Setelah Su-35, Mesir Sepakat Beli 24 Eurofighter Typhoon

Beirut, Jakartagreater.com – Surat kabar Italia “La Republica” mengumumkan bahwa pemerintah Italia sedang mempersiapkan untuk menyetujui penjualan militer terbesar dengan Mesir yang mencakup kapal fregat, peluncur rudal, dan pesawat tempur Eurofighter Typhoon, lansir Almasdar News.

Surat kabar itu menyatakan bahwa kesepakatan besar termasuk dua fregat “FREMM Bergamini”, yang didedikasikan untuk Angkatan Laut Italia, di samping empat fregat lain yang akan dibangun khusus untuk Mesir.

Menurut La Republica, kesepakatan itu mencakup 20 peluncur rudal, 24 pesawat tempur multirole Typhoon, 24 pesawat latih tempur ringan M-346, satelit pengintaian dan radar pencitraan.

Surat kabar itu mengutip dari sumber di Perdana Menteri Italia, mengatakan meskipun banyak mengalami kesulitan dan hambatan, termasuk masalah pembunuhan mahasiswa Italia di Mesir, kesepakatan ini dianggap sebagai pembelian terbesar abad ini, karena tidak hanya mewakili nilai komersial dan industri untuk Italia, tetapi juga karena keinginan Roma untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan Kairo, serta mempertahankan dialog politik di wilayah Mediterania Timur.

Perlu dicatat bahwa Presiden industri kelautan Italia, Giuseppe Bono, mengakui adanya negosiasi antara Mesir dan Italia pada dua kapal perang “FREMM” senilai 1,2 miliar euro.

Dengan kesepakatan ini, Angkatan Udara Mesir akan memiliki arsenal pesawat tempur terbaik yang paling bersenjata dan paling beragam di dunia.

Sebelumnya Angkatan Udara Mesir dikabarkan sedang bersiap untuk menerima jet tempur Su-35 buatan Rusia pada tahun depan, dan dengan kesepakatan baru ini dengan Italia, Mesir juga akan memiliki salah satu pesawat tempur terbaik buatan Eropa.