Rusia Upgrade Helikopter Ka-52M dengan Rudal Jelajah Baru

Moskow. Jakartagreater.com – Helikopter tempur Kamov Ka-52M akan diupgrade dan dipersenjatai dengan rudal jelajah jarak jauh. Helikopter terbaru itu akan menyelesaikan uji coba pada Oktober 2022, tulis data yang diposting di situs government’s procurement pada hari Kamis, lansir Tass.

“Ikut serta dalam uji coba gabungan itu adalah helikopter Ka-52M yang ditingkatkan. Finalisasi helikopter mengikuti hasil uji coba gabungan. Batas waktu untuk pekerjaan kontrak adalah 1 Desember 2020 dan diselesaikan pada 30 September 2022, ” tulis dokumen itu.

Pada upgrade terbaru itu, helikopter Ka-52 akan dilengkapi rudal jelajah jarak jauh yang baru dengan nama kode ‘item 305’. Rudal itu sebelumnya sudah melengkapi helikopter tempur Mi-28NM.

Selain itu helikopter yang diupgrade akan mendapatkan interface device untuk rudal jelajah baru, peluncur udara dan radio link untuk menggunakan rudal.

Helikopter yang ditingkatkan juga akan dilengkapi dengan sistem round-the-clock sight system, sistem komunikasi dan pertukaran data terkini, peralatan navigasi satelit, dan perangkat lainnya.

Diharapkan, dua helikopter pertama akan menjalani upgrade sebelum akhir November tahun ini dan akan memasuki uji penerbangan sebelum 31 Mei 2021.

Sumber TASS melaporkan pada bulan Februari bahwa upgrade akan memungkinkan Ka-52M untuk membawa rudal jelajah udara ‘item 305′ terbaru dengan jangkauan serang hingga 100 km. Sumber lain dari industri pertahanan mengatakan kepada TASS pada Maret 2019, rudal udara terbaru ‘item 305’ sedang menjalani uji coba menggunakan helikopter Mi-28NM di lingkungan perang nyata di Suriah.

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko mengatakan pada Mei tahun lalu bahwa Kementerian Pertahanan akan membuat kontrak dengan Grup Helikopter (bagian dari perusahaan Rostec) mengenai pengiriman 114 helikopter Ka-52M.

CEO Grup Helikopter Rusia Andrei Boginsky menentukan pada saat itu bahwa para insinyur sudah memperhitungkan pengalaman tempur Suriah dalam mengembangkan senjata dan versi yang ditingkatkan akan mendapatkan deteksi target baru dan sistem identifikasi dan senjata jarak jauh.

Dengan paket senjatanya, Ka-52M akan distandarisasi dengan varian helikopter Mi. Dibandingkan dengan Ka-52, versi yang ditingkatkan akan mendapatkan peningkatan pada sistem perlindungan, kata kepala eksekutif.