Pengembangan Drone Siluman Okhotnik Dijamin Asuransi

Moskow – Pesawat tak berawak Okhotnik (Hunter) terbaru Rusia yang sedang dikembangkan oleh Sukhoi Aircraft Company akan diasuransikan seharga 1,2 miliar rubel (lebih dari $ 18 juta), ujar informasi yang diposting di portal web pengadaan pemerintah Rusia, Rabu, 2-06-2020, dirilis TASS.

Berdasarkan dokumen tersebut, Drone Stealth Okhotnik akan diasuransikan terhadap kehilangannya (total atau total kerugian konstruktif), hilangnya atau kerusakan sebagai akibat dari suatu insiden selama masa asuransi. Pos kendali darat berbasis Drone akan diasuransikan seharga 145,2 juta rubel ($ 2,1 juta).

“Jumlah 1.422.995.317,74 rubel (lebih dari $ 20 juta) akan dipahami sebagai tanggung jawab maksimum yang diasuransikan untuk Drone dan pos kontrol berbasis darat di bawah kontrak asuransi,” dokumen tersebut menetapkan.

Drone akan diasuransikan selama periode operasinya dalam uji coba, demonstrasi dan penerbangan pengenalan, penerbangan di bawah program pelatihan pilot, dan juga dalam mesin hidup, taxiing, pekerjaan berbasis darat dan pengujian sistem, kata dokumen itu.

Aplikasi untuk asuransi drone menunjukkan bahwa layanan akan diberikan di wilayah Rusia untuk jangka waktu tujuh bulan sejak tanggal penyelesaian kontrak yang relevan.

Drone serangan berat Okhotnik Rusia yang dikembangkan oleh Biro Desain Sukhoi melakukan penerbangan debutnya pada 3 Agustus 2019. Penerbangan berlangsung selama 20 menit di bawah kendali operator.

Pada tanggal 27 September, Okhotnik melakukan penerbangan bersama dengan jet tempur generasi kelima Su-57. Drone bermanuver di udara dalam mode otomatis pada ketinggian sekitar 1.600 meter dan penerbangannya berlangsung selama 30 menit.

Okhotnik memiliki fitur teknologi siluman dan desain sayap terbang (tidak memiliki ekor) dan memiliki berat lepas landas 20 ton. Drone memiliki mesin jet dan mampu mengembangkan kecepatan sekitar 1.000 km / jam.

Menurut data Kementerian Pertahanan Rusia, drone memiliki lapisan anti-radar dan dilengkapi dengan peralatan untuk elektro-optik, radar dan jenis pengintaian lainnya.

Model Okhotnik yang dikendalikan dari jarak jauh diluncurkan pada pameran pertahanan internasional Angkatan Darat-2019 di luar Moskow pada akhir Juni tahun lalu.