Pantsir-SM akan Dilengkapi Rudal Mini Anti Drone

Jakartagreater.com – Rusia akan memamerkan sistem Pantsir -SM yang dilengkapi dengan rudal kecil anti drone mini pada parade Victory Day di Moscow pada 24 juni 2020.

Selain dipersenjatai rudal mini, Pantsir SM juga akan memiliki rudal jarak jauh baru. Diharapkan dengan persenjataan yang lebih lengkap, Pantsir akan memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mencegat amunisi artileri, rudal dan drone, lapor media pemerintah Rusia,dan dilansir oleh Defenseworld.

Baca Juga:

Jerman akan Upgrade Typhoon dengan Radar AESA Captor-E

India akan Beli MiG-29, Su-30 di Tengah Ketegangan dengan Cina

Iran Luncurkan Rudal Darat ke Laut Terbaru

Ruslan Pukhov, Direktur Pusat Analisis Strategi dan Teknologi, mengatakan kepada media Defenseworld, “Pengalaman praktis menggunakan Pantsir terhadap UAV kecil dan murah (di zona perang aktif seperti Suriah) telah mengarahkan untuk mengembangkan rudal mini oleh KBP, empat rudal mini ditempatkan di wadah peluncur standar rudal anti-pesawat. Dengan demikian, prinsip untuk menangkis target murah dengan rudal murah sedang diterapkan secara konsisten.”

Pukhov menambahkan bahwa Biro Desain Instrumen KBP memamerkan Pantsir-SM yang ditingkatkan pada sasis Tornado di acara Army-2019.

Selain itu Pantsir juga dilengkapi dengan rudal baru yang dikatakan memiliki jangkauan hingga 30 km. “Rudal baru yang lebih kuat menggandakan jangkauan maksimum penghancuran target udara, sedangkan radar yang diperbarui memperluas jangkauan deteksi dan memberikan panduan akurat rudal menuju targetnya,” tambah Ruslan.

“Jika kita kembali melihat pengalaman penggunaan Pantsir di pertempuran, penting untuk dicatat bahwa Pantsir dengan sempurna melakukan tugasnya memerangi target drone. Fakta-fakta itu bisa dilihat di Suriah dan Libya, ” tegas Ruslan.