Filipina Akhirnya Pilih Helikopter Tempur AS

Jakartagreater.com – Tim dari Technical Working Group (TWG) Angkatan Udara Filipina dilaporkan memilih helikopter tempur buatan Amerika Serikat, tulis Mintfo.

Kelompok Kerja Teknis Angkatan Udara Filipina (PAF) selama proyek Attack Helicopter Acquisition dilaporkan telah memilih platform baru yang merupakan helikopter Amerika Serikat setelah melakukan evaluasi ulang.

Web MaxDefense Filipina mengatakan “mendapat konfirmasi bahwa tim dari Technical Working Group (TWG) untuk Attack Helicopter Acquisition Project akhirnya membatalkan pilihan helikopter serang ATAK T129B dari Turki.”

“Ini karena kegagalan Turki untuk mengkonfirmasi kemampuannya untuk mengimpor mesin dan avionik dari AS dan Inggris untuk memungkinkan pembuatan dan dukungan helikopter,” tambah MaxDefense.

Tertulis, tim TWG telah memilih helikopter Amerika Serikat untuk menggantikannya setelah evaluasi ulang dilakukan, dan ada 3 model helikopter Amerika Serikat yang ditawarkan kepada PAF. Tapi belum dapat dikonfirmasi tipe yang akan dipilih Filipina, lansir Max Defense.

Beberapa helikopter Amerika Serikat yang ditawarkan kepada Filipina adalah AH-1Z Viper, AH-64E Apache, dan S-70i Black Hawk yang dipersenjatai. Meskipun dibangun di Polandia, S-70i Black Hawk dibangun di bawah Sikorsky, Lockheed Martin Company.