensi pers bersejarah, di mana ia mengungkapkan teori domino, the fall of French Indochina to the communists could create a “domino” effect in Southeast Asia. The so-called “domino theory” dominated U.S. thinking about Vietnam for the next decade.
    Eisenhower expanded on this thought, explaining, “You have a row of dominoes set up, you knock over the first one, and what will happen to the last one is a certainty that it will go over very quickly.” This would lead to disintegration in Southeast Asia, with the “loss of Indochina, of Burma, of Thailand, of the Peninsula, and Indonesia following.” Eisenhower suggested that even Japan, which needed Southeast Asia for trade, would be in danger.

    sejarah membuktikan, setidaknya hingga hari ini, 39 tahun setelah pasukan jenderal giap mengusir serdadu AS terakhir dari bumi vietnam, bahkan thailand yang bertetangga langsung dengan vietnam
    pun tidak ‘jatuh ke tangan komunis’.

    tidak ada ‘disintegration in Southeast Asia’, yang ada justru 10 negara asteng bergabung dalam asean.

    satu hal kecil (tapi rada malu2in) mosok Kitty Hawk, Constellation, Enterprise dikira nama pahlawan ?

    •  

      betul bung,prediksi memang selamanya tidak tepat.tapi lebih baik sudah mempersiapkan untuk kemungkinan terburuk.

      •  

        Betul bung, Prediksi itu hanya perkiraan tapi lebih baik kita mempersiapkan diri. jika prediksi jendral top AS meleset jauh lebih lama, saya kuatir prediksi bu conni malah berjalan lebih cepat. langkah yang terbaik adalah mempersiapkan diri sebaik dan secepat mungkin.

    •  

      Salam bung @Danu.. apa kabar? semoga sehat selalu. Btw menurut saya pribadi bukan “menganalisa”2020 semata-mata dari 2012 sehingga 8 tahun kedepan menjadi 2020 . akan tetapi berdasarlkan Rencana AS menggeser 60 persen kekuatan militernya ke kawasan Asia Pasifik hingga tahun 2020 mendatang, membawa implikasi besar bagi kawasan plus rencana AS akan menempatkan sebanyak 2.500 prajuritnya di darwin pada 2017 nanti. Maka analisa pertimbangan di thn 2020 nanti menjadi “ patut dicermati dan diwaspadai” sebagai “Konflik” kedepan yg bisa saja berimbas ke indonesia berdasarkan perspektif analisis yg sangat luas dilihat dari gejolak, gelagat dan pola yg terarah selama beberapa tahun belakangan ini..hingga saat ini.. yang penting menurut saya tetap Aksi dan Reaksi kita harus tepat, terarah dan efektif. tidak harus lebay dan berlebihan..ataupun parno 🙂
      Salam hangat,

  32.  

    semuanya cuma modus biar senjatanya makin laris dipasaran,
    yang ada diotak mereka berdua cuma duit,
    indonesia mandirinya jangan lama2, takut kalau kelamaan kebawa arus duluan.

  33.  

    Salam kenal kang siluman

  34.  

    Perkuat alusista TNI, optimalkan penggunaan alusista produk dalam negri. kayak anoa, kcr ato cn-235 dicantelin rudal.Kalo blum cukup impor dari papa bear yang strong..biar gak ada yang brani macem2…

  35.  

    Selamat pagi warjager , kalo hemat saya gak mungkin asu terang terangan untuk ngajak cina ngadu otot di lcs paling asu hanya mencari keuntungan di konflik ini , jika toh perang memang meletus asu gak mungkin turun langsung paling dia membantu alutsista dan pakar militernya diterjunkan , banyak kepentingan asu bung di cina , negara kecil aja diserang rame rame aja lama kalahnya apalagi dia harus lawan cina yang besarnya minta ampun dan di dukung ruskie

  36.  

