Boeing Perlihatkan Pewarnaan Khusus Jet Tempur F-15QA

Jakartagreater.com – Sebuah video pendek dari pabrik dirgantara Boeing Amerika Serikat memperlihatkan bagaimana pesawat tempur F-15QA untuk Qatar dicat dengan warna kamuflase khusus, lansir Defenseblog.

“Pesawat tempur F-15 paling canggih yang pernah dibuat, pesawat ini – dan skema cat – dirancang khusus untuk Angkatan Udara Qatar Emiri,” kata perusahaan itu di Twitter.

Diposting di halaman Boeing Twitter, video timelapse memperlihatkan proses pengecatan pesawat tempur khusus Angkatan Udara Qatar Emiri.

F-15QA mengusung teknologi generasi baru dari pesawat tempur seperti kontrol penerbangan fly-by-wire, kokpit digital; sensor modern, radar, kemampuan peperangan elektronik, dan komputer misi tercepat di dunia. Peningkatan pada keandalan, keberlangsungan, dan pemeliharaan memungkinkan Angakatan Udara yang megoperasikannya akan tetap berada di depan ancaman masa kini dan masa berikutnya.

F-15QA canggih dibangun menggunakan proses manufaktur canggih yang membuat jet tempur lebih efisien untuk diproduksi. Saat beroperasi, F-15 QA hanya menghabiskan separuh biaya per jam penerbangan dibandingkan pesawat tempur F-15 lain.

Meski lebih hemat biaya penerbangan, F-15QA mampu membawa beban persenjataan yang jauh lebih banyak dan jangkauan terbang yang lebih jauh.

Berinvestasi pada jet tempur F-15QA dan kemitraan dengan Angkatan Udara AS, Boeing sekarang bersiap untuk membangun varian pesawat tempur yang lebih canggih, F-15EX, yang biasa dikenal sebagai Strike Eagle on Steroids. Pada Januari, Angkatan Udara AS mengeluarkan kontrak kepada Boeing untuk membangun delapan jet F-15X. Rencana ke depan dilaporkan Angkatan Udara AS membutuhkan sebanyak 144 pesawat F-15X.