Delegasi Indonesia Tinjau Proyek Kapal Selam Tipe Baru Turki

Turki, Jakartagreater.com   –  Delegasi Indonesia berkunjung ke Komandan Angkatan Laut Turki, Laksamana Madya Ercument Tatlioglu dan meninjau kapal selam TCG PiriReis, dirilis situs Industri Pertahanan Turki, SavunmaSanayiST.com, 14-2-2020.

Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal dan Atase Pertahanan Indonesia, Kolonel Syaiful Thalib bersama Silvia Korkmazer mengunjungi Panglima Angkatan Laut Turki, Laksamana Madya, Ercument Tatlioglu di kantornya. Delegasi ini memeriksa kapal selam TCG PIRIREIS, kapal selam pertama yang diluncurkan di bawah Proyek Kapal Selam Tipe Baru (YTDP)

Indonesia telah lama dikenal menjalin kontak terkait kapal selam dengan Turki atau Jerman. Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto, pada tanggal 27 November 2019 dalam kunjungannya ke Turki telah mendapatkan penjelasan atas ruang lingkup pekerjaan galangan kapal Golcuk Naval Shipyard yang saat ini sedang membangun Proyek Kapal Selam Jenis Baru (YTDP).

Proyek Kapal Selam Type Baru (YTDP)

dok. Kunjungan Menhan RI Prabowo Subianto ke Golcuk Naval Shipyard Turki. (@SavunmaSanayiST.com)

Proyek Kapal Selam Tipe Baru (YTDP), yang meliputi pembangunan enam Kapal Selam Kelas U-214 dengan Sistem Propulsi Udara Independen (AIP), di bawah komando Galangan Kapal Gölcük, ditandatangani pada 22 Juni 2011 dan mulai berlaku.

YTDP adalah proyek pembangunan kapal selam terbesar yang direalisasikan bersama oleh SSB dan Komando Angkatan Laut Turki. Mereka disebut “Kapal Selam Kelas Reis” oleh Angkatan Laut Turki. Kapal selam diproduksi di bawah komando Galangan Kapal Gölcük yang berafiliasi dengan ASFAT A.?.

Sebanyak 6 Kapal Selam Kelas Reis konstruksinya dikerjakan di Gölcük Shipyard Command; TCG Piri Reis (S-330) 2022, TCG H?z?r Reis (S-331) 2023, TCG Murat Reis (S-332) 2024, TCG Ayd?n Reis (S-333) 2025, TCG Seydi Ali Reis (S-334) 2026 TCG Selman Reis (S-335) akan memasuki inventaris pada 2027. Kapal selam pertama TCG Piri Reis (S-330) diluncurkan pada 2019.