    Bangsa ini cenderung cakar2an bila tdk ad musuh bersama dri LN jdi insya alloh 250 juta anak bangsa indonesia akn mmprthnkan nkri bila ad pndudukan oleh asing

  37.  

    kenapa indonesia harus takut, kan katanya indonesia sudah punya puluhan kapal selam + kapal selam nuklir, TU 22, SU 35S, SU 34, SU 30 mutan 3 skadron, sistem pertahanan S300 dan S400, belum lagi ditambah kapal permukaan yang sangar2

    Pokoknya : Jalmo moro, jalmo mati; dhemit moro, dhemit mati; dewa moro, dewa keplayu

    Intinya : dewa aja kabur

  38.  

    Saya sangat setuju bung..bagaimanapun kita seperti cewek cantik yang diperebutkan semua bangsa yang rakus. Ingat kita lebih 350 tahun dijajah karena kita sangat menggiurkan. Sudah lama mereka pengen menguasai nusantara dg sgala potensinya. Sgala cara tipu muslihat di lakukan. Saatnya bangsa nusantara bangkit dan perkuat pertahanan baik alusista n sebagainya. Latgab saat ini bisa menunjukkan kepada dunia bahwa ojo macem2 karo aku. Jayalah nusantara!

  39.  

    Maaf OOT,sekedar tambahan analis..

    Sandiwara Tiongkok-
    Rusia, “Masukkan
    Serigala Ke Dalam
    Rumah”

    Selengkapnya : http://erabaru.net/headline/8400-sandiwara-tiongkok-rusia-masukkan-serigala-ke-dalam-rumah

  40.  

    Terima kasih sudah mulai ikut berkontribusi bung Papa. Ini biar teman2 tahu bu Connie itu siapa?? Di artikel sebelah bu Connie dihujat2 dibilang broker lah, dibilang cuman komentator yg tidak bergunalah, dll. Kira2 dengan pandangan bu Connie diatas kira2 ibu itu tahu gak semua permasalahan atau alutsista strategis kita. 😀

    •  

      bung Jalo sorry nih … siapa ibu? baiknya dicari sendiri identitas nya di luar blog, agak sensitif … & agar blog lepas dari isu SARA/status

      •  

        menurut saya pribadi ..mengenai SARA atau hal sensitif tergantung dari sudut pandang mana kita melihat, jika kita bisa secara objektif menilai dan melihat dari sudut pandang secara luas maka penilaian akan positif.
        Beliau adalah peneliti di INSS (Institute of National Security Studies) Tel Aviv, Israel. beliau dikenal sebagai pengamat pertahanan yang namanya dipertimbangkan di dalam dan luar negeri. namun keberadaan selama di Israel diminta oleh Menteri Pertahanan “masa itu” untuk tidak dipublikasikan. (saya teringat dengan artikel rahasia pesawat “A* s**h**k” kita dulu yg dibarengi dengan kedatangan F-5 E/F. ternyata pesawat “A* s**h**k” berasal dari Israel dan para pilot kita yg juga menimba ilmu di sana. (namun kebanyakan orang tau itu pesawat dari AS dan pilot kita yg belajar di USMC) 😉
        *anda mungkin bisa menemukan fakta lebihnya dalam buku “My Home My Base” (hanya untuk kalangan internal TNI AU) dan buku “Fit Via Vi” yang merupakan otobiografi dari Bpk D.P.

        salam hangat,

      •  

        Wah..salah paham nih Bung Deng Bdg..Bang Jalo itu sudah tahu siapa ibu itu..salah mengartikan kalimat bung Jalo nih..:)

    •  

      justru saya yg berterima kasih bung Jalo.. telah dikasih ruang untuk sekedar sedikit memberikan wawasan walau hanya dengan sebuah artikel dan kata-kata. hmm gitu ya..? menurut saya pribadi beliau mempunyai analisa yg cermat serta wawasan global dengan sudut pandang yg sangat luas, dengan sikap kritisi beliau yg bersifat membangun ataupun “menegur halus” saya pikir beliau mempunyai kredibilitas sebagai anggota Wantanas untuk membantu Presiden dalam hal merumuskan rancangan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka pembinaan ketahanan nasional. yg bersinergi dengan Lemhanas (walaupun kadang terlihat suka tumpang tindih perannya antar kedua lembaga ini hehe). namun kembali lagi tidak ada manusia yg sempurna dan terlepas dari kekurangan..
      *nah.. menurut bung Jalo setujukah bila Lemhanas dan Wantanas dilebur menjadi satu lembaga?
      salam hangat bung,

