F-15C Eagle AS Jatuh di Laut Utara Inggris

Jakartagreater.com – F-15C Eagle dari Fighter Wing ke-48 yang ditempatkan di pangkalan Angkatan Udara Inggris (RAF) Lakenheath jatuh ke Laut Utara selama penerbangan pelatihan di timur pantai Yorkshire. Penjaga Pantai Inggris dilaporkan sudah menemukan puing-puing pesawat dan tubuh pilot, lansir Defense24.

Menurut pernyataan resmi dari Angkatan Udara AS, sekitar pukul 9:40 waktu setempat kontak pesawat tempur AS yang sedang melakukan pelatihan penerbangan di sebelah timur Flamborough Head di Yorkshire hilang. Jet tempur yang hilang itu milik Fighter Wing ke-48 yang beroperasi dari Pangkalan Udara RAF Lakenheath dan memiliki kode panggilan Chosen 4. Sebutan “Chosen” digunakan oleh pesawat tempur F-15C Eagle milik Fighter Squadron 493 dari Fighter Wing ke 48. Saat insiden itu, ada tiga jet tempur dari Chosen juga berpartisipasi dalam latihan pagi hari.

Pilot F-15C Eagle yang jatuh dari Fighter Wing ke-48 telah ditemukan, dan dipastikan sudah meninggal.

Helikopter penyelamat dan pesawat Falcon 20 milik Angkatan Laut Inggris, dua pesawat tempur Eurofighter Typhoon Inggris, dan pesawat pengisian bahan bakar Stratotanker KC-135Q dari ARW ke-100 Angkatan Udara AS dioperasikan di lokasi kejadian.

Unit penyelamat sudah berada di lokasi jatuhnya pesawat dan beberapa jam kemudian menemukan mayat pilot. Pilot mungkin tidak berhasil melontarkan diri. Seperti yang diinformasikan oleh kolonel Will Marshall, Komandan Fighter Wing ke-48, rincian korban tidak akan diungkapkan sampai keluarga diberitahu dan formalitas yang diperlukan sudah selesai.