Jet F-22 AS Kawal Pembom Tu-95M Rusia

Jakartagreater  –   Pesawat Angkatan Udara AS F-22 diterbangkan untuk mengawal pembom strategis Tu-95MS Rusia selama penerbangan mereka di atas perairan netral dekat perbatasan Rusia-AS, ujar Kementerian Pertahanan Rusia, Rabu 10-6-2020, dirilis Sputniknews.com.

“Empat bomber jarak jauh pembawa rudal strategis Tu-95MS Rusia melakukan penerbangan terencana di atas perairan netral Laut Chukchi, Laut Bering, Laut Okhotsk, dan bagian Utara Samudra Pasifik. Pada tahap tertentu dari penerbangan, pesawat Rusia dikawal oleh pesawat Angkatan Udara AS F-22 “, ujar Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa penerbangan berlangsung 11 jam.

Baca Juga:

Angkatan Udara AS Rancang Jet Tempur dengan Metode Baru

Swedia Sukses Uji Tembak Torpedo Ringan Canggih

Penerbangan Angkatan Udara Rusia selalu dilakukan dengan kepatuhan ketat pada peraturan internasional, bunyi pernyataan itu lebih lanjut. Pada Mei 2020, pembom strategis AS melakukan 5 penerbangan di sepanjang perbatasan Rusia, kenang kementerian itu.

Beberapa pesawat pengintai juga terlihat di dekat perbatasan Rusia dengan negara Baltik pada April 2020, sementara pesawat AS lainnya melakukan misi di dekat pangkalan militer Rusia di Suriah pada Mei 2020.