      •  

        Saya maunya demikian bung Papa, kalau dilebur kan lebih baik dan hasil kita dapat Insyallah lebih baik lagi. 😀

        Semua orang bisa prediksi bahwa dalam beberapa tahun kedepan ancaman perang akan terjadi dikawasan kita. Nah kita masih memiliki waktu untuk membenahi manajemen kita, agar negara kita kuat saat konflik itu terjadi. Alat itu belum bisa “menghandle” seluruh konflik yg terjadi apalgi jika manajemen kita rusak malah saya yakin alat yah wah itu tidak akan punya manfaat. Contohnya untuk membentuk kogabwilhan apakah kita hanya perlu mendatangkan alutsista aja tanpa melihat manajemen. Menurut saya pribadi, untuk membentuk Kogabwilhan itu pertama susun dulu manajemen secara baik, setelah terpenuhi tinggal isi baik melalui alutsista yg sudah ada atau yg dibeli didalam negeri maupun luar negeri.

        Sekarang untuk permasalahan pengamanan udara aja kita masih tumpang tindih, ada Kohanudnas ada KoopAU. Lalu di perairan banyak sekali, ada Bakamla, TNI AL, Dirjen Perhubungan, Bea Cukai, Polisi, dll. Tumpang tindihnya bikin orang lihat aja galau, kenapa semua tidak dilebur aja jadi satu yaitu Bakamla, 😀

    •  

      @ jalo

      ahhh masa emang ada bu conny di sebelah..?? sok tau nih mas jalo….mana mungkinlah bu conny mau main ketik2kan disini…
      just joke anda saja kali bang jalo.,..?

      # bu Connie diatas kira2 ibu itu tahu gak semua permasalahan atau alutsista strategis kita. #
      sepertinya pasti tau lah mas jalo…!!!
      itu kata saya loh…

      http://rustikaherlambang.com/2012/04/06/conny-rahakundini-bakrie/

  41.  

    terjun payung dari gultor dan kostradnya rame banget di latgab. pasti @ bung jalo dah siapkan artikel latgabnya…kutunggu bung laporan khususnya dari latgab.

    sepintas foto bu connie mirip cut nyak dien yach….
    sekarang saatnya keluarkan dana revolusi jaman soekarno trus belanja alutsita besar besaran totnya .karena cepat atau lambat perang akan terjadi ..maaf pendapat orang koplak

  42.  

    Menurut saya sebagai orang awam, analisa Bu Connie tentang upaya meraih superioritas oleh negara tertentu terlalu berlebihan, tapi saya menghargai pendapat beliau. Tidak ada salahnya sedikit bersiap untuk skenario seperti itu.
    ————————–
    “Ketika binatang itu muncul, dunia akan bertanya: Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?”

    •  

      mungkin bisa saja dibilang seperti itu..mungkin saja tidak.. normatif, tergantung perspektif dari masing-masing. nah tugas kita mungkin bisa dengan mencerna, mengamati dan menganalisa kembali dengan perspektif yg luas..(gejolak akan selalu berubah-ubah). yang penting tetap Aksi dan Reaksi kita harus tepat, terarah dan efektif. tidak harus lebay dan berlebihan, ataupun memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan 😉
      salam hangat, tetap semangat.

      •  

        kita mungkin bisa dengan
        mencerna, mengamati dan
        menganalisa kembali
        dengan perspektif yg luas..
        (gejolak akan selalu
        berubah-ubah)
        ———-
        Good point bung PapaAugusta.
        Salam hangat kembali

  43.  

    moga cepet fit bung jalo dan sehat selalu buat warga jkgr semua

  44.  

    selamat siang teman teman warjager..
    izin gabung..
    q yakin dengan progam mef secara terencana dan alutsista mandiri, TNI mampu melindungi bangsa dan menjaga kedaulatan NKRI..
    Perubahan doktin dari “masuk dulu baru gebuk ” menjadi “sebelum masuk sudah di gebuk duluan” di tambah pernyataan
    Presiden sby “KITA SUDAH SIAP PERANG,”
    tentu TNI sudah yakin dengan kekuatan yg di milikinya..
    Q cinta bangsaku..
    jayalah bangsaku
    jayalah TNI ku
    ..

