Mengenal Kokpit F-15C, Jet Tempur yang Tidak Terkalahkan

Jakartagreater – Pesawat tempur F-15C Eagle, adalah salah satu pesawat tempur superioritas udara paling terkenal di dunia. F-15C Eagle dan variannya beroperasi di banyak angkatan udara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Jepang, dan Israel, dan pesawat ini memiliki catatan pertempuran yang luar biasa — di semua penyebaran dan misinya, superioritas udara F-15C telah mencatatkan kemenangan lebih dari 100 pembunuhan dan belum pernah mengalami kekalahan, lansir ArsTechnica.

Baca Juga:

Baca Juga:

Mengenal Kokpit F-15C, Jet Tempur yang Tidak Terkalahkan

Jet Tempur Generasi Baru China Dijadwalkan Terbang Perdana 2021

Dua Kapal Perang Baru Perkuat Lantamal VI

Dibawah ini adalah video dari Kolonel Themely yang memiliki pengalaman 3.400 jam penerbangan mengemudikan jet tempur berkinerja tinggi dan sekitar 1.100 jam khusus di jet tempur F-15C, dan jabatan terakhirnya adalah sebagai Komandan Angkatan Udara ke-80 Flying Training Wing.

Kolonel Themely menjelaskan berbagai alat kontrol, tombol-tombol dan tuas di kokpit yang menjalankan berbagai fungsi pesawat tempur generasi empat canggih ini, termasuk perangkat darurat, emergensi dan eject untuk menyelamatkan diri pilot.

Jumlah kontrol, tuas dan tombol mungkin tampak luar biasa bagi orang awam, termasuk juga tuas dan tombol emergensi rahasia yang tidak boleh sembarangan dieksekusi kecuali dalam kondisi darurat.

Meski merupakan desain dari era 1970-an, terlihat dari berbagai panel dan layar display yang belum touchscreen, namun F-15C terus menjalani peningkatan dan modernisasi hingga terus mampu bersaing dengan pesawat tempur termodern lainnya, termasuk jet tempur generasi lima.

Baca Juga:

“Permintaan Khusus” India, Prancis Percepat Pengiriman Rafale

Duet Rafale dan Su-30 India, Penggentar bagi Ketegangan Perbatasan