F-18 Super Hornet AS Jatuh, Pilot Berhasil Selamat

Jakartagreater.com – Pesawat tempur F / A-18F Super Hornet Angkatan laut AS, yang beroperasi dari kapal induk USS Theodore Roosevelt (CVN-71), jatuh ke Laut Filipina selama misi pelatihan rutin, lansir DefenseBlog.

Dua penerbang berhasil eject keluar dengan selamat dan dengan cepat ditemukan oleh helikopter MH-60S yang ditugaskan sebagai Helikopter Sea Combat Squadron (HSC) ke-8 di atas kapal USS Theodore Roosevelt (CVN 71) saat melakukan operasi penerbangan rutin di Laut Filipina, 18 Juni.

Peristiwa itu terjadi ketika F / A-18F Super Hornet yang ditugaskan untuk Carrier Air Wing (CVW) 11 sedang melakukan pelatihan kecakapan pilot rutin. Insiden ini sedang diselidiki, sedangkan kedua pilot dinilai oleh tim medis di kapal induk Theodore Roosevelt dalam kondisi baik.

Bulan lalu, kapal induk USS Theodore Roosevelt kembali ke laut setelah terkena wabah virus Korona selama hampir dua bulan, setelah lebih dari 1.000 pelaut dinyatakan positif, kata para pejabat Angkatan Laut AS pada hari Selasa.

Kapal induk Theodore Roosevelt sedang melaksanakan kualifikasi pesawat tempur selama penempatannya di Indo-Pasifik.

Theodore Roosevelt sedang dalam penyebaran yang dijadwalkan ke area operasi Armada ke-7 AS. Sebelumnya kapal induk ditambatkan di Guam setelah beberapa anggota kru menunjukkan gejala positif COVID-19. Setelah memindahkan hampir 4.000 anggota awak dari kapal dan membersihkan seluruh area kapal, sejumlah anggota awak yang dinyatakan sehat kembali mengoperasikan kapal setelah menjalani masa karantina yang ketat.