Gripen E dan GlobalEye Selesaikan Pengujian di Finlandia

Jakartagreater.com – Pabrikan Dirgantara Saab telah menyelesaikan pengujian dan evaluasi Angkatan Udara Finlandia pada pesawat tempur Gripen E dan GlobalEye AEW & C dalam Finnish HX Challenge, di pangkalan Angkatan Udara Pirkkala di Finlandia, lansir Defenseworld.

Evaluasi penerbangan adalah bagian dari penilaian kemampuan dalam program HX yang sedang berlangsung, pengadaan pesawat tempur baru untuk melengkapi Angkatan Udara Finlandia.

Tantangan HX dilakukan di Finlandia dengan tes yang dilakukan di bawah kondisi musim dingin Finlandia, dengan tujuan untuk memverifikasi data yang sebelumnya dilaporkan oleh produsen pesawat tempur.

“Selama minggu terakhir kami telah berhasil menyelesaikan tes yang direncanakan, dan karenanya menunjukkan kemampuan Gripen dan GlobalEye,” kata Jonas Hjelm, Wakil Presiden Senior dan kepala bidang bisnis Saab Aeronautics.

Selanjutnya, pada tanggal 31 Januari Saab akan mengajukan revisi tawaran sebagai tanggapan atas Request for Quotation untuk program HX Finlandia. Saab sekarang menawarkan jet tempur Gripen E / F dan pesawat AEW & C GlobalEye canggih ke Finlandia. “Tawaran itu memberikan kontribusi besar pada kemampuan operasional bersama Defence Force Finlandia,” kata Saab dalam sebuah pernyataan, pada Kamis.

Sebagai bagian dari proposal, Saab menawarkan paket senjata dan sensor yang substansial, serta peralatan yang diperlukan dan layanan service yang diperlukan untuk mengoperasikan sistem tersebut. Tawaran ini juga mencakup program kerja sama industri yang bertujuan untuk membangun kemampuan nasional yang luas untuk Security of Supply di Finlandia. Transfer pemeliharaan, perbaikan dan kemampuan overhaul untuk industri lokal, produksi suku cadang dan perakitan akhir pesawat serta pembentukan pusat pemeliharaan dan pengembangan di Finlandia disertakan.

Menurut perencanaan pelanggan, keputusan pengadaan diharapkan akan dilakukan pada tahun 2021.