PT DRU Rilis Video Kapal OPV Mirip Fregat Martadinata Class

Jakartagreater.com – PT DRU (Daya Radar Utama), perusahaan galangan kapal dalam negeri – meluncurkan video konsep kapal OPV (Offshore Patrol Vessel) 90 meter. Yang unik, kapal patroli lepas pantai multiguna itu menggunakan desain fregat PKR Martadinata class namun dalam ukuran yang diperkecil.

Kapal patroli lepas pantai multiguna ini dilengkapi beragam persenjataan terbaru untuk pertahanan diri dan menyerang yang hampir sama dengan yang diinstal pada fregat PKR Martadinata class.

Persenjataan utama OPV 90 meter desain dari PT DRU kemungkinan adalah meriam utama Oto Melara 76 mm Super-Rapid gun, rudal anti kapal Exocet MM40 Block 3, dan canon otomatis Millenium kaliber 35 mm.

Selain itu OPV 90 juga dilengkapi hanggar dan helipad untuk helikopter ringan dan dua loading ramp untuk peluncuran boat RHIB (rigid hull inflatable boat).

Angkatan laut Indonesia saat ini membutuhkan kapal patroli lepas pantai OPV yang bukan hanya bisa berfungsi sebagai kapal perang, tapi juga bisa digunakan sebagai kapal patroli multi guna di saat damai seperti kapal pencarian dan penyelamat (SAR), illegal fhising, operasi anti bajak laut, anti penyelundupan dan obat bius, pencegahan imigran gelap, dan operasi perbatasan laut dan Zona Ekonomi Eksklusif.

Video tersebut dilansir Youtube channel milik IKONid 789