Korea Selatan akan Luncurkan Prototipe KF-X Pada 2021

Jakartagreater.com – Perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan Korea Selatan – Korea Aerospace Industries (KAI) berencana untuk meluncurkan prototipe pertama pesawat tempur multi-role Korean Fighter eXperimental (KF-X) di bulan April 2021, lansir Jane’s.

Dalam edisi terbaru majalah Fly Together bulanannya, perusahaan merilis gambar yang menunjukkan badan pesawat prototipe, yang dirakit di fasilitas KAI di Sacheon. Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan tentang program ini tetapi media Jane mengungkapkan prototipe diharapkan untuk melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 2022.

Rangkaian prototipe pesawat tempur KF-X (foto : KAI)

Kemampuan jet tempur KF-X, yang sesuai pesanan untuk Angkatan Udara Republik Korea (RoKAF), diharapkan meningkat pada setiap ‘Block’, dengan program pengembangan akan memproduksi enam prototipe Blok 0, diikuti dengan empat tahun uji coba dan penyelesaian pembangunan pada pertengahan tahun 2026.

Pesawat tempur KF-X yang diproduksi secara massal pertama, yang akan menjadi bagian dari Block 1, diharapkan selesai antara 2026 dan 2028. Pesawat tempur itu akan dilengkapi dengan senjata udara-ke-darat yang terbatas, selain juga senjata udara-ke-udara.

Setelah itu, pada KF-X Block 2 yang akan diproduksi secara seri mulai tahun 2029, akan mampu melakukan misi tempur udara-ke-udara dan udara-ke-darat secara penuh.

Sementara itu, pejabat dari Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan mengatakan kepada Janes pada 6 Juli bahwa Agency for Defense Development (ADD), bekerja sama dengan Hanwha Systems, mengharapkan untuk menyelesaikan pengembangan radar active electronically scanned array (AESA) ) untuk KF-X pada pertengahan Agustus.