Su-27 Berlatih Pertempuran Udara di Atas Laut Baltik

Kaliningrad, Jakartagreater.com – Pesawat tempur Sukhoi Su-27 dari naval aviation armada Baltik melakukan latihan pertempuran udara di atas laut, rilis siaran pers Armada Baltik pada hari Jumat dan dilansir oleh Tass.

“Pilot dari skuadron armada naval aviation melakukan penerbangan untuk mempraktikkan taktik pertempuran udara dengan pesawat tempur musuh. Para kru Su-27 mempraktikkan teknik piloting dengan menggunakan manuver ofensif dan defensif di berbagai ketinggian dan pada waktu yang berbeda siang dan malam hari, “kantor pers mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Untuk menyelesaikan tugasnya, pilot pesawat tempur Su-27 dan juga Su-30SM secara bergantian berlatih mencari, mendeteksi dan menghancurkan pesawat tempur musuh selama taktik pertempuran, kata pernyataan itu.

Menurut siaran berita yang dilansir oleh Tass, latihan udara tersebut melibatkan hingga 10 pesawat tempur .

Rute penerbangan jet tempur Rusia telah disepakati oleh otoritas lalu lintas udara dan diterapkan secara ketat pada aturan internasional yang menggunakan wilayah udara di atas perairan netral di Laut Baltik, rilis siaran pers Armada Baltik.

Su-27 adalah pesawat tempur supersonik generasi keempat segala cuaca yang dipersenjatai dengan rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan dari berbagai jenis (Su-27 memiliki 10 titik hardpoint eksternal untuk rudal dan bom). Jet tempur juga dilengkapi dengan meriam otomatis 30mm (dengan daya sembur tembakan 1.500 butir per menit dan beban amunisi 150 butir).

Sedangkan Su-30SM adalah jet tempur super-manuver dua-kursi generasi 4 ++ yang diproduksi seri dan terus mengalami upgrade. Su-30SM dilengkapi dengan dua mesin turbofan thrust-vectoring reheated double-flow AL-31FP. Pesawat tempur memiliki jangkauan operasi 1.500 km dan daya tahan penerbangan 3,5 jam tanpa pengisian bahan bakar.