Yunani Tertarik Gabung Program Jet F-35

Washington, Jakartagreater.com   – Yunani sangat tertarik untuk bergabung dengan program yang dipimpin AS untuk memproduksi dan membeli jet tempur generasi kelima F-35, ujar Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis kepada Presiden AS Donald Trump, dirilis Sputniknews.com, Rabu 8-1-2020.

“Yunani tertarik, Tuan Presiden, untuk berpartisipasi dalam program F-35”, kata Mitsotakis dalam pertemuan dengan Trump di Gedung Putih, Selasa. “Seperti yang Anda tahu, kami telah meningkatkan F-16 kami dan program itu akan selesai pada 2023-2024. Jadi kami sangat tertarik untuk berpartisipasi dalam F-35 setelah itu”.

Mitsotakis menyatakan harapannya bahwa dalam meninjau permintaan Yunani, Amerika Serikat akan mempertimbangkan fakta bahwa Yunani “keluar dari krisis ekonomi”.

Yunani telah menderita bertahun-tahun krisis ekonomi yang parah dan memberlakukan kebijakan penghematan fiskal untuk mengimbangi salah urus, limbah, dan korupsi yang meluas, termasuk di sektor pertahanan.

Pesawat F-35 Lockheed Martin adalah pesawat tempur multirole generasi kelima. Ini dianggap sebagai program senjata paling mahal dalam sejarah, dengan biaya siklus hidup yang diproyeksikan antara $ 1 triliun dan $ 1,5 triliun.