  45.  

    Liat pangkalan militer di sonora,sonotan &asu sudah didepan kita, perbanyak KS, kita beli Thypon & borei class untuk mengadang mereka di tengah laut jangan sampai KS kita lemah, salam NKRI

  46.  

    I wont go down without a fight…
    Gak rela aku dijajah..
    Lebih baik aku mati, daripada melihat Ibu Pertiwi di kuasai penjajah…
    Tetapi, ketika aku mati.. 100 orang penjajah harus mati bersama dengan ku…
    Hubbul waton minal iman..
    Bela Negara, sama pentingnya dengan bela Agama…
    Mempertahankan negara dengan niat karena Allah SWT, Mati syahid, bidadari yang nunggu disyurga..? I’m okay with that.. not too bad actually..not at all..

    •  

      half agree bung UCAV.. some people thinks they don’t need to go war and give their lives..some people wants peace.. but if peace only can be reached by defending for our nation and our believes with a fight..so yes it’s not bad at all 😉
      salam hangat, selamat beraktifitas bung..

      •  

        Kan judul papa augusta di atas kan ada worst case scenario… hehehe…
        Kan ini juga judulnya kalo worst case scenario nya happened… hehehe…
        Kalo boleh berharap sih, Negara kita indonesia dan jajaran pemerintahannya serta TNI, tetap bisa menyediakan suasana yang kondusif bagi warga negaranya untuk hidup dan berkarya untuk Indonesia yg lebih baik.. ingin suasana yg kondusif untuk mendidik anak2 ku agar bisa berguna bagi negaranya dan agamanya kelak… amiiin…

        •  

          he he he saya juga ada judul setujunya kog bung makanya saya bilang “if peace only can be reached by defending our nation and our believes with a fight..so yes it’s not bad at all” 😉
          amin allahuma amin.. semoga bung Ucav dan keluarga senantiasa sehat selalu

          •  

            amiin ya rabb.. terimakasih untuk Do’anya bung PapaAugusta.. semoga bung PA dan keluarga juga selalu mendapatkan rahmat dan kasih sayang Allah SWT..

    •  

      Marilah kita semua berdoa dan berharap, Insya Allah siapapun musuh-musuh Indonesia melempem semua armada militernya :mrgreen:

      Amin

  47.  

    keberadaan militer amerika di darwin,sebenarnya gak perlu terlalu dikhawatirkan,tidak ada sinyal dan tidak ada alasan amerika utk menyerang indonesia..mungkin mereka cm menjaga stabilitas di kawasan asia pasifik dari pengaruh china,thn 2012 mereka mulai menempatkan pasukan di darwin dan thn 2013 china mulai agresif terhadap tetangganya..mungkin sdh diprediksi amerika!
    Paling tidak,dgn kehadiran militer amerika..membuat china berfikir seribu kali utk mengklaim natuna..walau tanpa diminta,amerika pasti turut campur jk china mengganggu kedaulatan indonesia,saya yakin itu!

    •  

      menurut saya tidak seperti itu bung Frans…terlalu menyepelekan kondisi nanti kita

      •  

        dewa [email protected] menurut keyakinan saya kawan..memang indonesia tdk butuh bantuan amerika,tp amerika tdk mau kepentingannya di indonesia terganggu..seperti kawan2 disini blg bhw indonesia punya posisi yg sangat strategis..krn sangat strategisnya itu,amerika tdk mau indonesia di ganggu,apalagi china yg cb2 mengganggu..bs jd,justru gara2 “indonesia” perang dunia ke 3 meletus..mdh2an nggaklah!
        Selain itu tni jg hrs berbenahlah,tdk ckp hanya berwacana tp hrs dibuktikan dgn kerja nyata

    •  

      menurut saya pangkalan di darwin itu jangan terlalu dikhawatirkan,tapi jangan juga dicuekin.tni harus tetap waspada bung.:)

    •  

      Secara track record justru amerika lah yang selama ini selalu mencampuri urusan dalam negeri indonesia dibandingkan cina. Justru cina yang lebih menghargai indonesia dibandingkan cina.

