F-35C Bisa Membawa Enam Rudal AIM-120 di Weapon Bay

Arlington, Va, Jakartagreater.com – Produsen pesawat tempur F-35 Lightning II joint strike telah merancang rak senjata baru yang memungkinkan pesawat membawa dua kantung rudal secara internal, lansir Sea Power Magazine.

Rak baru yang disebut Sidekick, memungkinkan masing-masing dari dua weapon bay F-35A Angkatan Udara dan F-35C varian kapal induk mampu untuk membawa total enam rudal AIM-120 Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile (AMRAAM).

Berbicara pada 1 Mei kepada wartawan di siara pers Lockheed Martin, seorang pilot uji coba F-35 perusahaan, Tony ‘Brick’ Wilson, mengatakan rak tersebut dikembangkan sepenuhnya dengan dana penelitian dan pengembangan internal perusahaan.

“Rudal tambahan menambah sedikit bobot tetapi tidak menambah hambatan pesawat.”

Namun rak sidekick tidak kompatibel dengan F-35B lift vertikal Korps Marinir, yang memiliki ruang senjata lebih kecil.

F-35 dapat membawa lebih banyak rudal AIM-120 AMRAAM pada tiang eksternal, tetapi menurut Wilson, dengan menyimpan senjata internal mampu menjaga karakteristik siluman F-35.

“Rudal tambahan menambah sedikit bobot tetapi tidak memberikan tambahan hambatan ,” kata Wilson.

Wilson juga mengatakan F-35 memiliki kapasitas struktural eksternal untuk penempatan senjata hipersonik yang harus dibutuhkan di masa depan.

Dia juga mengatakan perusahaan itu, bekerja sama dengan Laboratorium Air Force Research, telah mengembangkan dan menginstal pada F-35A – enam tahun lebih cepat dari jadwal – Auto Land Collision Avoidance System (AGCAS).

AGCAS telah “menyelamatkan nyawa delapan pilot,” kata Wilson. Dia mengatakan AGCAS akan diinstal nanti pada pesawat tempur F-35B dan pada F-35C pada tahun 2021.