15 Fakta Typhoon – Menjadikannya Pesawat Tempur Terbaik

Jakartagreater.com – Secara realistis, tidak ada jet tempur lain yang selengkap dan sekaya pesawat tempur Eurofighter Typhoon. Berikut adalah beberapa fakta mengejutkan dari Typhoon yang dilansir dari Hotcars.com.

Eurofighter Typhoon adalah pesawat multi-peran paling canggih di dunia dan terkenal karena fleksibilitas dan kelincahannya. Jet tempur ini mampu melakukan misi pertempuran udara-ke-permukaan dan udara-ke-udara. Inilah 15 fakta yang menjadikan Eurofighter Typhoon sebagai pesawat tempur terbaik dikelasnya.

1. Terbuat dari Material Komposit Canggih

Eurofighter Typhoon terbuat dari bahan komposit canggih yang menjadikan badan pesawat sekuat mungkin dikombinasikan dengan profil jejak radar yang rendah. Hanya 15% dari jet yang terbuat dari logam. Pilot konon ikut memberikan masukan dalam proses desain untuk mengembangkan pesawat yang dapat diterbangkan secara efektif. Typhoon juga mampu melakukan manuver canggih pada kecepatan rendah.

Nozle mesin Eurojet ganda (foto : Eurofighter.com)


2.Mesin Eurojet Kembar

Sejak awal, pengembangan teknologi canggih untuk Eurofighter Typhoon telah menjadi prioritas utama. Empat perusahaan telah mengembangkan mesin Eurojet yang memberikan daya dorong 90 KN dan memiliki kekuatan tinggi dan kemampuan suhu tinggi. Pembangkit listrik dengan turbin satu tahap menggerakkan kompressor HP lima tahap dan kipas tiga tahap.

3. Sensor Terbaik

Berkat sensor terbaik dikelasnya, pilot memiliki kesadaran situasional yang konstan. Jet tempur memperbarui gambaran medan tempur dan memberikan masukan yang bisa ditindaklanjuti pilot. Sitem sensor Pirate adalah sistem sensor persenjataan pertama di dunia. Pirate memungkinkan pilot untuk mendeteksi dan melacak manuver musuh. Fusion Information Superiority ini membantu Typhoon mendominasi ruang pertempuran.

Radar Captor-M (foto : Eurofighter.com)

4. Radar Captor-M

Radar Captor-M menawarkan mode Air-to-Air dan Air-to-Surface terbaik di kelasnya. Radar sanggup mengcover bidang luas yang sangat berguna saat melakoni pertempuran udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan, dan memberikan pilot dengan cakupan sudut yang jauh lebih baik dibandingkan dengan radar fixed plate system. Ini adalah sensor utama pada Eurofighter Typhoon.

5. Fitur Advanced Air-To-Air

Jet tempur Typhoon menawarkan 3 mode pelacakan tingkat lanjut: Range While Search, Velocity Search, dan Track While Scan. Selain itu, ada satu set mode lock-follow yang menyediakan pelacakan pendek dan jarak jauh. Ini dapat digunakan dalam serangan visual jarak dekat dan penembakan meriam. Beberapa Mode Several Air Combat Acquisition juga membantu pemindaian vertikal.

Kokpit dan tata letak kursi pada Typhoon (foto : Eurofighter.com)

6. Tata Letak Kursi Pilot

Selama proses desain, kebutuhan tata letak kursi pilot menjadi yang terpenting. Sejak pilot ikut serta memberi masukan desain jet, rancangan tata letak kursi menjadi perhatian utama, yang akan memudahkan pilot untuk mengoperasikan panel kontrol dan interface informasi. Eurofighter Typhoon juga memiliki kokpit kaca unik dengan sistem head-down, head-up, dan head-out, yang semuanya dalam pantauan pilot.

7. Desain Kokpit Advanced

Tata letak kokpit canggih dikembangkan dalam fasilitas prototipe dan diuji oleh pilot profesional. Kokpit juga terus diperbarui dan ditingkatkan untuk meningkatkan efektivitas dan menyederhanakan perawatan pesawat. Fitur terpenting termasuk Direct Voice Input dan Hands-On Throttle And Stick, yang sangat membantu pilot saat melakukan misi swing-role.