      Isu di timor-timor dulu, irian, hak asasi, dan ide balkanisasi indonesia adalah inisiatif dari presiden amerika pada waktu itu. Untunglah indonesia masih masih bisa bersatu sekarang. Secara spionase dan intelejen juga malah dilakukan oleh amerika dan sekutu-sekutunya terhadap indonesia.

      Indonesia harus tetap waspada dan terus memperkuat diri, bila sewaktu-waktu kita berseberangan dengan amerika, pasti amerika akan menghancurkan indonesia. Kalau untuk menyerang cina, kenapa tidak dilakukan di daerah yang lebih dekat dengan cina tapi malah mendirikan pangkalan yang mengelilingi wilayah indonesia.

    •  

      jika ingin sekedar urusan stabilitas kenapa tidak membuka kembali Subic Bay aja daripada di Darwin?
      coba lihat peta dulu Bung Frans sebelum memberi komentar, cermati posisi darwin itu di mana?

  48.  

    Kita ga perlu minta bantuan Amerika..pantang minta bantuan Asing.. BERDIKARI seperti Bung Karno bilang, kalo dibantu pasti ada pamrihnya… no free lunch !

    •  

      Berdiri diatas kaki sendiri ya bung.. Yg penting perlahan tapi pasti..untuk bisa tegak dan kuat berdiri diatas kaki sendiri kita belajar merangkak terlebih dahulu.. Dan kini kemandirian sudah mulai dibina dari segala aspek. (salut)
      “no free lunch” hehe saya sependapat dengan anda, tidak ada yg gratis,, kecuali rahmat dan ridho dari Tuhan. Politik dunia hanya berputar di atas poros2 kepentingan.
      Salam hangat,

  49.  

    sy ini cinta damai ndak suka yg namanya perang, tp klo negri ane NKRI tercinta ini di lukai. ane ma sodara ane siap untuk menumpahkan darah demi membela NKRI tercinta ini.

  50.  

    “AL yang masuk kategori ini antara lain Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis. Sementara itu, China sedang menuju tahapan Blue Water Navy”

    Ckckck…papa bear gak disinggung sedangkan kalau mau mengakui saat ini raja samudera adl.rusia dgn armada bawah lautnya yg mengerikan…dgn mudah papa bear bs menggulung seluruh armada laut ASU kalau dia mau…apa karena rusia cuma punya satu kapal induk yg aktif (Admiral Kusnetzov)? Kalo gitu kenapa pula perancis dimasukin? Dia jg kan cm punya satu (charles de gaulle)?

    •  

      Rusia memang gk masuk blue navy bung, tp masuk dark navy krn sebagian besar armadanya terdiri dari “blackhole in ocean” plus “the beast from beneath” yg gak jelas keberadaannya 🙂
      piss bung wehrm ….aaahh susah teuing

  51.  

    “dalam kutipan tersebut” saya rasa mungkin beliau lupa menyebutkan Rusia. Seperti kita ketahui rusia memang mempunyai armada AL kapal penjelajah (destroyer) untuk bisa digolongkan ke “blue water navy”.
    Salam hangat bung Wehrmacht..

    •  

      Salam bung PapaAugusta (anaknya namanya Augusta ya bung…salam kenal kalo gitu dengan Vladimir anak saya :mrgreen: )

      Setau sy blue water navy adl.sebutan untuk AL yg mampu memproyeksikan kekuatannya jauh dr homeland…bkn jenis alutsistanya…kalo kita bisa mendaratkan marinir kita ke negara lain yg jauh dari negara kita dgn perlindungan yg adequate maka kita sdh bs di sebut memiliki blue water navy 😀

      •  

        The term blue-water navy describes a maritime force capable of operating across the deep waters of open oceans. The navies of France, the United Kingdom and the United States are all considered blue-water navies since they all have aircraft carriers, submarines and several naval deployments worldwide. http://id.termwiki.com/EN:blue-water_navy

        Pendapat bung @ Wehrmacht benar.. saya hanya sekedar menambahkan untuk lebih jelasnya.. Jika bung Wehrmacht berkata “mampu’ memproyeksikan kekuatannya jauh dr homeland”. Maka AL para negara yg tergolong tsb pun Sudah dan Harus mempunyai komposisi armada AL nya sbg penunjang. Maka Berdasarkan term dari link blue water navy diatas tsb syarat utamanya adalah mempunyai armada utk kapal induk, kapal selam, kapal penjelajah untuk pengerahan angkatan laut.

