Kapal Selam Midget Delfin class Terungkap Tanpa Sengaja

Jakartagreater.com – Baru-baru ini foto yang memperlihatkan sebuah kapal selam misterius secara tidak sengaja diabadikan oleh seorang turis. Tersembunyi di bawah bayang-bayang dekat dermaga, dan di belakang pohon palem, salah satu kapal selam paling langka milik Kuba dapat dilihat dan dipelajari olah para analis.

Ini kemungkinan adalah kapal selam Delfin class milik Angkatan Laut Kuba, dan sejauh ini merupakan gambar yang paling jelas. Ini juga bukti bahwa Delfin telah aktif di Selat Florida, lansir Forbes.com.

Ada beberapa area persenjataan militer yang diselimuti oleh kerahasiaan seperti kapal selam. Dan bahkan di antara beberapa kapal selam ada yang lebih dirahasiakan dari pada kapal selam yang lain. Salah satu yang paling tidak dikenal adalah kapal selam Delfin class Kuba. Analis pertahanan hanya mengetahui satu foto lain yang dibagikan secara publik, dan itu sudah lama dan berkualitas buruk. Gambar baru ini memberi pandangan yang jauh lebih jelas dan detail.

Delfin adalah kapal selam tunggal Kuba. Semasa era Perang Dingin, Angkatan Laut Kuba memiliki tiga kapal selam serang yang dipasok oleh Uni Soviet. Tapi seperti kebanyakan kapal besar Kuba, kapal selam ini sudah lama pensiun. Hingga hari ini Angkatan Laut Kuba mengoperasikan campuran berbagai peralatan perang era Soviet kuno, kapal pukat ikan yang dikonversi dengan rudal dan helikopter, dan berbagai kapal kecil dengan torpedo improvisasi. Delfin adalah yang paling mengesankan dari kapal-kapal buatan Kuba ini.

0efb3 960x0 1
Kemungkinan kapal selam midget Delfin class (foto : SAHUREKA / H I SUTTON)

Kapal selam ini juga kemungkinan yang paling ampuh. Kita tidak bisa memastikan apakah Delfin bersenjata; banyak yang tersembunyi dari pandangan. Tapi dari ukuran tubuhnya, jika dibandingkan dengan kapal selam di tempat lain, Delfin kemungkinan bisa membawa dua torpedo kelas berat. Ini menghadirkan ancaman serius jika bertemu dengan kapal perang musuh.

Tenggelamnya kapal perang Cheonan Korea Selatan pada tahun 2010 mengingatkan kita bahwa bahkan kapal selam yang belum sempurna dapat menjadi senjata yang sangat efektif jika memiliki kejutan di pihaknya. Cheonan benar-benar rusak terbelah menjadi dua oleh torpedo yang diyakini ditembakkan dari kapal selam Korea Utara. Dan kapal selam itu dirancang untuk kejutan.

Kapal selam Delfin cukup kecil, hanya sekitar 21 meter panjangnya, dengan berat kemungkinan sekitar 100 ton. Kemungkinan kapal selam dioperasikan oleh lima orang kru dengan mesin diesel kecil untuk membuatnya mampu menyelam. Dan masih banyak yang bisa diilhat dan dianalisa pada kapal selam Delfin class di masa mendatang.