Rusia Pasang Satelit Peringatan Dini Serangan Rudal

Moskow, Jakartagreater.com  –   Rusia telah menyiapkan basis ruang angkasa sistem peringatan dini serangan rudal, untuk terus memantau wilayah AS atas kemungkinan peluncuran Rudal balistik, dirilis TASS, Kamis 4-6-2020.

Unit ruang angkasa ini terdiri dari segmen empat satelit yang sepenuhnya mengurus tugas mereka, ujar sebuah sumber di industri pertahanan domestik kepada TASS.

“Dengan peluncuran kendaraan ruang angkasa tipe-Tundra keempat dari kosmodrom Plesetsk pada 22 Mei 2020, sistem ruang terintegrasi Kupol telah dibawa ke struktur minimum yang disyaratkan dan memungkinkan pelacakan setiap peluncuran Rudal Balistik dan roket ruang angkasa dari wilayah Amerika Serikat.  Satelit menyelesaikan misi mereka di dalam orbit sepenuhnya, “kata sumber itu.

Satelit Tundra “dilengkapi dengan perangkat pengintai inframerah nest generation yang memungkinkan untuk mencatat dengan sangat tepat peluncuran Rudal dengan latar belakang permukaan bumi,” katanya. Satelit juga “mampu melacak lintasan penerbangan Rudal Balistik dan memprediksi area jatuhnya hulu ledak mereka dalam mode otomatis,” kata sumber itu.

Keempat satelit Tundra dari sistem ruang angkasa Kupol Rusia bergerak di sekitar Bumi dalam lintasan orbit (elliptical) dengan ketinggian maksimum 35,00 km dari penerbangan mereka di atas bumi. Jalur penerbangan mereka terletak bersudut satu sama lain, membentuk konstelasi yang disebut rasi bintang di belahan bumi Utara, ujar sumber.

Sistem peringatan dini serangan Rudal Rusia

Tiga satelit Tundra pertama diluncurkan pada 2015, 2017 dan 2019.

Sistem ruang terintegrasi Kupol diatur untuk melibatkan sembilan satelit baru. Pengelompokan orbital Kupol dirancang untuk menggantikan sistem peringatan dini serangan rudal Oko dan Oko-1 yang mati.

Sistem peringatan dini serangan Rudal Rusia terdiri dari dua eselon: segmen ruang yang saat ini terdiri dari 4 satelit Tundra dan komponen berbasis darat yang terdiri dari stasiun radar tipe Voronezh yang menngkover semua arah ancaman bahaya Rudal.

Sistem ini dirancang untuk mendeteksi dalam waktu sesingkat mungkin dan melacak Rudal Balistik yang diluncurkan ke wilayah Rusia atau sekutunya.