        Blue Water Navy, dimana proyeksi kekuatannya sudah menjangkau samudera dan perairan antar benua. Untuk menggambarkan kekuatannya dapat merujuk pada Angkatan Laut Amerika Serikat. Dengan kekuatan seperti itu, mereka dapat memproyeksikan kehadiran kapal perangnya hingga ke seluruh penjuru dunia dengan gugus tugas kapal induk yang terdiri dari kapal induk sebagai inti, kapal jelajah, kapal selam dan kapal pendukung. Dengan kekuatan Blue Water Navy, Amerika Serikat dapat menghadirkan negaranya diperairan sebagai fungsi diplomasi dan politik. Selain Amerika Serikat, beberapa negara besar seperti Inggris Perancis dan Rusia, juga menghadirkan kekuatan lautnya meski dengan kepentingan diplomasi yang berbeda. Inggris, yang pernah dikenal dengan penguasa lautan, kini menghadirkan gugus operasionalnya dengan kapal induk yang lebih kecil, karena diarahkan untuk pertempuran antikapal selam. Sementara Rusia, sebagai inti dari Uni Soviet dulunya, lebih banyak menghadirkan kekuatan laut di penjuru dunia dengan kapal selam bertenaga nuklir.
        http://id.m.wikipedia.org/wiki/Kapal_perang tab: proyeksi kekuatan laut
        jadi yg saya maksud disini adalah juga tergantung dari komposisi kekuatan AL nya. 🙂
        Terima kasih bung Wehrmacht untuk dskusi yg sehat.. Salam hangat,

  52.  

    Sic vis pacem parabellum…bung Augusta. Selalu isu itu hidup bahkan di film pun “pemerintah USA” begitu Gatel untuk mengirim “pasukan perdamaian” untuk pencapaian keberadaban dan nilai tertentu yang diinginkan USA (???)..Segala jargon yang muncul bisa saja disahkan premis untuk menciptakan suatu situasi ketidak amanan dunia. Operation Just Cause, Restore Hope, Iraqi Freedom, dan buaannyaak lagi kampanye operasi macam begini …dari penjarahan sumber daya, anihilasi, penciptaan chaotik kawasan menjadi ancaman di mana pun, paralel dengan kebijakan politik USA selama ini. Tersirat atau tersurat Indonesia memasuki kenaikan jenjang konflik dengan USA. Konflik di kawasan dekade-dekade ke depan mungkin belum akan menciptakan kulminasi. Tapi jika bisa menghambat hadirnya negara-negara yang mandiri dan kuat, khususnya, isn’t it worth trying , what to be USA acclaimed..?

