Rusia Memulai Pembangunan Bomber Siluman PAK DA

Moskow, Jakartagreater.com – Rusia telah memulai konstruksi pembangunan pembom siluman strategis pertamanya dalam program Perspective Aviation Complex for Long-Range Aviation (PAK DA), juga dikenal sebagai ‘Product 80’ dan ‘Courier’, kata sebuah sumber di kompleks industri militer kepada TASS.

“Produksi elemen badan pesawat akan ditangani oleh salah satu pabrik United Aircraft Corporation (UAC), pengerjaan dokumentasi desain kerja sudah lengkap, pengiriman bahan juga telah dimulai,” kata sumber itu.

Sumber lain mengatakan kepada TASS bahwa pembangunan kokpit pesawat sudah berlangsung.

“Perakitan akhir seluruh pesawat harus selesai pada tahun 2021,” katanya.

Layanan pers Biro Desain Tupolev tidak memberikan komentar dari pembangunan bomber PAK DA pertama.

Pada bulan Desember 2019, Wakil Menteri Pertahanan Alexey Krivoruchko mengatakan kepada surat kabar Krasnaya Zvezda bahwa rancangan proyek pesawat telah disetujui dan Biro Desain Tupolev memulai pengembangan dokumentasi desain kerja, memulai pembuatan bagian dan elemen dari pesawat uji PAK DA. Pada bulan Februari 2020, Krivoruchko mengumumkan bahwa mesin pertama untuk pesawat akan mulai uji coba pada tahun ini.

Diketahui bahwa PAK DA dirancang menggunakan skema desain flying wing. Bomber ini akan menampilkan teknologi dan material yang mengurangi radar visibility (teknologi siluman). Pesawat berkecepatan subsonik, dan akan mampu membawa rudal jelajah saat ini dan rudal masa depan, bom presisi dan senjata hipersonik, selain itu juga akan dilengkapi dengan peralatan komunikasi dan sistem jammer terbaru.