F-22 Jatuh, Pilot Berhasil Selamat

Pesawat tempur siluman F-22 Raptor dari Pangkalan Angkatan Udara Eglin di Florida jatuh pada Jumat pagi di area latihan dan tes pangkalan, pilot dilaporkan selamat dan dalam kondisi stabil, lansir Airforce Time.

Pilot F-22 berhasil eject dengan selamat dan dibawa ke rumah sakit Medical Group ke-96 di pangkalan untuk evaluasi dan observasi, kata pihak Pangkalan Eglin dalam rilisnya. Pilot dalam kondisi stabil, tetapi diungkapkan identitasnya.

Jet tempur F-22 berasal dari Fighter Squadron 43, bagian dari Fighter Wing 325 yang sekarang berbasis di Eglin. Lokasi tempat pesawat jatuh adalah sekitar 12 mil timur laut dari pangkalan utama Eglin.

Pilot F-22 saat itu sedang melakukan penerbangan pelatihan rutin dengan Fighter Wing 33 ketika jatuh pada jam 9:15 pagi, kata Eglin dalam rilisnya. Responden pertama dari Wing Uji ke-96 tiba di lokasi, dan penyelidikan sedang dilakukan.

Eglin mengatakan tidak ada kru lain di pesawat itu, dan tidak ada korban jiwa atau kerusakan properti sipil.

F-22 ini bukan bagian dari penerbangan formasi yang juga lepas landas dari Eglin Jumat pagi, kata pangkalan itu. Penerbangan formasi itu termasuk F-22 lain, F-35 dan T-38, dan terbang di atas Dade County dan Panama City.

Pesawat tempur dari Fighter Wing 325 biasanya terletak di Tyndall, tetapi dipindahkan ke Eglin setelah terjadinya Badai Michael pada tahun 2018.