Kapal Selam Swedia Kini Dilengkapi Senjata Rahasia yang Unik

Jakartagreater.com – Kapal selam buatan Swedia terkenal karena kemampuan senyapnya. Menggunakan sistem propulsi AIP (Air Independent Propulsion), memungkinkan kapal selam Swedia untuk tetap menyelam lebih lama, lansir Forbes.

Tetapi kemampuan AIP pada kapal selam sudah biasa, karena banyak kapal selam negara lain yang sudah menggunakannya. Dan kini kapal selam Swedia memiliki kemampuan lain yang unik dan masih diselubungi rahasia.

Kapal selam Swedia kini dilengkapi torpedo ringan khusus, yang membuat kapal selam dapat meluncurkan dua torpedo sekaligus dalam satu tabung peluncuran.

Seperti banyak topik dalam peperangan bawah laut, kemampuan meluncurkan torpedo dobel ini masih misterius dan senyap. Namun perlahan-lahan kabar tentang kemampuan ini merayap keluar, khususnya di Swedia, tetapi masih belum diketahui. Dan beberapa detail kapabilitas masih dirahasiakan.

Senjata yang digunakan adalah torpedo yang lebih kecil daripada torpedo standar, namun lebih besar daripada torpedo ‘ringan’ lainnya. Torpedo dapat dioptimalkan untuk membunuh kapal selam musuh, namun varian terbaru juga dapat digunakan melawan kapal perang kecil dan bahkan torpedo musuh.

Yang unik lainnya adalah torpedo ini menggunakan sistem bimbingan kawat, fitur yang biasanya hanya ditemukan pada torpedo yang lebih besar. Ini memungkinkan kapal selam untuk memandu torpedo sampai ke sasaran. Jika kawat putus, atau terpotong, maka torpedo akan masuk ke mode ‘fire and forget’ menggunakan sistem sonar sendiri.

Sistem bimbingan kawat terbukti lebih andal daripada sistem ‘fire and forget’ di lautan Baltik yang terbatas dan penuh sesak. Torpedo dapat dipandu di sekitar pulau untuk mencapai target yang berada di sisi lain.

Dua torpedo kecil ini dapat dimuat ke dalam satu tabung torpedo, satu di belakang yang lain. Satu atau dua torpedo kemudian dapat diluncurkan. Sehingga jumlah efektif peluncuran torpedo dapat berlipat ganda. Dalam praktiknya, kapal selam Swedia dilengkapi dengan kombinasi tabung torpedo 21 inchi (533mm) untuk torpedo kelas berat dan 15,75 inchi (400mm) tabung untuk torpedo ringan khusus.

Pemuatan torpedo campuran ini memungkinkan kapal selam Gotland Class untuk menembak hingga 8 torpedo sekaligus walaupun hanya memiliki 6 tabung torpedo (4 torpedo kelas berat dan 4 torpedo ringan). Pada kapal selam Nacken class yang memiliki 8 tabung torpedo, dapat meluncurkan 10 torpedo sekaligus (6 torpedo berat dan 4 ringan).

Bukan hanya Swedia yang ingin mengoperasikan torpedo ganda ringan di kapal selam, negara-negara lain juga sedang mencari kemampuan yang serupa. Angkatan Laut AS menyusun konsep Common Very Lightweight Torpedo (CVLWT) sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Senjata itu tampaknya telah berubah menjadi VLWT (Very Lightweight Torpedo) yang baru-baru ini diluncurkan oleh Northrop Grumman NOC.

Meskipun kemampuan ini telah diusulkan untuk kapal selam negara lain di masa depan, Swedia mungkin menjadi yang terdepan dengan kemampuan unik untuk beberapa tahun mendatang.