F-22 Raptor Pamerkan Manuver Herbst

Jakartgreater.com – Ada beberapa pesawat tempur superioritas udara yang mampu melakukan berbagai manuver udara yang luar biasa. Pesawat tempur tersebut mampu melakukan berbagai akrobat udara yang beberapa diantaranya hanya berguna saat adanya pertunjukan udara saja, namun ada juga beberapa akrobat yang bisa berguna saat terjadi dogfight udara yang nyata.

Salah satu akrobat dan manuver yang bisa digunakan saat duel udara nyata adalah manuver J-turn atau Herbst Maneuver.

Manuver Herbst lebih sering dipertontonkan oleh pesawat tempur F-22 Raptor Amerika Serikat, seperti yang dilakukan oleh F-22 demo team yang menampilkan kekuatan yang luar biasa dari Raptor di atas pangkalan Angkatan Udara Langley.

Herbst Maneuver pertama kali dilakukan oleh pilot uji Jerman Karl-Heinz Lang pada tahun 1993. Pada dasarnya hampir mirip dengan Cobra Pugachev, namun dengan sedikit putaran.

Jika Cobra Pugachev menarik hidung pesawat ke atas dan mematuk maju lagi kedepan, Herbst Maneuver justru memutar pesawat sedikit sementara hidungnya diangkat ke langit, sehingga ketika hidung kembali turun, pesawat sudah berputar dan menghadap ke arah yang berbeda.

Manuver Herbst memungkinkan seorang pilot untuk memutar pesawat kembali pada sudut serangan yang sangat tinggi dengan tetap menggunakan energi yang besar dan kecepatan tinggi, yang bisa berguna dalam pertempuran udara yang sebenarnya.(JKGR)