Kokpit pada Eurofighter Typhoon (foto : Eurofighter.com)

8. Tampilan Head-Up And Head-Down

Pesawat ini dilengkapi dengan tampilan head-up yang memberikan pilot dengan pedoman pengawasan yang tinggi, akurat, dan stabil. HUD kompatibel dengan penglihatan malam dan kacamata pelindung laser. Tiga tampilan head-down multi-fungsi dapat digunakan selama situasi taktis. Perangkat tersebut membantu melakukan prosedur lalu lintas udara dan menawarkan daftar periksa yang komprehensif.

9. Sistem Helmet Mounted Symbology

Helmet Mounted Symbology System (HMSS) adalah struktur yang terbuat dari helm luar, helm dalam, kamera tambahan penglihatan malam, pelindung ledakan optik / display, masker oksigen, dan sistem head position tracking system. HMSS memberikan informasi persenjataan dan referensi penerbangan melalui kaca helm. Sistem ini kompatibel dengan alat bantu penglihatan malam, yang sangat membantu pilot memberikan keunggulan yang tinggi.

Pesawat tempur Typhoon Royal Air Force (foto : Wikipedia)


10. Sensor Navigasi Terbaru

Sensor navigasi canggih mendukung operasi hingga ketinggian 100 kaki. Alat bantu navigasi termasuk GPS terbaru dengan sistem fully digital interface, satellite tracking channel dan kemampuan anti-jammer. Sensor adalah bagian dari sistem yang juga mencakup unit navigasi internal. Unit ini memiliki sistem command vertikal terintegrasi untuk meningkatkan kesadaran situasional 3 Dimensi.

11. Sistem Kontrol Penerbangan

Sistem kontrol penerbangan adalah seperangkat unit pintar untuk penanganan dan manuver yang lebih mudah dalam situasi ekstrem. Ini membantu pilot lebih berkonsentrasi pada tugas dan menerbangkan jet tempur. Jika terjadi kesalahan, sistem pemulihan Automated Emergency akan memastikan keamanan maksimum bagi pilot dan pesawatnya.

Jet tempur Typhoon saat berperan sebagai jet tempur musuh (foto : http://www.raf.mod.uk)

12. Defensive Aids Sub System

Sub Defense Aids Sub System, atau DASS, “terdiri dari Wingtip Electronic Support Measures dan pod Electronic Counter Measures (ESM / ECM), warrior missile, chaff and flare dispenser, dan laser warner opsional. Peningkatan daya komputasi akan mendukung perlindungan terus menerus dari berbagai ancaman, meningkatkan daya tahan Eurofighter dan sangat meningkatkan efektivitas misi secara keseluruhan.

13. Dilengkapi Kemampuan Perlindungan Diri

Eurofighter Typhoon memiliki sistem perlindungan jet tempur dari ancaman rudal permukaan-ke-udara dan udara-ke-udara, termasuk rudal berpemandu radar dan infra merah. Sistem monitor dan respon situasi, sistem Electronic Support Measures and Electronic Counter Measures dapat diprogram dan dapat diperbarui. Pesawat ini juga memiliki missile warner and a laser warner.

Tentengan lengkap persenjataan Typhoon (foto : Eurofighter.com)

14. Tidak Ada Zona ‘Melarikan Diri’ Bagi Musuh

Eurofighter Typhoon dilengkapi dengan senjata canggih, termasuk meriam 27 mm Mauser dan rudal udara-ke-udara jarak pendek. Jet fighter juga membawa rudal udara-ke-udara di luar jangkauan visual terbaik di kelasnya, yang menyediakan No Escape Zone terbesar dari senjata apa pun. Ini memberikan kemungkinan tinggi bagi pesawat untuk intersepsi dan meningkatkan kemampuan bertahan pilot.

15. Life Support Systems

Eurofighter Typhoon memiliki unit Life Support System & Aircrew Equipment yang unik. Unit-unit ini meliputi perlindungan nuklir, kimia, dan biologis serta pakaian anti-tekanan dada. Helm ini dilengkapi dengan perlindungan optik dan Sistem Helmet Mounted Symbology. Untuk kenyamanan ekstra dan kinerja yang lebih baik, pesawat menggunakan teknologi alat bantu pernapasan.