Vietnam Akan Upgrade Sukhoi Su-27SK

Jakartagreater.com – Angkatan Udara Vietnam telah memutuskan untuk mengupgrade pesawat tempur Su-27UB dan Su-27SK ke standar Su-27UBK dan Su-27SKM sebagai bagian dari program untuk memperluas dan meningkatkan efektivitas pesawat tempur terhadap musuh potensial di masa depan, lansir Analisidifesa.

Su-27SK adalah versi ekspor dasar dari Flanker yang dipesan pada tahun 1990-an (akhiran K adalah singkatan dari Kommercheskaya/ komersial), sedangkan Su-27UBK adalah versi dua tempat duduk dari platform yang sama.

Meskipun kemampuan Su-27SK sebagai pesawat tempur jarak jauh sangat baik, namun beberapa aspek seperti avionik, sensor, dan sistem peperangan elektronik berasal dari era tahun 80-an, yang berarti teknologi dan kemampuan Su-27SK lebih rendah daripada pesawat tempur negara tetangga, seperti J-11B dan J-16 atau Sukhoi Su-35 dari PLAAF (Angkatan Udara Cina).

Menurut laporan media Amerika Serikat, Angkatan Udara Vietnam menerima Su-27UBK (nomor. 8523) yang dimodernisasi pertama pada akhir tahun lalu dari pabrik reparasi Belarusia JSC 558 ° Aviation Repair Plant yang berlokasi di kota Baranovichi.
Selain itu, Vietnam dilaporkan juga mempertimbangkan untuk meningkatkan armada Sukhoi Su-30MK2 ke standar yang lebih modern di Belarusia.

Vietnam berencana untuk memperbarui armada pesawat tempurnya di tahun-tahun mendatang melalui akuisisi lebih lanjut dari pesawat tempur generasi 4++, yang kemungkinan akan diperebutkan oleh jet tempur F-16V Amerika Serikat dan Su-30SM Rusia.

Angkatan Udara Vietnam secara permanen akan mempensiunkan pesawat serang Sukhoi Su-22 yang sudah usang. Di masa depan, akuisisi pesawat tempur Sukhoi Su-57 dari generasi 5 untuk menggantikan pesawat tempur Su-27SKM yang lebih tua dapat dipertimbangkan secara serius.