F-35 Norwegia Intersep MiG-31 dan Tu-142 Rusia

Jakartagreater.com – Angkatan Udara Royal Norwegian untuk pertama kalinya mengerahkan pesawat tempur siluman F-35 untuk mencegat tiga pesawat militer Rusia yang terbang di atas Greenland-Iceland-Inggris Gap minggu lalu, lansir Defenseworld.

Angkatan Udara Royal Norwegian mengatakan bahwa mereka menghentikan pesawat militer Rusia yang terdiri dari dua pesawat pengintai maritim dan anti-kapal selam (ASW) Tu-142, dan pesawat tempur MiG-31 setelah pesawat tersebut dideteksi oleh stasiun pengontrol udara di Sorreisa, Norwegia utara.

Dua jet tempur Typhoon Inggris kemudian mengambil alih misi untuk memantau pesawat Rusia.

“Pesawat tempur Typhoon Royal Air Force (RAF) dari Quick Reaction Alert diluncurkan hari ini dari pangkalan Lossiemouth dan Coningsby,” kata juru bicara RAF seperti dikutip oleh kantor berita Rusia TASS pada hari Kamis.

“Ini adalah respons rutin untuk mencegat dua pembom Rusia Tu-160 Blackjack yang mendekati wilayah udara Inggris. Pesawat itu dimonitor menyeluruh dan tidak ada titik memasuki wilayah udara kedaulatan Inggris,” pejabat itu menambahkan.

“Angkatan Bersenjata kemarin membentuk perkuatan kesiapan ekstra F-35 dari pangkalan udara Orland untuk meningkatkan kedaulatan,” kata Komandan Angkatan Udara Norwegia, Mayor Jenderal Tonje Skinnarland.