Memikat Minat Indonesia, Rusia Siapkan Su-35 Varian Khusus

Jakartagreater.com – Rusia kemungkinan akan merancang pesawat tempur Su-35 varian khusus untuk Indonesia.

Rusia telah menawarkan untuk “menyesuaikan” pesawat tempur Su-35 dengan kebutuhan Angkatan Udara Indonesia (TNI AU), hal ini dilakukan untuk memikat minat Indonesia agar membeli Su-35, lansir Defenseworld.

Perkembangan itu dilaporkan oleh tv zvezda, saluran resmi Kementerian Pertahanan Rusia mengutip juru bicara Rosoboronexport, agensi yang bertanggung jawab memasarkan pesawat tempur Rusia.

“Rusia dapat memasok Indonesia dengan pesawat tempur multiguna Su-35 terbaru, mengadaptasinya sebanyak mungkin dengan kebutuhan pelanggan. Kami yakin ini adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan efektivitas tempur Angkatan Udara Indonesia,” ungkap laporan itu tanpa menyatakan kutipan dari Rosoboronexport.

Tawaran mengadaptasi pesawat sesuai kebutuhan Angkatan Udara Indonesia memberikan tanda tanya besar pada status negosiasi yang dilaporkan telah diselesaikan pada 2017.

Tidak ada kontrak yang ditandatangani antara Jakarta dan Moskow untuk pembelian 10 jet tempur Su-35 senilai sekitar US$ 1,14 miliar. Negosiasi dilaporkan macet karena masalah seperti perhitungan harga untuk barang barter, dan kedua negara tidak mampu menegosiasikan kesepakatan pertukaran mata uang untuk menggantikan dolar AS untuk mendanai bagian tunai dari kesepakatan.

Beberapa sumber industri mengatakan kepada defenseword.net sebelumnya bahwa perjanjian 2018 tentang penjualan Su-35 antara Jakarta dan Moskow menyangkut mekanisme pendanaan penjualan (barter plus uang tunai) dan bukan kesepakatan tentang pengiriman. Perjanjian tersebut juga termasuk offset 35% untuk dinegosiasikan secara terpisah antara PT Perusahaan Perdagangan dan Rostec Rusia.

Menurut laporan terbaru, Indonesia juga mempertimbangkan untuk membeli jet tempur F-16 dan F-35. Bahkan sedang melakukan pembelian rudal jarak jauh baru (AIM-120 AMRAAM) untuk melengkapi armada pesawat tempur F-16 yang sedang mengalami modernisasi.