    •  

      bung @blaze wahduh saya baru terbangun sejam yg lalu. hmm.. jabaran dan pandangan anda sangatlah menarik untuk dibahas.. ini akan sangat panjang, tp saya akan coba sesingkat mungkin dan merangkumnya. menurut saya pribadi dengan keterbatasan ilmu dan wawasan yg saya punya..mungkin saya bisa berpendapat bahwa AS yg merasa dan dianggap dirinya adalah negara superpower di dunia dengan sekian banyaknya rekam sejarah mulai dari keterlibatan PD ke-2, perang teluk, vietnam, middle east, dll..dengan semua operasi2 militernya yg terorganisir sedemikian rupa sebagai dalih-alih masalah “perdamaian, HAM, restorasi demokrasi, senjata pemusnah masal, dll, dll” namun kita semua tahu itu hanyalah propaganda dan strategi politiknya untuk menancapkan kuku kaki tangan nya menguasai SDA dan political interest demi kepentingan AS dan “sekutu abadinya”. hmm saya melihat itu tidak lain dan tidak bukan hanyalah sebuah agresi dan invasi militer yg sangat bertentangan dengan UU dan piagam PBB. (namun kita tahu PBB pun sebagai badan dunia yg menjamin hak2 negara yg berdaulat tidak bisa berbuat banyak). anda bisa bayangkan dengan banyaknya pangkalan militer AS dan armada militernya yg tersebar di belahan dunia, apakah anda menggangap ini hal yg wajar tanpa adanya unsur kepentingan-kepentingan maupun rasa ketakutan yg dirasakan juga oleh mereka..? seberapa takutkah mereka dan kenapa sekarang zona perang mereka sepertinya berfokus ke asia-pasifik..? setelah afgan, irak, libya, dll kawasan tim-teng telah mereka porak porandakan dengan agresi militer serta politik adu domba yg menyebabkan perang sipil, setelah berhasil menguasai SDA nya, mereka akan angkat satu tangan dan satu kakinya dari negara tsb setelah ekonominya mulai terpuruk, rakyat kelaparan, krimimalitas meningkat, stabilitas keamanan terancam, dll.. maka mereka mulai memainkan perannya sebagai “Tuhan” dengan manisnya mereka menawarkan tangan dan kaki yg satunya seperti bantuan ekonomi, keamanan, militer, alutista, dll. sehingga mereka menjadi tergantung kepada AS utk proses pemulihan dan kelangsungan hidup negaranya. namun mereka belum/tidak mampu memainkan perannya sebagai “Tuhan” kepada negara2 kuat dan mandiri seperti Rusia, Tiongkok, Iran, jepang, dll.. mengapa kini mereka beralih ke kawasan asia.. seperti yg anda ketahui asean adalah kumpulan negara2 yg secara militer belum sepenuhnya kuat dan negara berkembang yg masih belum mandiri sepenuhnya. dengan dalih menjaga stabilitas keamanan di kawasan dan konflik LCS, hal inilah yg dimanfaatkan AS sebagai upaya menahan kemajuan dan kemandirian negara di kawasan karena mereka jelas tidak mau kehilangan para customers nya. (yg kita ketahui sebagian negara dikawasan masih berada di ketiak, dan ketergantungan dari AS dari segi militer maupun ekonomi).
      konteks militer yg maju dan kuat, kemandirian dalam segala aspek , serta ekonomi yg kuat negara2 di kawasan adalah salah satu ketakutan yg sangat akut bagi AS. jelas mereka tidak bisa lg berperan sebagai “Tuhan” maupun “bandar” dalam konteks itu. saya tidak akan berbicara mengenai agama maupun perihal “new world order” dalam masalah ini karena diluar kemampuan analisa saya.
      *mengenai kenaikan jenjang konflik RI dengam AS saat ini seperti yg anda katakan.. hmm sebenarnya saya pribadi beranggapan konflik kita dengan AS masih belum terasa nyata dihati. walaupun ada hembusan2 panas yg kita rasakan, bisikan2 yg kadang membuat merinding disko, cubit-cubitan pedas tapi mesra, lempar batu sembunyi tangan, maupun sinyalir-sinyalir yg mengatakan akan ada invasi papua, politik adu domba, sabotase keamanan, op. intelijen dan militer, dll.. namun saat ini mereka pun masih meracik bumbu-bumbu pemicu konflik serta rayuan gombal rayuan mautnya dlm proses negosiasi. jelas mereka kelimpungan melihat kita mulai bebenah diri dan bangkit dlm segi militer dan alutista, ekonomi, kemandirian dari segala aspek, serta kebijakan UU minerba, isu freeport, isu capres anti asing dan kemandirian nasional, dll dll. namun tidak semata-mata kita juga bisa leha leha santai santai melihat pergerakan armada ankatan laut AS dan sekutu ke asia-pasifik dan peningkatan marinir di darwin, christmast, cocos, diego garcia, etc.
      tentunya ini sudah dan sedang diantisisapi oleh pemerintah dan TNI dengan perhitungan cerdas, cermat serta tahap waspada, buka mata buka telinga buka baju pamer otot..
      saya masih beranggapan AS belum akan berani menyatakan perang terbuka dengan RI (itupun jika mereka benar2 mau perang). potensi ancaman serta agresi maupun invasi akan selalu ada. but who knows..only God knows..and God’s Will..
      “Si vis pacem, para bellum” saya baru tau dan googling yg ternyata artinya (“Jika kau mendambakan perdamaian, bersiap-siaplah menghadapi perang”).
      dengan kata lain “perdamaian hanya bisa terwujud melalui perang” seperti jaman dulu kala dimana perang adalah jalan terakhir setelah agama, doktrin, ajaran, ilmu, serta negosiasi sudah tidak lagi dapat diterima umat manusia. jika perang satu-satunya pilihan terakhir untuk menciptakan perdamaian dan menegakan kebenaran..maka tanyalah hati anda sekali lagi dan sekali lagi..dan sekali lagi…… apakah anda yakin itu adalah pilihan yg terakhir..? anda lah jawabannya.

