Dewan Keamanan Nasional AS Bahas Serangan Rudal Iran

Pentagon, Jakartagreater.com  – Dewan Keamanan Nasional AS bertemu di Gedung Putih, Selasa 7-1-2020 tak lama setelah serangkaian serangan terhadap Pangkalan Udara Ayn al-Asad di Irak Barat yang diluncurkan dari Iran, dirilis Sputniknews.com pada Rabu 8 Januari 2020.

Menteri Pertahanan AS, Mike Esper dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tiba di Gedung Putih pada Selasa, 7-1-2020 untuk membahas serangan-serangan itu, menurut Reuters.

https://twitter.com/DDaltonBennett/status/1214936102609530881?s=20

“Iran meluncurkan lebih dari selusin Rudal Balistik melawan militer AS dan pasukan koalisi di Irak.  Jelas bahwa Rudal ini diluncurkan dari Iran dan menargetkan setidaknya 2 pangkalan militer Irak yang menampung personel militer dan koalisi AS di Al-Assad dan Irbil. Kami bekerja pada penilaian kerusakan pertempuran awal, “kata juru bicara Departemen Pertahanan Jonathan Hoffman dalam sebuah pernyataan Selasa.

“Ketika kami mengevaluasi situasi dan respons kami, kami akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi dan mempertahankan personil, mitra, dan sekutu AS di kawasan itu,” tambah pernyataan itu.

Pangkalan Udara Ayn al-Asad di Irak Barat, yang menjadi pangkalan udara AS yang besar, telah dihantam oleh beberapa roket menyusul serangan yang dilakukan oleh Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) sebagai “pembalasan” atas pembunuhan komandan Pasukan Quds Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani.

“Kami memperingatkan semua negara sekutu AS bahwa jika serangan dilancarkan dari pangkalan di negara mereka di Iran, mereka akan menjadi target pembalasan militer,” kata IRGC dalam sebuah pernyataan yang diperoleh Farnaz Fassihi dari New York Times.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Selasa bahwa AS siap untuk melakukan pembalasan ke pihak Iran dan bahwa Washington siap untuk membalas sebagai balasan.

Pernyataan presiden AS itu datang hanya beberapa hari setelah dia tweet tentang kemungkinan penargetan 52 situs budaya di Iran – angka yang melambangkan 52 orang Amerika yang disandera di Kedutaan Besar AS di Teheran pada tahun 1979.