Fregat Andalan Rusia, Project 22350 Admiral Golowko

Jakartagreater.com – Rusia meluncurkan fregat rudal Admiral Golowko, fregat rudal modern Project 22350 di St. Petersburg pada hari Jumat – rilis siaran pers dari Northern Shipyard. Fregat dapat dilengkapi dengan rudal Kalibr, Oniks dan rudal hipersonik Zircon, lansir Defense24.

Upacara peluncuran kapal perang ini berlangsung dengan jumlah peserta yang terbatas karena pandemi coronavirus. Hadir antara lain Komandan Angkatan Laut Rusia Nikolai Yevmienov.

Admiral Golowko adalah satu dari tiga fregat rudal yang dibangun sesuai dengan Project 22350. Saat ini, Angkatan Laut Rusia memiliki satu unit prototipe fregat Admiral Gorszkow. Fregat kedua – Admiral Kasatonov – sedang menjalani tes. Fregat keempat – Admiral Isakow sedang dibangun. Pembangunan dua kapal lain dari Project 22350 masih direncanakan.

Persenjataan utama fregat Admiral Golowko adalah tabung peluncur universal untuk rudal Kalibr, Oniks, dan Zirkon. fregat juga dilengkapi dengan senjata anti-pesawat Polimient-Redut (S-350) dan sistem pertahanan rudal lainnya, sistem Palasz dan torpedo paket-NK.

Fregat Project 22350 memiliki berat 4,5 ribu ton, dengan panjang 135 meter, dan kecepatan tertinggi hingga 29 knot.

Rudal hypersonik Zircon, milik sistem senjata Rusia yang paling modern, diuji pada Februari tahun ini, dan ditembakkan dari geladak fregat Admiral Gorszkow.