      “musuh yg nyata adalah diri kita sendiri.. dan senjata yg paling mematikan adalah manusia itu sendiri..”
      “bersediakah anda untuk mengendalikan diri anda sendiri sebelum anda lepas kendali..”
      isn’t it worth trying for world peace..?

      IMHO mohon kritikannya..

      Terima kasih untuk diskusi nya, salam hangat bung Blaze

      •  

        coment bagus ini mas.

      •  

        menambahkan ya Papa, kenapa jauh2 ke timteng kenapa tidak menengok ke negara kita sendiri?
        coba lihat periode tahun 60 – sampai 1998 bagaimana kondisi negara kita?

        •  

          Mangga bung Rexaine..
          Saya justru tidak mau menuliskan sejarah bangsa ini yg “bergejolak dan terpuruk” pada masa itu. Biar kawan-kawan kita yg lahir dimasa 80an, 90an, 2000an tetap berpandangan optimis dan positif ke depan. Bukan berarti “melupakan sejarah” tetapi adik2 tercinta kita ini harus disemangati untuk bisa terus maju dengan pola pikir positif dan intelektual kedepan. Tanpa dibayang2i masa lalu yg pahit. Well it’s just my opinion anyway..
          Terima kasih atas komentar nya bung,

        •  

          Memang tidak bisa dipungkiri banyak rumor bahwa era 60 adalah awal dari penjajahan Amerika dan Inggris di Indonesia yang mengikat dan berhasil mengamankan beberapa kepentingan Amerika terhadap penguasaan SDA dan Politik Indonesia hingga saat ini.

          Hancurnya Kekuatan Militer Indonesia, Korupsi yang terbentuk sistematis dan terorganisir dan Mudahnya kebijakan Hutang Luar Negeri Indonesia. Dimulai dari kepemimpinan Pasca perebutan kekuasaan di era 60-an.

          mungkinkah ???

  53.  

    maksudnya minta hak ke vatikan? mang disana ada bank kaya swiss? tolong diperjelas!

  54.  

    salam persatuan dan kesatuan …….

    mohon ijin nyimak,…… semoga TNI akan semakin kuat dan kokoh dalam menjaga kedaulatan NKRI.

  55.  

    Suka dengan kutipan berikut :

    Maka, mulai saat ini dan kedepannya TNI dan dengan segenap dan dukungan seluruh rakyat Indonesia, akan menjadi ksatria pelindung dan penjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia dan menyongsong masa depan Negara ini dengan kaki yang kuat.. badan tegap.. kepala tegak.. mata yang memandang luas ke pelosok Nusantara.. kita akan melewati tahun 2020, seraya berkata.. “Kamilah Putra dan Putri Bangsa Indonesia dengan merah darahku dan putih tulangku, Jayalah TNIku!!! Jayalah bangsaku!!! Jayalah Nusantaraku!!!”…

    Membakar semangat rakyat. Dengan tdk bermaksud mengharap terjadi perang,tapi sepertinya bila keadaan itu tiba, suatu kebanggaan bila tangan ini bisa membinasakan nyawa para pengganggu INDONESIA.

    Merdekaa…!!!!!

  56.  

    Bisa jd mereka menghancurkan kita lewat orang2 kita sendiri, yaitu lewat adu domba isu SARA. Biayanya lbh murah sekalian ngirit peluru dan bom.

 Leave a Reply