Jet Tempur MiG-29 India Jatuh

Jakartagreater.com – Sebuah pesawat tempur MiG-29 milik Angkatan Udara India (IAF) jatuh di dekat Nawanshahr di Punjab pada Jumat pagi, 8/5/2020, ketika melakukan misi pelatihan rutin. Pilot Komandan IAF MK Pandey terlontar dengan selamat setelah pesawat mengalami kerusakan teknis, lansir GVS.

Jet tempur buatan Soviet itu lepas landas dari pangkalan Angkatan Udara Adampur dekat Jalandhar yang merupakan pangkalan udara militer terbesar kedua di India. Skuadron ke-47 dan ke-203 IAF ditempatkan di pangkalan ini.

Pangkalan Adampur memainkan peran penting dalam Perang India-Pakistan 1965 karena hanya berjarak 100 km dari perbatasan India-Pakistan.

Hari ini sekitar pukul 10.30 pagi, sebuah jet tempur IAF jatuh di ladang di sini, kata juru bicara IAF, dan mengkonfirmasi bahwa pesawat MiG-29 sedang dalam misi pelatihan dari pangkalan Angkatan Udara dekat Jalandhar.

Pemerintah Punjab juga menulis pada tweetnya: “Sebuah pesawat tempur MIG jatuh di Distrik Desa Chuharpur Nawanshahar hari ini. Pilot itu aman dan telah dibawa ke Desa Samundra Hoshiarpur di dekatnya ”.

MIG-29 adalah jet tempur bermesin ganda yang dirancang era Uni Soviet, dan melakukan penerbangannya pada tahun 1977. Selama tahun 1970-an, MiG-29 dan Sukhoi Su-27 yang lebih besar, dikembangkan untuk melawan jet tempur baru F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon AS.

Pengguna utamanya termasuk Angkatan Udara Rusia, Angkatan Udara India, Angkatan Udara Uzbekistan dan Angkatan Udara Polandia.

Pada kejadian naas itu, juru bicara IAF mengatakan pilot telah diselamatkan oleh helikopter dan tim penyelidik telah diperintahkan untuk menyelidiki penyebab kecelakaan itu.

Angkatan Udara India telah kehilangan beberapa pesawat tempur MiG-21 dan MiG-29 dalam kecelakaan karena kerusakan teknis dalam beberapa tahun terakhir.